Pengertian Fungsi Komponen HP Samsung BlackBerry iPhone Xiaomi OPPO VIVO

Discussion in 'Elektronika Umum' started by lampungservicee, Sep 30, 2017.

  1. lampungservicee

    lampungservicee Member

    Messages:
    40
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Pengertian Fungsi Komponen HP Samsung BlackBerry iPhone Xiaomi OPPO VIVO

    1. PCB (Printed Circuit Board ) PCB atau Board adalah tempat dimana komponen-komponen tsb diletakkan/dipasang. PCB HandPhone agak sedikit berbeda dengan PCB pada peralatan elktronik biasa. Pada peralatan elektronik biasa, Biasanya komponen dipasang pada bagian atas lalu dimasukkan pada lubang PCB yang tersedia. Kemudian disolder kaki komponen pada bagian bawah PCB. Tidak demikian dengan PCB pada HandPhone. PCB pada HandPhone sisi atas dengan sisi bawah masing-masing berbeda. Juga pada bagian tengah PCB terdapat banyak jalur-jalur (layer) yang menghubungkan antara bagian. Jalur-Jalur tsb. Bisa mencapai 5 lapisan. Oleh karena itu sering sekali PCB ini mengalami kerusakan. Lebih sering dari. Pada kerusakan komponen itu sediri. Kerusakan pada PCB dapat di atasi dengan cara dijumper/ dihubungkan kembali dengan kawat email khusus untuk jumper PCB. Kawat email ini dilapisi dengan lapisan cat / coating, sehingga tidak mengakibatkan koslet jika tersentuh komponen lain pada PCB. Kawat email ini jika disolder, lapisannya akan menghilang sendiri, sehingga kita tidak perlu mengerok lapisannya.

    2. RESISTOR ( Tahanan ) Simbol ( R ) satuan Ohm ( Ω ) Resisitor pada Handphone berbeda dengan resistor pada Komponen Elektronik biasa. Resistor ini tidak memiliki gelang warna yang menunjukan nilai hambatan. Resistor ini biasanya yang besar berfungsi sebagai penahan arus agar tidak melampaui batas ( sekring pengaman ). Namun fungsi Resistor pada umumnya adalah sebagai hambatan yang dapat menyesuaikan arus yang lewat padanya. Karena tiap komponen membutukan arus yang besarnya berbeda-beda ( variatif ). Oleh karena itulah diperlukan Resistor. Resistor yang besar juga biasanya terdapat pada jalur utama Tegangan Batere. Tegangan Charger pengisian pada jalur Supply tegangan untuk IC PA dsb.

    3. CAPASITOR (Kondensator) Simbol ( C ) Satuan farad (µ,η,ρ) Capasitor berfungsi sebagai penyimpanan arus juga penstabilan tegangan. Ada dua macam kapasitor yaitu: i. Capasitor Elektronik : Memiliki kutub yang berbeda yaitu Katoda ( - ) dan Anoda ( + ) pemasangan tidak boleh terbalik polaritasnya / kutubnya. ii.. Capasitor Keramik biasa : Tidak memiliki polaritas. Pemasangan boleh terbalik. Warnanya biasanya Coklat, atau abu-abu. Pada rangkaian Handphone biasanya kutub Katoda Capasitor dihubungkan Ground pada jalur power. Fungsinya sebagai penstabilan arus. Agar yang mengalir pada jalur tsb stabil.

