Software Pulsa Tiger Engine
Kiswara

Modifikasi mesin motor harian

Discussion in 'OtoModif' started by deglenx, Jun 7, 2008.

  1. deglenx

    deglenx New Member

    Messages:
    186
    Likes Received:
    69
    Trophy Points:
    0
    Buat yang suka hobi ngebut pake motor harian ada trik neh biar motornya agak kenceng,biar cuma tambah 10km/h tapi lumayan.

    Kalo kamu pake mesin 2 langkah lebih enak modifnya tinggal kamu halusin aja pake amplas semua lubang porting di blok silinder(yamaha ada 7lubanp,suzuki ada 6 lubang) halusin ampe halus yang seperti kulit jeruk, trus kalo gak mau ke tukang bubut,amplas kepala silinder dengan alas kaca,supaya rata hasilnya,tapi jangan banyak2 ya. Trus main jet en pilot jet juga dikilik kalo gak ada jarum rojok pake aja jarum jahit.Tapi jangan kebesaran lubangnya biar ndak boros hehe
     
    yaman nurjaman and soulrevolver7 like this.

    Mobile Connection
  2. total xtremer

    total xtremer Administrator Staff Member Administrator

    Messages:
    696
    Likes Received:
    829
    Trophy Points:
    103
    wah lebih seru kalau ada gambar nya mas, biar yg gak tau jadi tau..
    thanks for sharing
     
    yaman nurjaman likes this.

    Asisten VRE
    Kiswara Modem
  3. ddokar

    ddokar New Member

    Messages:
    237
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    0
    nambahin dikit,perlu setting suspensi baik depan/belakang..
    soalnya bawaannya pabrik terlalu soft...:D
    suspensi depan bisa dengan penambahan oli,diseseuaikan kebtuhan,..
    kl suspensi belakang,bisa dengan penggantian suspensi belakang..
    kl ada dana lebih,bisa ganti dengan suspensi kompetisi,misal merk daytona dsb-nya..
    kl dengan dana terbatas,kl untuk motor bebek bisa diganti dengan suspensi gl pro...
    moga aj berguna;)
     
    yaman nurjaman likes this.
  4. deglenx

    deglenx New Member

    Messages:
    186
    Likes Received:
    69
    Trophy Points:
    0
    Ok.Boz. Kalo untuk mesin 4 langkah nambahnya tenaga mesin sedikit. Tip buat 4 langkah

    Pertama,setel klep,buat klep masuk lebih rapat dari pada klep buang,supaya waktu buka klep masuk lebih lama,dan bahan bakar yang masuk ke ruang bakar lebih banyak. Untuk klep buang disetel agak renggang supaya lebih lambat membukanya,sehingga bahan bakar yang di kompres piston lebih mantap. Trus untuk main jet en pilot jet pake standar juga ok.Tapi kalo pake knalpot racing ya harus di gedein ukuranya. Tapi kalo ada dana lebih mending beli noken as kompetisi. Sekalian silinder head nya. Tapi kalo untuk harian, silinder head standar ok,takutnya kalo pake kompetisi kegedean rasio kompresi,kalo gak pake ******** malah ring piston sampeyan yang cepet out.Hehe. Untuk 4tak kalo gak di pake racing mending jangan modifikasi ekstrem. Ntar mau irit malah menjerit.
     
    yaman nurjaman likes this.
  5. udie_kidz

    udie_kidz New Member

    Messages:
    180
    Likes Received:
    53
    Trophy Points:
    0
    klo 4tak skr sih yg lumayan di bore up kali ya.. misal vega kasih piston kaze oversize 100 bisa jadi 123cc tu kapasitasnya, tinggal bubut silinder head ngikutin diameter sehernya. palingan modal 200 mpe 250 rb. dah jozz tu buat harian n turing. klo masih kurang ya bisa dilanjut ke pengapian n karbu
     
    yaman nurjaman likes this.

    aa-pulsajaya
  6. deglenx

    deglenx New Member

    Messages:
    186
    Likes Received:
    69
    Trophy Points:
    0
    Emang,bener boz. Tapi kalo pake seher kaze,ntar kasihan liner nya terlalu tipis. Bisa2 blok silinder sampeyan meledak duarrr. 4tak kalo msh standart en motor baru modifnya enakan ringan, eman kan kalo motor baru di oversize 200 biar muat dimasuki seher kaze. Mending pake noken as kompetisi di jamin ngacir boz.Hehehe.
     
