Tips membuat siongka

Discussion in 'Elektronika Handphone' started by ovicel, Apr 4, 2009.

  1. ovicel

    ovicel Member

    Messages:
    7
    Likes Received:
    29
    Trophy Points:
    23
    Tips membuat siongka

    Untuk...teman2 Forum Semua....mungkin selama ini..,cairan flux siongka yang kita gunakan selama ini untuk perlengkapan bongkar/pasang/re-hot IC,kita dapatkan dengan membeli jadi di toko2 yang menyediakan dalam bentuk sudah cair di kemasan botol,nah....untuk menghemat biaya...yang luar biasa...ada cara untuk membuat siongka cair sendiri...

    Sebelum membahas cara membuat siongka cair,ada beberapa jenis konsentrat siongka yang kita gunakan sesuai dengan keperluaan antara lain:

    1-siongka encer
    biasanya kita gunakan untuk bongkar/pasang R atau C,dalam board,karena tidak banyak kakinya

    2-siongka kental
    biasanya kita gunakan untuk bongkar/pasang IC BGA(TERMASUK YANG BANDEL/timah ic sudah mati,sehingga dengan siongka cair tidak sanggup mencairkan timah)

    3-siongka cristal(siongka cair yang di cristalkan)
    digunakan hanya untuk re-hot ic BGA(DICAIRKAN DIATAS IC,lebih dominan sebagai penyerap panas,ketika memanaskan IC)

    Nah...,setelah keterangan jenis siongka diatas,sekarang kita ke tahap cara membuat siongka:

    BAHAN :1- SIONGKA BATU(Bisa dibeli di toko2 material/bangunan,kira2 Rp.5000/ons)
    2-thiner cair
    3-toples beling(sebagai wadah pencampur)

    Cara : Rendamkan siongka batu dengan thiner dalam wadah,perbandingan 1 Ons siongka batu/1 ltr thiner,untuk menghasilkkan 1 ltr siongka cair (bisa dicampurkan sesuaikan kebutuhan untuk mendapatkan siongka kental)

    Jadi deh....,gak repot beli2 siongka cair jadi...
    SELAMAT MENCOBA.....
    create by :eek:vicel/Kentdy Y.
    EMAIL: kent_ovi@yahoo.com
    sinarbuana_com@yahoo.com


    Article Source: Forum Komunitas Teknisi Ponsel Indonesia http://www.forum-handphone.com/showthread.php?t=8335
     
    semarpone, Arda07, bendil and 7 others like this.
  2. purwanto

    purwanto New Member Super Member

    Messages:
    1,997
    Likes Received:
    4,255
    Trophy Points:
    0
    Nice info, thanks
     
    bendil likes this.
  3. Triple_X

    Triple_X New Member

    Messages:
    1,640
    Likes Received:
    758
    Trophy Points:
    0
    hanya mo nambahin,,,tambahkan sedikit minuman bersoda,klo g pengen asepnya kayak knalpot motor 2 tak,,:peace::peace::peace:
     
    bendil, watwat and .::BLACKLIST::. like this.
  4. jafar

    jafar New Member

    Messages:
    5
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    0
    siongka batu apa sama dengan arphus.
    terimakasih.
     
  5. wongso

    wongso Well-Known Member

    Messages:
    195
    Likes Received:
    318
    Trophy Points:
    73
    betul bos.. di jabar disebut arpus.. di jatim disebut gondo rukem..
     
  6. wongso

    wongso Well-Known Member

    Messages:
    195
    Likes Received:
    318
    Trophy Points:
    73
    Skalian bos..
    kalo ada tips bikin cairan IPA (pembersih)
    tengkyiu..
     
