Apakah membuat virus itu selalu salah?

Discussion in 'Out of Topic' started by uchu, May 27, 2007.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. uchu

    uchu Super Moderators Super Moderator

    Messages:
    571
    Likes Received:
    1,783
    Trophy Points:
    103
    Apakah membuat virus itu selalu salah?

    Bagi kita semua telah sepakat bahwa virus itu merupakan sesuatu hal yang buruk, tetapi apakah hal tersebut sepenuhnya benar?

    Beberapa virus bersifat tidak merusak atau bahkan ada yang berisi hal-hal yang lucu. Ada lagi virus lainnya yang memberi peringatan kepada kita mengenai adanya kelemahan pada suatu software tertentu.

    Beberapa orang ada yang berargumentasi bahwa virus ini ada gunanya juga, misalnya digunakan untuk menyebarkan bug fix. Sayangnya virus-virus yang bertujuan tidak merusak ini juga tidak bisa bertahan lama keberadaannya dan juga tetap saja tidak disenangi oleh semua orang.

    Pertama, karena virus mampu untuk merubah setting pada komputer seseorang tanpa sepengetahuannya. Ini merupakan perbuatan yang tidak etis sekaligus juga ilegal pada sebagian besar negara di dunia ini, baik itu bertujuan baik atau buruk. Anda tidak boleh mengganggu komputer orang lain, ini sama analoginya dengan Anda meminjam mobil orang lain tanpa ijin, walaupun Anda mengisikan bahan bakarnya.

    Kedua, virus seringkali bertingkah lebih jauh dari harapan si pembuat virus. Virus yang dibuat secara asal-asalan bisa menimbulkan masalah lain yang lebih besar. Meskipun itu tidak berbahaya pada sistem tertentu, tetapi bisa saja menimbulkan masalah pada sistem yang lain.
    Ketiga, virus dapat menyebar secara cepat, dan dalam hal ini si pembuat virus tidak bisa mengontrol penyebarannya lagi dan siapa saja bisa terinfeksi oleh virus tersebut.

    Dalam beberapa kasus, membuat virus dianggap sebagai barang bukti bahwa suatu virus jenis baru bisa melakukan sesuatu terhadap suatu sistem. Ini biasanya dinamakan proof-of-concept virus. Biasanya virus ini tidak memiliki efek tertentu dan tidak disebarkan ke jaringan publik. Ada lagi penulis virus yang mengklaim aktivitasnya sebagai suatu riset.

    Biasanya virus-virus ini belum sempurna pembuatannya sehingga berbahaya jika dilepas ke publik.

    Siapa yang menulis virus?
    Jika komputer atau jaringan Anda terkena virus, Anda pasti merasa jengkel dan terkadang Anda berpikir “Kenapa orang-orang ini sampai membuat virus?”. Motivasi si pembuat virus terkadang berbeda-beda dalam membuat virus. Ada yang membuat virus karena ingin menyebarkan pesan politik, ingin mencari ketenaran, ingin mendapat pengakuan publik, mengkritik suatu institusi atau perusahaan (seperti virus-virus yang mengejek perusahaan Microsoft dan lain sebagainya).

    Mereka mampu untuk masuk ke dalam sistem komputer seseorang, mendapatkan berbagai informasi, seperti alamat e-mail dan lain-lain dan kemudian bisa saja menjual informasi tersebut kepada spammer.

    Menurut beberapa penelitian, diketahui bahwa rata-rata pembuat virus adalah laki-laki, berumur dibawah 25 (dua puluh lima) tahun dan masih single. Mereka terkadang ingin mendapat pengakuan dari komunitasnya dengan cara membuat dan menyebarkan virus komputer. Aktivitas membuat virus, sama saja seperti aksi graffiti, dimana yang terbaik akan mendapatkan status yang lebih baik dari komunitasnya.

    Membuat virus terkadang suatu kepuasan tersendiri bagi penulisnya, dan mereka akan mendapat kekuatan dan kepopuleran di dunia maya, sementara hal ini tidak bisa mereka dapatnkan di dunia nyata. Mereka seringkali menggunakan nama-nama yang unik dan aneh demi menunjukkan eksistensinya dan juga terobsesi oleh tokoh-tokoh fantasi pujaannya.


    Mencegah virus
    Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah virus, berikut ini akan disajikan hal-hal tersebut.
    • Membuat orang paham terhadap risiko virus,
      Katakan kepada semua orang bahwa mereka selalu dalam risiko ketika membuka e-mail, membuka attachment e-mail, download file dari suatu situs atau saling bertukar disket. Mereka harus mengerti bahwa bahaya virus ada dimana-mana dan berhati-hatilah.
    • Install program anti-virus dan update-lah secara reguler,
      Program anti-virus dapat mendeteksi dan terkadang mampu untuk membasmi virus. Jika program tersebut menawarkan on-access scanner, segera saja gunakan fasilitas tersebut.
    • Selalu gunakan software patch untuk menutup lubang security,
      Selalu monitor perkembangan patch untuk sistem operasi yang Anda gunakan. Jika ada yang baru segera di-download dan jalankan agar menutup lubang security yang ada pada komputer Anda. Ini akan membuat virus sedikit sulit untuk menyebar.
    • Gunakan firewall,
      Sebuah firewall mampu untuk mencegah akses ilegal ke sistem komputer atau jaringan Anda. Ini juga bisa mencegah penyebaran virus secara cepat ke dalam jaringan.
    • Selalu backup secara reguler data Anda,
      Selalu buatlah backup untuk semua data yang ada pada komputer Anda. Pilihlah data dan program yang Anda anggap penting dan lakukan backup secara reguler. Jika sewakti-waktu komputer Anda terinfeksi virus maka Anda masih bisa melakukan restore dengan data dan program yang bersih.
     