    yaman nurjaman likes this.
  7. kevin168

    kevin168 Moderator Moderator

    Messages:
    70
    Likes Received:
    71
    Trophy Points:
    0
    hehehe........
    asik juga mengenang masa lalu...
    blok d korek dikit, intake korek 2mm, out nya tambahin 1.5mm

    silinder kop bubut 1.5mm

    karbu standar d oversize jadi 24mm,

    knalpot standar biasa d bobok, sekat d buang ma rombak silencernya.

    magnet bubut 1mm,

    busi dulu beliin busi mobil, lupa serinya apa, masangnya tambahin 3 ring kuningan biar gak nyentok..
    :D:D:D

    serasa kembali jaman SMA dulu bos....
    motornya tiap hari buat berangkat sekolah dan jalan2
    kalau malam minggu buat cari duit...
    huahuhauhauhaua........

    br,
    kevin168
     
    yaman nurjaman likes this.
  8. underbone

    underbone New Member

    Messages:
    72
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    0
    Waduh serem amat di amplas...
    Hehehehhe.....

    Semua itu ada hitungannya bos...
    terlalu riskan kalo mau main amplas...

    Trus mengenai pilot ma main jetnya jgn di rojok...
    mendingan beli ajah pake punya variasi..
    Merek yg lumayan bagus dan paling mendekati orisinil menurut gw Kitaco..

    Harganya jg relatif murah, kira" 25-30 rebuan/Pcs

    Klo yg udah di modif mesinnya dari pada di rojok coba naikin pilot jetnya 1 step,
    Contoh kasus yamaha (coz gw cuma ngerti yamaha) pake knalpot standart ataupun belekan:
    - Rx king standart 22,5 naik jadi 25.
    - f1zr standartnya 17,5 coba naikin jadi 20 atau klo susah coba ke 22,5 jg gpp.

    Untuk yang sudah ganti knalpot racing mainjetnya naik 1 step juga.
    - Rx king standartnya 150 (Rx king lama 145) Naik jadi 155 (Rx king lama naik jadi 150)
    - F1zr standartnya 130 naik jadi 135

    Setelah ganti spuyer, atur ulang lagi putaran angin yg ada di karburator.

    Smoga membantu..
     
    yaman nurjaman likes this.
  9. underbone

    underbone New Member

    Messages:
    72
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    0
    wuih cadas bos speknya....
    btw motor apa ini bos..? karbunya bisa di reamer jadi 24...?
     
    yaman nurjaman likes this.

  10. deglenx

    deglenx New Member

    Messages:
    186
    Likes Received:
    69
    Trophy Points:
    0
    Namanya juga modif harian ya pake alat seadanya heheie. Kalo beli mah udah gak kreatif lagi (ilfel) ilang feeling.Hehe. Kalo bikin motor kenceng mau ngeluarin duit,gak usah beli kitaco,daytona,ato brembo ato apalah. Soalnya spare part racing buatan anak negeri gak kalah men. Coba aja ke surabaya cari perajin baja,trus pesen gigi ratio,hehe gak kalah ama merek kitaco.Hehehe. Ok boz saran boz emang bagus.
     
    yaman nurjaman likes this.
  11. underbone

    underbone New Member

    Messages:
    72
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    0
    ga nyaranin mending beli spuyer imitasi kitaco...
    harga lebih murah bos dari pada orisinilnya sekitar 40-50 rb.
    sayang kan spuyer orisinilnya di rojok" hehehehhe...

    gw sendiri jg klo mo pake ratio pesen ke bengkel bubut langganan di Kebon Jeruk Kota.
    Ngapain bayar mahal" pake merk luar, klo di negara kita masih banyak sumber daya material yg berlimpah dan sumber daya manusia yg ga kalah klo di adu ma org luar.
     
    yaman nurjaman likes this.
  12. oodiasoo

    oodiasoo New Member

    Messages:
    49
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    0
    numpang nimbrung bos..
    kalo buat harian n cari yang aman2 aja, mendingan maen di pengapian aja..balikin standarnya ga repot kalo mo dijual..