    4. DIODE (Dioda) Simbol (Q,D,V,N) Dioda berfungsi /sebagai penyearah arus pada rangkaian Handphone. Tadinya Arus Bolak-balik (AC/ Alternating Current) atau Tegangan DC tidak murni setelah melewati dioda menjadi arus searah (DC/Direct Currert). Dioda juga memiliki polaritas/ kutub yaitu Anoda(+) dan FCatoda(-). Pemasanganya tidak boleh terbalik. Biasanya yang memiliki tanda gads adalah katoda. Ada juga Dioda yang dapat memancarkan cahaya yg disebut LED (Light Emitting Diode). Led ini berfungsi sebagai penerang LCD/Keypad/ Signal lamp. Orang sering menyebut LED ini dengan sebutan lampu, karena dapat memancarkan cahaya. Hal ini boleh-boleh saja. Namun secara teknis, pengertian LED dan Lampu berbeda. Jika Lampu tidak memiliki polaritas, sedangkan LED memiliki polaritas dan pemasagannya tidak boleh terbalik. Jika terbalik tidak akan memancarkan cahaya. Malah menghambat arus yang masuk. LED biasanya berwarna hijau, kuning atau merah, Ada juga LED yg memiliki iluminasi. Yang lebih tinggi atau disebut super. Contohnya LED Super White, LED Super Blue. Dengan pancaran sinarnya yang melebihi LED biasa. Pada saat ini pergantian LED biasa dengan LED Super sedang trend Agar Handphone kelihatan lebih terang dan lebih gaya.

    5. TRANSISTOR Simbol ( Q,N,V ) Transistor fungsinya secara karakteristik sama dengan dioda. Gabungan dua dioda bisa disebut Transistor. Fungsi Transistor banyak sekali pada rangkaian elektronika. Transistor sebagai saklar sebagai saklar sebagai penguat frekuensi, juga sebagai pencampur frekuensi. Biasanya Transistor pada rangkaian Handphone sudah dijadikan satu modul dalam bentuk IC. Transistor umumnya berwarna hitam dan memiliki tiga kaki yaitu Basis, Emitor, kolektor.

    6. COIL (Kumparan / Lilitan) Simbol ( L ) Coil atau spul terbagi menjadi macam-macam fungsi. Antara lain Coil sebagai penghubung yang berfungsi untuk menyambung jalur-jalur utama antara blok, gunanya untuk memudahkan pemeriksaan sewaktu-waktu diperlukan agar tiap blok terpisah. Lalu Coil untuk Loudspeker, Buzzer dsb. Berfungsi untuk memperbesar output suaranya. Kemudian juga ada Coil untuk Antenna dan juga ada Coil untuk Antenna dan dan juga Coil untuk trafo frekuensi menegah. Bentuk seluruh coil berbeda-berbeda. Namun fungsinya hampir sama. Coil tidak memiliki polaritas, jadi boleh dipasang. Bentuk Coil ada yang mirip Capasitor. Hanya warnanya saja yang Abu-abu agak kehitaman.

    7. Trafo IF (Trafo frekuensi Menegah) Simbol (T) Trafo ini digunakan untuk penguat frekuensi menegah pada bagaian RF. Melalui trafo ini gelombang HF yang diterima dapat ditangkap dan diperkuat oleh Trafo IF ini. Warna dari trafo ini umumnya putih dengan 5-6 kaki berbentuk kotak persegi.

    8. Filter RX/TX (Receiver / Transmitter) Simbol ( Z ) Filter RX/TX ini hanya ada dibagian RF. Ada tiga jenis filter HF?IF ini. Yaitu HPF (High Pass Filter), LPF (Low Pass Filter), BPF (Band Pass Filter). Yang umum digunakan pada rangkaian Handphone adalah Filter BPF. Fungsi dari pada filter ini adalah untuk menyaring dan menyeleksi frekuensi yang berhak melewati filter ini adalah MHZ. tergantung resistansi filter tsb. Contoh : HF BPF Filter 935-960 MHZ. berarti Filter tsb. Adalah Filter yang berfungsi untuk menyaring Frekuensi Tinggi yang masuk, agar setelah melewati filter tsb, frekuensi yang diperbolehkan lewat adalah frekuensi dengan Bandwich 935-960 Mhz. frekuensi yang diatas atau dibawah itu tidak dapat lewat. Ada macam- macam jenis filter. Filter pada jalur penerima disebut RX Filter. Sedangkan pada jalur pemanacar disebut TX Filter. Juga dibagi Menjadi Filter GSM 900 Mhz (satelindo, Telkomsel, XL) atau Filter PCN/DCS 1800 Mhz (IM3). Ada juga filter 71 Mhz, dsb.

    Baca Selengkapnya : http://www.lampungservice.com/2017/09/pengertian-fungsi-komponen-hp-samsung.html
     

Share This Page