  2. gabled32

    gabled32 Well-Known Member

    Messages:
    308
    Likes Received:
    298
    Trophy Points:
    73
    Tambah lagi ilmuku... thanks mbah uchu.

    Yg namanya virus menurut ku hal unik sekaligus ngeselin. Dulu aku sering koleksi virus2 untk isengin tmn2, eh akhirnya kena sendiri.
    Hehehe... Ya, virus XOLARA2 yg lepas dr sangkarnya membuat ku sadar kalo kena virus tuh GA ENAK BGT. Amit2, ga mau lagi dah koleksi yg begituan.
    Thanks.
     
  3. loak

    loak New Member

    Messages:
    33
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    0
    Apakah membuat virus itu selalu salah?
    Yah mungkin mereka (pembuat virus ) itu ngak salah
    Atau istilah dukunnya (orangpintar) adu ilmu, siapa paling lama bertahan...tuh virus buatannya

    memang ada yang buat sindirin kepada seseorang, yang iseng,
    Jadi,,seperti KOMPETISI/Pertandingan
    :rolleyes:


     
  4. gabled32

    gabled32 Well-Known Member

    Messages:
    308
    Likes Received:
    298
    Trophy Points:
    73
    Mereka bertarung kok kita yang kena imbasnya.
     
  5. oxphonez

    oxphonez Moderator Moderator

    Messages:
    752
    Likes Received:
    633
    Trophy Points:
    103
    dulu taon 2004-2005. saya pernah didatangi cewek ini
    [​IMG]

    Lumayan :D
     
  6. Rooney

    Rooney New Member

    Messages:
    203
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    0
    salut buat bos uchu sang pemburu virus
     
  7. yaniel

    yaniel Super Moderators Super Moderator

    Messages:
    364
    Likes Received:
    616
    Trophy Points:
    0
    apa hubungannya ama virus bos..:D
    ayak-ayak wae si bos :pound:
     
  8. GEANICEV

    GEANICEV Moderator Moderator

    Messages:
    756
    Likes Received:
    499
    Trophy Points:
    0
    Weh Gw juga mau kalo didatengin maknya Virus kyk gini. Apalagi sambil nari2 :D
     
  9. xnk06

    xnk06 Well-Known Member Super Member

    Messages:
    1,138
    Likes Received:
    1,165
    Trophy Points:
    123
    Hati hati bos, si Avril ini orangnya LIAR lho.. kemaren ama gua aja 8 ronde baru selesai :D
     
  10. uchu

    uchu Super Moderators Super Moderator

    Messages:
    571
    Likes Received:
    1,783
    Trophy Points:
    103
    sebelum kerumah lo,dia mampir kerumah gua dulu tuh cewek
    cuman gua usir,soalnya suka tangkap burung......:D

    mana burung gua hampir di sedot juga.:D:pound::pound::pound:
     
  11. gabled32

    gabled32 Well-Known Member

    Messages:
    308
    Likes Received:
    298
    Trophy Points:
    73
    Buset jadi ngalantur nih hehehe
     
  12. oxphonez

    oxphonez Moderator Moderator

    Messages:
    752
    Likes Received:
    633
    Trophy Points:
    103
    siapa Juga Yang Ngelantur ???? :d :d :d

    Itu Virus Israfel.vbs Buatan Gedzac Lab Tahun 2004-2005
     
  13. oxphonez

    oxphonez Moderator Moderator

    Messages:
    752
    Likes Received:
    633
    Trophy Points:
    103
    Code:
    http://www.perantivirus.com/sosvirus/virufamo/gedzac.htm


    W32/Gedzac.A.vbs, W32/Israfel.vbs

    Gedzac.A es un gusano peruano reportado el 14 de Abril del 2004, de alta propagación masiva a través de las redes Peer to Peer como Kazaa, Gnucleus, Grokster, Morpheus, edonkey2000, LimeWire, etc.
    Su autor es Machine Dramon miembro del grupo internacional de creadores de virus GEDZAC 2003.
    El gusano infecta Windows 95/98/NT/Me/2000/XP, incluyendo los servidores NT/2000/Server 2003, y es un Visual Basic Script, con 266 KB de extensión.
    Al ejecutarse el archivo se copia al directorio a la carpeta %System% con los siguientes nombres:
    • Hta.vbs
    • Israfel.vbs
    • Gedzac.vbs
    • File.vbs
    • Mouse_Configuraction.win
    Para activarse la próxima vez que se inicie el sistema, el gusano crea las siguientes llaves de registro:
    [HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run]
    "Kernel32" = "%System%\Kernel32.win"
    [HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run]
    "Israfel" = "%System%\Israfel.vbs"
    %System% es la variable C:\Windows\System para Windows 95/98/Me, C:\Winnt\System32 para Windows NT/2000 y C:\Windows\System32 para Windows XP y Windows Server 2003.
    Para ejecutar su archivo .WIN agrega las siguientes claves a los registros:
    [HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\CLASSES\.win]
    "winfile"

    [HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\CLASSES\winfile\ScriptEngine]
    "VBScript"
    Al siguiente re-inicio del sistema el gusano muestra una foto de la cantante Avril Lavigne:
    [​IMG]
    Libera y copia al directorio raíz el archivo Estigma.hta y si la fecha del sistema es 03 lo abre, el mismo que muestra una ventada DOS:
    <****************GEDZAC LABS****************>
    VBS/Israfel by MachineDramon/GEDZAC
    Hecho en el Perú, Calidad Mundial
    !Libertad a Palestina, Iraq y Afganistan - Muerte al Imperialismo de eeuu!
    GEDZAC LABS 2003
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page