Cek Komponen pake avo meter

Discussion in 'Elektronika Handphone' started by N8250, Jul 25, 2008.

  1. N8250

    N8250 Super Moderators Super Moderator

    Messages:
    1,435
    Likes Received:
    847
    Trophy Points:
    123
    Sekedar berbagi....
    mohon maaf kalo ada yg keliru.....semoga ada manfaatnya.


    1.IC PA (POWER AMPLIFIER)
    Untuk memeriksa kaki positif pada PA kita gunakan multitester pada kalibrasi X1, caranya:
    Letakkan kabel merah (+) AVO di konektor baterai positif (+) pada papan pcb dan kabel hitam (-) AVO pada konektor baterai negatif (-), jarum akan bergerak. Pindahkan kabel merah dikonektor negatif baterai, dan kabel hitam pada konektor positif baterai, jarum akan diam ( tak bergerak ). Ini menandakan bahwa jalur positif baterai ke IC PA dalam keadaan baik, namun bila analisa tidak seperti diatas maka jalur positif baterai ke IC PA terjadi hubungan singkat (short) atau putus.

    2.IC POWER SUPPLY
    Atur kalibrasi pada X1, letakkan kabel hitam (-) AVO pada konektor positif baterai PCB dan kabel merah (+) pada kaki positif ELCO yang berhubungan langsung dengan arus masuk ke IC P S , jarum akan bergerak berarti jalur dari positif baterai ke IC PS baik.

    3.IC CHARGER
    Atur kalibrasi pada DC10V, lalu hubungkan charger yang dialiri arus listrik kekonektor chager di ponsel. Lalu latakkan kabel merah (+) AVO pada konektor positif baterai dan kabel hitam (-) pada konektor negatif baterai, jarum akan menunjukkan nilai yang sesuai dengan tegangan yang ada pada baterai, berarti IC CHARGER dalam keadan baik.

    4.IC INTERFACE
    Atur kalibrasi pada X1, letakkan kabel hitam (-) AVO pada konektor positif baterai, dan kabel merah (+) pada salah satu lampu, lampu akan menyala berarti IC INTERFACE dalam kondisi baik.

    5.VIBRATOR
    Atur kalibrasi padaX1 letakkan kabel hitam (-) pada konektor positif baterai dan kabel positif (+) pada salah satu kaki vibrator, apabila jaru bergerak berarti jalur positif vibrator dalam keadaan baik.

    6.BUZZER
    Atur kalibrasi pada X1, letakkan kabel hitam (-) pada konektor positif baterai dan kabel positif (+) pada salah satu kaki buzzer, jarum akan bergerak dan buzzer akan berbunyi,berarti jalur buzzer baik.

    7.LAMPU LED
    Atur kalibrasi pada X1 letakkan kabel hitam (-) padakonektor positif baterai, dan kabel merah (+) pada salah satu kaki lampu, lampu menyala berarti jalur lampu dalam keadaan baik.

    8.ELCO
    Atur kalibrasi pada x1, letakkan kabel hitam pada (-) pada konektor positif baterai, dan kabel merah (+) pada kaki positif ELCO yang berhubungan langsung ke positif baterai, jarum bergerak berarti jalur ke ELCO baik.

    9.CARA MENGUKUR DENGAN MENGGUNAKAN MULTITESTER
    A. Apabila pengukuran jalur/komponen kita menggunakan kalibrasi pada OHM METER (x1, x10, x100, x1K) dalam kondisi tanpa arus.
    B. Apabila pengikuran Arus DC (baterai) kita harus menggunakan kalibrasi pada DC Volt (10V, 50V, 100V, 250V) dalam kondisi dialiri arus.

    10. MENGUKUR FUSE (SEKRING) MUNGKIN RUSAK
    Atur kalibrasi pada x1, letakkan kabel merah (+) pada salah satu kaki R fuse, dan kabe hitam pada kaki satunya lagi, jarum akan bergerak berarti fuse dalam keadaan baik.


    Kalo ada yg kurang mohon ditambah, yg salah mohon dikoreksi..maklum masih nubie

    thx
     
  2. gone_bdg

    gone_bdg Super Moderators Super Moderator

    Messages:
    1,859
    Likes Received:
    3,439
    Trophy Points:
    0
    Wah referensinya darimana neh Bos, ikutan ya .... 1 per 1
    ==========================================================================
    1.IC PA (POWER AMPLIFIER)
    Untuk memeriksa kaki positif pada PA kita gunakan multitester pada kalibrasi X1, caranya:
    Letakkan kabel merah (+) AVO di konektor baterai positif (+) pada papan pcb dan kabel hitam (-) AVO pada konektor baterai negatif (-), jarum akan bergerak. Pindahkan kabel merah dikonektor negatif baterai, dan kabel hitam pada konektor positif baterai, jarum akan diam ( tak bergerak ). Ini menandakan bahwa jalur positif baterai ke IC PA dalam keadaan baik, namun bila analisa tidak seperti diatas maka jalur positif baterai ke IC PA terjadi hubungan singkat (short) atau putus.
    ==========================================================================
    4.IC INTERFACE
    Atur kalibrasi pada X1, letakkan kabel hitam (-) AVO pada konektor positif baterai, dan kabel merah (+) pada salah satu lampu, lampu akan menyala berarti IC INTERFACE dalam kondisi baik.
    ==========================================================================
    Qo bisa seperti tersebut diatas ya Bos ???
    utk No-1
    Sepengetahuan Sy, pada ponsel umumnya terdapat capasitor nonpolar yg terhubung ke kaki (+) & (-) connector batere sehinga jika kita menghubungkan kabel AVO Meter ke kaki2x tsb secara langsung akan mengukur resistansi capasitor (yang dengan rumus elektronika akan diperoleh nilai kapasitansi dalam satuan farad).
    Maka menurut saya hal diatas tidak dapat kita digunakan untuk mengukur/memeriksa baik-tidaknya jalur ke IC PA

    utk No.4
    IC interface disini maksudnya IC yg mana yach ? Maksudnya IC User Interface gitu ?
    Menurut Sy hal yg diuraikan pd No.4 diatas juga kurang tepat, karena sepengetahuan saya pada ponsel terdapat beberapa (banyak) komponen yg saling berhubungan pada I/O & ke IC User Inteface yg membentuk suatu rangkaian elektronik.

