Kamus Handphone ( Singkatan & Fungsi Bahasa Teknisi )

Discussion in 'Elektronika Umum' started by lampungservicee, Jul 19, 2017.

  1. lampungservicee

    lampungservicee Member

    Messages:
    48
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    Kamus Handphone ( Singkatan & Fungsi Bahasa Teknisi ) Bahasa dalam teknisi handphone berbeda - beda banyak nya jenis pribahasa tentunya membuat para teknisi perlu banyak memahami hal demikian beberapa bahasa antara lain dapat di fahami sebagai berikut :

    * GPS-Singkatan dari Global Positioning System :

    yaitu sistem penentuan lokasi berdasarkan sinyal satelit yang akan menghasilkan informasi berupa koordinat , latitude dan lokasi dalam peta .dibutuhkan 3 komponen dalam penentuan lokaasi yaitu satelit,recever dan posisi yang baik ( bebas hambatan ).


    * A-GPS-Merupakan teknologi yang menggunakan server bantuan untuk memotong waktu yang dibutuhkan untuk menentukan lokasi penggunaan GPS .Berguna di daerah perkotaan atau ruangan yang banyak penghalang . Dibutuhkan 3 komponen yakni satelit,assistance server(GSM) dan receiver A-GPS. Kekuranganya masih tergantung pada coverage GSM operator.


    * DLNA-Singkatan Digital Living Network Alliance :

    merupakan salah satu teknologi ponsel dimana koneksi antar perangkat dapat dilakukan dengan memanfaatkan jaringan WLAN . Dengan DLNA , ponsel dapat saling bertukar konten berupa foto ,musik,video antar perangkat di jaringan rumahan.


    * CARL ZEISS-Salah satu merek lensa yang digunakan pada beberapa ponsel antara lain Nokia.Kelebihannya jenis kamera ini menghasilkan akurasi dan ketajaman yang lebih baik karena biasa dipakai di digital camera dan handycam.


    * LED FLASH-Adalah lampu flash yang menggunakan diode biasa bukan layaknya lampu blitz seperti xenon Flash.Kelebihannya LED flash lebih hemat daya,namun kurang terang untuk pemotretan malam hari dibanding Xenon Flash.



    * XENON FLASH-Adalah perangkat seperti lampu Blitz yang membantu dalam pencahayaan kamera ponsel. Keuntungannya Xenon Flash lebih kuat /lebih terang dibanding LED flash namun boros daya.

    * GEO TAGGING-Dengan fitur ini,foto yang dihasilkan dari kamera dapat diketahui informasinya berupa posisi data GPS (longitude,latitude dan altitude), Dengan menggunakan GEO TAGGING ,maka anda atau orang lain dapat mengetahui letak pengambilan foto/gambar tersebut termasuk data dan waktu ketika foto diambil.


    * POP 3-Standart protokol yang dipergunakan untuk mengambil surat elektronik/email dari server email . POP 3 berfungsi sebagai alamat email masuk (incoming server). sebagai contoh ,alamat POP 3 untuk pengguna akun yahoo adalah pop,mail,yahoo.co.id

    * SMTP-Salah satu protokol yang umum digunakan untuk pengiriman surat elektronik/email kesebuah server di jaringan internet. SMTP berfungsi sebagai alamat email keluar(out going server).



    * TRACK ID-Adalah suatu fitur yang akan memberitahukan nama dan artis dari track lagu yang sedang dimainkan .Rekam suatu lagu dari ponsel atau radio dan dengan menggunakan akses GPRS ,informasi tentang lagu tersebut akan didapatkan dalam beberapa detik .



    * DIAGRAM BLOCK = Diagram Kotak

    Diagram berupa gabungan sejumlah block (kotak) bersama-sama untuk membentuk sistem an lengkap, dengan melukiskan bagian-bagian/komponen-komponen, hubungan-hubungan rangkaian, cara kerja dan sebagainya. Diagram block berfungsi untuk menganalisa fungs rangkaian elektronik dengan mengambil prinsip dasar ‘membaca’ diagram, sehingga kita lebih mudah memahami rangkaian yang rumit, sebagaimana fungsi diagram-diagram lain.

    * NMP = Nokia Mobile Products

    * BATTERY CHARGER = Guna Charger Battery untuk jalan aliran listrik dari adaptor ke Baterry.

    * DUPLEXER : Berguna untuk RX (Menerima sinyal) dan untuk TX ( Mengirimkan sinyal).

    * PA = (Power Amplifier)
    Amplifier atau penguat kadang juga disebut versteker. Suatu peralatan (sirkit) yang diberi catu daya DC yang berfungsi untuk memperkuat daya, dari daya gelombang lemah menjadi daya gelombang yang kuat atau ang lebih kuat atau hal mana masukan tegangan, arus, atau dayanya, dibuat menjadi lebih kuat amplitudo keluarnya.

    * C CONT = sebagai tempat pengatur tegangan aliran listrik ke semua komponen - komponen.

    * COBBA = Guna sebagai penterjemah signal analog menjadi digital.

    * HAGAR = Sebagai tempat perubahan lebar frekuensi.

    * BANDWIDTH = (Lebar jalur)
    Dalam sistem radio pemancar adalah daerah frekuensi di mana tegangan sinyalnya boleh kurang dari nilai maksimum yang ditentukan atau keseluruhan dari jalur yang dirambati oleh sinyal yang mengandung modulasi.

    * CRYSTAL = Guna untuk menstabilkan tegangan listrik.

    * FLASH = Guna sebagai penterjemah bahasa.

    * SRAM = Guna sebagai tempat penyimpanan data sementara.

    * LCD = ( Liquid Cristal Display ) Menampilkan status

    * MICROPHONE = menerima suara ( analog ) penelepon.

    * SIM = Guna Sebagai tempat kartu Sim

    * PCB = ( Printed Circuit Board ) Papan yang berguna sebagai tempat komponen-komponen ( Ic, Pa, Lcd ).

    * E EPROM = guna sebagai tempat data permanen.

    * LED = Lampu.

    * VCTCX0 = Tempat pengiriman aliran listrik ke semua komponen-komponen.

    * BUZZER = Tempat mengeluarkan nada dering.

    * VIBRATOR = Alat untuk mengeluarkan nada Getar.
     

    Attached Files:

Share This Page