Software Pulsa Tiger Engine
Kiswara

Cara Baca urutan kaki IC BGA

Discussion in 'Elektronika Handphone' started by WONGBAGUS, Dec 11, 2008.

  1. WONGBAGUS

    WONGBAGUS New Member

    Messages:
    194
    Likes Received:
    82
    Trophy Points:
    0
    Sebelumnya mohon maaf, mudah-2 an tidak salah kamar.
    Aku masih cukup awam dalam hal bongkar pasang handphone, jadi mohon petunjuk dari para master di sini. Ceritanya gini, aku coba angkat ic bga, karena masih kurang terampil ternyata ada kaki di board yang ikut terangkat/lepas ( maklum masih newbie ):frusty::frusty::frusty:.
    Yang jadi pertanyaanku : bagaimana cara baca urutan kaki ic bga dari titik 1,2,3 dst. :crazy: tentunya agar kaki yang ikut terangkat bisa di jumper dengan komponen lain.
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih, semoga para master berkenan memberikan pencerahan.:pray:
     

    Mobile Connection
  2. usil_gaul

    usil_gaul New Member

    Messages:
    182
    Likes Received:
    92
    Trophy Points:
    0
    dimulai dari tanda titik di ic bga... biasanya ada tanda di salah satu sudut tiap ic bga dan pemasngannya tdk boleh dirubah posisinya. sebelum lepas ic bga dilihat dulu posisi titknya di bagian mana? (kanan atas ato kanan bawah... dlll). trus klo bacanya biasanya ada di buku schematik booss. krn tiap buku kadang lain lain standar koordinatnya. mohon koreksi kl ada yg salah...:thumb:
     
    WONGBAGUS likes this.

    Asisten VRE
    Kiswara Modem
  3. alirosidialirosidi

    alirosidialirosidi New Member

    Messages:
    80
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    0
    maaf jg kl ad yg slh.aku tau dkit tntang bc ic .tp aku lambt ketik2 kybord ,maklum gk biasa ngetik.sms aj ke 085293498345.maaf bos
     
  4. WONGBAGUS

    WONGBAGUS New Member

    Messages:
    194
    Likes Received:
    82
    Trophy Points:
    0
    O.. gitu ya . Jadi perlu buku skematik. Ok deh klo gitu, aku coba gogling skematiknya.
    And trimakasih atas bantuannya. Tak coba dulu entar klo dah ok aku kabari lagi:thumb::thumb::thumb:
     
  5. purwanto

    purwanto New Member Super Member

    Messages:
    2,004
    Likes Received:
    4,248
    Trophy Points:
    0
    Menambahkan...
    Dari tanda titik di salah satu sudut ic:
    Dari kiri ke kanan A B C D...dst
    Dari bawah ke atas 1 2 3 4...dst
    Tinggal dicari posisi kaki yg mana yg mo dijumper misal B5 cari di skematik jalur B5 ke xx...
    Silakan dikoreksi jika salah.
     

    aa-pulsajaya
  6. purwanto

    purwanto New Member Super Member

    Messages:
    2,004
    Likes Received:
    4,248
    Trophy Points:
    0
    Asumsi tanda titik ic di kiri bawah dan cara membacanya seperti diatas.
     
  7. WONGBAGUS

    WONGBAGUS New Member

    Messages:
    194
    Likes Received:
    82
    Trophy Points:
    0
    Banyak thank, atas semua petunjuknya. Sangat membantu bagi new bie. :clap::clap::clap:
     
  8. jowei

    jowei New Member

    Messages:
    196
    Likes Received:
    149
    Trophy Points:
    0
    mungkin lain kali harus lebih panas aj dulu ,, tes di goyang pakai pinset ., apakah dah benar2 mantap untuk di angkat !!.. bagaimana pun kalau mau baca buku jalur hanya ada di buku schematic handpone :thumb::thumb:
     
  9. inunx

    inunx Well-Known Member Super Member

    Messages:
    572
    Likes Received:
    477
    Trophy Points:
    73
    harus diinget !!!
    tidak semuanya huruf (bukan angka) dibaca semua.... ato ada yang gk kepakai...:D
    liat sendiri terus apalin ya.... contoh: huruf O, dan ada banyak lagi....:D
     
    lacodding likes this.

  10. CakDay

    CakDay New Member

    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    sedikit nambahi tanda titik adalah no a1, pd tampak board jika a1 di kiri atas maka, utk kiri kebawah adalah huruf a b c... dst kecuali huruf i o q s dan x tidak dipakai ato dilewati, utk kiri kekanan adalah angka 1 2 3 4 dst...mohon koreksi jika salah...
     
  11. WONGBAGUS

    WONGBAGUS New Member

    Messages:
    194
    Likes Received:
    82
    Trophy Points:
    0
    Siiip:thumb: trima kasih atas penjelasannya. ternyata ada juga huruf yang gak kepake ya. musti banyak belajar nih.
     
  12. rieef

    rieef New Member

    Messages:
    11
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    0
    manteb bos tanks

    :thumb::thumb::thumb:
     
  13. rif

    rif New Member

    Messages:
    23
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    0
    oh gitu ia,,titiknya a1, klo searah jarum jam pke angka, kebalikannya pke abjad. bukan bgitu bos?:eek:
    tx infonya..
     
  14. ab jj

    ab jj New Member

    Messages:
    72
    Likes Received:
    17
    Trophy Points:
    0
    infonya mantap,,,,,,,,!
    ada yang punya gambarnya nga?
    biar lebih jelas!
     
  15. sarassoft

    sarassoft Super Moderators Super Moderator

    Messages:
    287
    Likes Received:
    560
    Trophy Points:
    0
    Silahkan mas, barangkali membantu.

    Trima kasih.




    c.u. soon,

    micromedia
    .
     

    Attached Files:

    bajoe, djarot_eskha, Q_THINK and 5 others like this.
  16. reno70

    reno70 New Member

    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    thanks penjelasannya bos
     
  17. blazbug

    blazbug New Member

    Messages:
    10
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    nambah ilmu nih thnx :rock::rock:
     
  18. dhenmas

    dhenmas New Member

    Messages:
    66
    Likes Received:
    17
    Trophy Points:
    0
    thanks master.....tambah mudeng skarang:thumb:
     
  19. ndeso cell

    ndeso cell New Member

    Messages:
    354
    Likes Received:
    92
    Trophy Points:
    0
    posisi board waktu hitung pin gak boleh dirubah ya bos..apa harus pada posisi normalnya,kalo titik a1 di posisi kanan bawah gimana hitungya mau cari pin upp 1110i susah banget nih..
     
  20. alam_x15

    alam_x15 New Member

    Messages:
    614
    Likes Received:
    202
    Trophy Points:
    0
    Klo cara baca emif lcd,simcard.keypad dll yg imut2 sama juga gak bos
     

Share This Page