    utk singkatnya, secara umum mengenai pemeriksaan IC perlu kita garis bawahi disini, bahwa:
    IC (Integrated Circuit) itu merupakan suatu rangkaian terpadu yg didalamnya terdapat banyak komponen2x sehingga sulit di ukur oleh multitester (melalui pengukuran nilai resistansi) untuk memeriksa kondisinya masih baik atau 'nggak.

    Selanjutnya utk pemeriksaan jalur ke komponen2x : Buzzer,speaker, Vibrator, Mic, Fuse, kita harus paham&mengerti schematic diagram pada ponsel yg kita periksa sehingga pemeriksaan jalur yang dilakukan lebih cermat & akurat

    Sedangkan utk memeriksa baik-tidaknya komponen2x tsb (berdasarkan acuan nilai resistansi komponen), sebaiknya kita menghubungkan secara langsung kabel AVO meter ke kaki2x komponen sehingga hasil pengukuran resistansi yg diperoleh lebih cermat & akurat, dan akan jauh lebih baik jika pada saat pengukuran dilakukan, komponen2x tersebut dilepas dari papan rangkaian agar tidak terpengaruh resistansi komponen lain yang terhubung pada rangkaian.

    Demikian tanggapan saya agar konsep kerja pengukuran komponen melalui Multimeter (AVO Meter) tidak salah kaprah.
    Mohon koreksinya .... Thanx
     
  3. dragon_2328

    dragon_2328 New Member

    Messages:
    44
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    0
    bagus nech buat pemula berguna banget bos thx
     
  4. ahmed nawai

    ahmed nawai New Member

    Messages:
    70
    Likes Received:
    36
    Trophy Points:
    0
    mksh bos sangat membantu,......maklum new bie,........:thumb::thumb::thumb::thumb::thumb:
     
  5. charisnuryadi

    charisnuryadi New Member

    Messages:
    150
    Likes Received:
    26
    Trophy Points:
    0
    Goods,terus keluarkan ilmu2 yg master2 punya,saya tak nyimak dulu aj :d,ayo bos biar ++ ramenya di forum nih:)
     
  6. brexele

    brexele New Member

    Messages:
    129
    Likes Received:
    39
    Trophy Points:
    0
    thank bos ........berguna banget wat newbie neh.....d tunggu info slanjutnya........
     
  7. arya13

    arya13 New Member

    Messages:
    18
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    gimana sih cara menngunakan avo meter buat cek tegangan volt
     
  8. muhamad yusuf

    muhamad yusuf New Member

    Messages:
    22
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    0
    Ad gambar tutorial'a g bos, ane kurang paham yang mana elco yang mana buzzer?orang baru soalnya hehe...
     
  9. hsuheta

    hsuheta New Member

    Messages:
    1,054
    Likes Received:
    49
    Trophy Points:
    0
    good question, ane juga blum tau nee mana yg ic pa, ic rf... tolong dibantu agan2 master semua
     
  10. junoz

    junoz New Member

    Messages:
    50
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    0
    heu heu .................
     
  11. uarik

    uarik Active Member

    Messages:
    186
    Likes Received:
    62
    Trophy Points:
    38
    trims neh neh nehhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh.....MBAH gone KALEH N8250
    SUKSES DJAWIRR..:clap::clap::clap:
     
  12. orowodol

    orowodol Member

    Messages:
    12
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    13
    :crazy::boxing::sorry::loveeye::flame::blah::D:eek::tape::censor::thumb::gossip::tea::noidea::focus::welcome::crazy::frusty::cry::cell::cry:
     
  13. Top Flasher

    Top Flasher Well-Known Member

    Messages:
    270
    Likes Received:
    105
    Trophy Points:
    53
    kalau buat ngecek arus tegangan(Ampere) pake yang mana ya bos
     
  14. rudifast

    rudifast TALK LESS DO MORE Product Supporter

    Messages:
    1,484
    Likes Received:
    6,025
    Trophy Points:
    0
    utk mengukur besaran arus/ampere suatu tegangan pakai avo digital skala 200mA,
    nilai normal utk booting dr ic power 35/40 mA

    untuk mengukur besaran tegangan bisa pake avo analog atau digital skala 10 v dc atau 20 v dc.
     
    tyara likes this.
  15. hendra41

    hendra41 Active Member

    Messages:
    63
    Likes Received:
    25
    Trophy Points:
    28

    sekedar tambahan aja gan..bagi yg belum mengetahuinya...

    cara combine PS & AVO tuk melihat nilai ampere lebih akurat .
    kabel probe MERAH AVO ke probe merah PS
    kabel probe HITAM AVO ke konektor positif batrei .

    dgn Catatan nilai arus yg diukur tidak melebihi 200 ma :):):)
     
    tyara and arpul like this.

Share This Page