    ku punya smash standar, CDI di copot limiternya..
    karbu ganti pilot jet aja pake imitasi naek 1 angka..
    kalo mau modal dikit beli aja karbu racing (disesuein ma spek motor)..
    busi pake yang agak bagusan (biar pembakaran masimal) tapi pake tipe2 yang masih standar buat jalan harian(bukan buat balap)..
    pengapian diatur ulang, n salian klep..trus maen final gear aja..disesuein ama kebutuhan..
    pembuangan masih standart..optional boleh pake yang free flow, selain suara jadi garang tarikan didkit2 juga ngaruh..(ati2 pilih kenalpot tipe ini )
    gw pake final gear14-28 ditambah otak-atik di atas, lari 110 km/jm msh enteng..
    pake kebut2an ma GLpro standart kalo jarak jauh masih lawan..
    biar lebih responsif pake kampas kopling imitasi aja,, lebih kasar jadi lebih gigit..buat jamping-jamping enak.. tapi harus nanggung resiko 2 bulan ganti soalnya usia pake pendek...
    ga takut mesin overhet, pake jalan jauh masih jihuy, diajak turing juga ga malu2in..buat kebut2 di dalam kota juga ngelawan..
    udah pake 5 tahun, piston masih standart, n masih rapet kaya perawann..upss maaff
    any nor de inaf... matur nuwun
     
    yaman nurjaman likes this.
  13. dhanealma

    dhanealma New Member

    Messages:
    62
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    0
    Salam kenal Boss Boss.. angkat lagi ahh.. biar jadi rame.. Ceritanya gini.. Juvie ku kemarin jebol trus seher di oversize 100, nah biar sekalian diotak atik biar agak kenceng gimana solusinya?? Juvie ku masih standar cuma karbu aja yg udah di reamer, mohon infonya dari suhu suhu disini,, makasih banyak.. ditunggu sharenya..
     
    yaman nurjaman likes this.
  14. deglenx

    deglenx New Member

    Messages:
    186
    Likes Received:
    69
    Trophy Points:
    0
    karbu kalo cuma di reamer percuma kalo gak sekalian gedein ukuran skepnya. Trus sekalian aja bubut pantat noken as biar bukaan klepnya agak lama. Kalo perlu sehernya di gedein lagi di bore up lag4
     
    yaman nurjaman likes this.
  15. mays79

    mays79 New Member

    Messages:
    12
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    0
    Numpang nimbrung ne boz..da yg punya tips ngatasi gigi smash yg sering miss?
     
    yaman nurjaman likes this.
  16. deglenx

    deglenx New Member

    Messages:
    186
    Likes Received:
    69
    Trophy Points:
    0
    Setel kopling(baut kopling di kendorin putar kanan sampe terasa mentok,putar kiri lg sampe trasa kencang 2,5ptran) kalo gak bisa.Ya ganti gigi renteng hehehe. Sekalian yang gigi ratio rapat.
     
    yaman nurjaman likes this.
  17. k41sy

    k41sy New Member

    Messages:
    20
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    0
    Hallo para bos djawir yg terhormat...tlg dong upload gambar gigi ratio buat jupiterZ dong...saya mau nyoba nyari tukang bubut di surabaya
     
    yaman nurjaman likes this.
  18. deglenx

    deglenx New Member

    Messages:
    186
    Likes Received:
    69
    Trophy Points:
    0
    Bentuknya sama kaya gigi renteng standar. Cuma jumlah giginya yang beda. Dari gigi 1 sampe 4 selisihnya-/+2mata.
     
    yaman nurjaman likes this.
  19. bank donal

    bank donal New Member

    Messages:
    1
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    0
    misi bos saya mau tanya F1ZR saya ko kalo ditrik gas kaya ngeden gitu yah, ntu penyebabnya pa boz
     
    yaman nurjaman likes this.
  20. deglenx

    deglenx New Member

    Messages:
    186
    Likes Received:
    69
    Trophy Points:
    0
    Kampas koplingnya habis boz. Ato kalo masih pake kopling otomatis,kampas kopling gandanya dah abis.
     
    yaman nurjaman likes this.

Share This Page