Ini dia cara gampang membuat donat manis & lembut ala JCo

Discussion in 'Others Promotion' started by infinycal, Feb 6, 2018.

  1. infinycal

    infinycal Member

    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    11
    [​IMG]
    Donat merupakan salah satu makanan yang terkenal di dunia. Donat sendiri mulanya sudah ada di Amerika Serikat, Inggris, hingga Belanda pada tahun 1800-an. Mulanya donat disebut dengan roti goreng yang identik dengan bentuk bulat yang memiliki lubang di tengahnya. Biasanya donat akan diberi toping berupa rasa yang manis seperti gula, jeli, maupun selai.

    Di Indonesia, tak sedikit inovasi yang diberikan pengusaha kuliner untuk membuat roti goreng berlubang ini terjual dengan harga yang mahal, salah satunya adalah JCo. JCo merupakan sebuah restoran yang menyajikan varian rasa donat, yougurt, hingga kopi. JCo sendiri mulanya didirikan seorang pengusaha donat di Lippo Karawaci pada tahun 2006 silam.

    Varian rasa donat di JCo sendiri cukup beragam, seperti heaven berry, choconutzy, green tease, dan banyak lain. Selain itu juga JCo mulai menginovasikan agar donat tak selalu identik dengan bentuk bulat dengan lubang di tengahnya. Beberapa varian menu donat di JCo sendiri banyak yang tak memiliki lubang di tengahnya.

    Namun kini kamu tak perlu pergi jauh ke mal dan antre untuk menikmati donat JCo lho. Kini kamu bisa mencobanya sendiri membuat di rumah. Penasaran? Yuk intip resepnya.

    Bahan:
    300 gr tepung terigu protein tinggi
    50 gr susu bubuk
    1 sdm ragi instant
    100 gr kentang kukus (haluskan dan dinginkan)
    75 gr gula pasir
    1 sdm mentega
    1/2 sdt garam
    2 butir kuning telur
    100 ml air Hangat/air dingin (bisa kurang bisa lebih)

    Toping:
    Secukupnya Dark Chohlate Cooking
    Secukupnya Cokelat Putih
    Secukupnya Pewarna Makanan
    Secukupnya Mentega
    Secukupnya Meses Warna
    Secukupnya Kacang Tanah Goreng
    Secukupnya Kacang Almond

    Cara membuat:
    1. Campur tepung terigu, gula, susu bubuk, ragi instant, aduk hingga rata. Lalu masukkan kentang halus, tuang telur dan air dingin/ air hangat, uleni hingga rata dan setengah kalis.

    [​IMG]

    2. Masukkan mentega dan garam, uleni terus hingga kalis elastis. Diamkan selama 15 menit. Ambil adonan, giling tipis kurang lebih 1-1,5 cm. Angkat dan balik adonan. Giling kembali secara perlahan. Jika tidak mau repot saat memasukkan baha-bahan diatas, dan repot dalam menguleni, Anda bisa gunakan saja mesin pembuat roti seperti Re-Bread.

    [​IMG]


    3. Gunakan cetakan donat untuk membentuk donat berlubang di tengah. Angkat perlahan dan pindahkan ke alas datar yang sudah ditaburi terigu. Lakukan pada semua adonan hingga habis. Tunggu adonan mengembang 2x lipatnya.

    [​IMG]

    4. Jika sudah mengembang, siapkan minyak goreng (kalau bisa minyak padat) di wajan. Pergunakan minyak goreng 1/2 atau 3/4 permukaan wajan banyaknya minyak. Nyalakan kompor dengan api kecil, lalu goreng donat ketika minyak sudah terasa hangat.

    [​IMG]

    5. Angkat, tiriskan. Taburi gula donat, atau hias dengan coklat (atau sesuai selera). Untuk menghias dengan coklat, lelehkan Dark Chohlate Cooking (bisa tambahkan margarin sedikit). Diamkan sebentar DCC leleh supaya tidak terlalu encer. kemudian celupkan donat ke DCC leleh, angkat tiriskan sebentar, angkat dan balik. Donat berlapis DCC leleh bisa diberi hiasan lagi dengan taburan sesuai selera.
     

Share This Page