  7. sodokan

    sodokan New Member

    Messages:
    61
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    0
    thanks boss, info yg sangat bagus bos, pengen coba ah...:thumb:




    Code:
    coba dirangkum [URL="http://cupuman-mrbingung.blogspot.com"]disini[/URL]
     
  8. igorcaballero

    igorcaballero New Member

    Messages:
    113
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    0
    pinter banget bang OVICEL iki......
    :rock::rock::rock::rock::rock::rock:
     
  9. alam_x15

    alam_x15 Well-Known Member

    Messages:
    596
    Likes Received:
    194
    Trophy Points:
    53
    Waduh bos.gue udah keliling palembang.gak nemuin bos batu siongka.malahan salah beli nih bos.tolong upload gambarnya dong.kalau ada yg punya.kalau ada teman sepalembang mohon diberitahu alamat dan nama toko.thanks be4
     
  10. bushcellmoxar

    bushcellmoxar Member

    Messages:
    82
    Likes Received:
    20
    Trophy Points:
    18
    masuk bos...bisa di coba nich....
     
  11. ab jj

    ab jj New Member

    Messages:
    72
    Likes Received:
    17
    Trophy Points:
    0
    thankzzzzzzz om info........!:D:D:D:D:D:D:D:D:D:D:D
     
  12. Triple_X

    Triple_X New Member

    Messages:
    1,640
    Likes Received:
    758
    Trophy Points:
    0
    tambahan:
    skarang gw make m3(tiner buat nyablon) buat nyairin siongka,lebih bagus...
     
    ahmed nawai likes this.
  13. Karismahejo

    Karismahejo Active Member

    Messages:
    399
    Likes Received:
    95
    Trophy Points:
    38
    Lom dpt siongkanya euy
     
  14. anto888

    anto888 New Member

    Messages:
    37
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    0
    hati hati dgn asapnya bro bisa bahaya :flame::flame::flame:
     
  15. blazbug

    blazbug New Member

    Messages:
    10
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    nais info trims
     
  16. y4ntho

    y4ntho New Member

    Messages:
    31
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    0
    info banget boss..thx
     
  17. ednietoz

    ednietoz New Member

    Messages:
    274
    Likes Received:
    86
    Trophy Points:
    0
    Sedikit nambahin,untuk mengatasi timah ic nokia yg blm pernah diangkat,oplosan tadi harus ditambah air keras,ingat lotfet?lotfet dibanding fluk sangat jauh lebih unggul lotfet,tapi kelemahan lotfet adalah meninggalkan jelaga hitam,jadi disarankan pk lotfet hanya saat angkat ic saja,saat pasang pake fluk,karena itu tadi,lotfet mengandung air keras yg mengakibatkan korosi dan timbul jelaga,nah untuk yg bikin cairan siongka,tambahkan air keras kira2 1 sendok teh,tener cukup seperapat liter,siongka/gondorukem/arpus 1ons,(untuk cairan kental),kalo saya masih ditambah vaselin putih 1 sendok makan,beli aja di toko kimia,paling cuma 3rb,maknyos buat angkat ic yg bandel
     
    ahmed nawai likes this.
  18. nasihi

    nasihi New Member

    Messages:
    9
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    nb; jgn lupa kasih lilin...psti top...
     
  19. ednietoz

    ednietoz New Member

    Messages:
    274
    Likes Received:
    86
    Trophy Points:
    0
    Kalo dikasi lilin cocoknya buat mata solder bos,karena sifatnya jadi beku kaya semir kalo ditaruh dikaleng,sebetulnya ada satu yg kurang,yaitu zink atau seng,karena belum tentu semua toko kimia ada..moga membantu dan bermanfaat
     
    ahmed nawai likes this.
  20. munietoc

    munietoc New Member

    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    nih boozzzz....flux bikinan sendiri,saya sudah pake ini flux hampir 1 tahun.langsung larut kebawa ic jika kena panas,bentuk seperti pasta..serupa kaya flux yg beredar dipasaran...asap sangat sedikit...dan yg terpenting tAK MUDAH KERING saat lama di blower


    HAYO....HAYO...SAPA YG MAU../????
     

    Attached Files:

Share This Page