positiv 20

Discussion in 'Elektronika Umum' started by asslam, May 7, 2009.

  1. asslam

    asslam Member

    Messages:
    34
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    hallosemua, dimana guw bisa dapetin nich barang?, tengkiu smua
     
  2. rrobidin

    rrobidin Active Member

    Messages:
    102
    Likes Received:
    97
    Trophy Points:
    38
    maksudnya apa yah bos?barangnya apa?:blah::blah:
     
  3. Lampardi

    Lampardi New Member

    Messages:
    50
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    0
    cari di apotik aja bos! Banyak kok yg jual alat utk tes positiv kehamilan..ha..ha..20x!
     
  4. asslam

    asslam Member

    Messages:
    34
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    guw dapet buku tentang PCB, disitu di tulis positiv 20 sebagai photoresist. mungkin di sini ada yang tahu tentang pembuatan PCB. tengkiu
     
  5. gone_bdg

    gone_bdg Super Moderators Super Moderator

    Messages:
    1,859
    Likes Received:
    3,439
    Trophy Points:
    0
    Waduh uda lama ga buat PCB Sendiri Bos ... apalagi yg pake Liquid Spray macam Positiv20 utk buat Film PCB-nya.

    Lebih baik pake sistem Printer aja ..... lebih cepat jadi dan rapih.

    Layout PCB Final di Print (pake Print laser lebih baik) pada kertas Majalah (yg mengkilat), lalu disetrika ke permukaan PCB hingga menempel. Selanjutnya PCB beserta kertas yg menempel tsb di rendam pada air agar kertas mudah di kelupas hingga kertasnya lepas semua dan tinta hasil cetak tertinggal/menempel pada permukaan PCB.

    Akhirnya tinggal diRendam & Goyang inul di cairan Ferit Clorit (pake air hangat...hangat lebih nikmat)
    Hingga lapisan tembaga yg tidak tertutup tinta hilang semuanya. Tinggal bersihkan tintanya .... gosok peke sabun cuci juga gapapa ... pokoknya sampe mengkilat.

    Tinggal di Bor ...... atau tambah lapisan anti korosif

    Jadi dueh .....
     
    liverik and asslam like this.
  6. asslam

    asslam Member

    Messages:
    34
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    tengkiu bozz, tinta printer yang deskjet atau yang tonner? guw di rumah punya yang deskjet hp. sekali lagi tengkiu
     
  7. deddyes

    deddyes Well-Known Member

    Messages:
    309
    Likes Received:
    714
    Trophy Points:
    103

    Pake Printer Laser, kertasnya bisa pake kertas bekas sticker yang berwarna kuning/putih, atau kalau lagi banyak duit beli kertas transfer PCB BluPrint biar lebih bagus hasilnya, tapi pake bekas sticker juga kalau dah mahir OK ko hasilnya. gambar diprint pada permukaan yang licinnya, truz tinggal disetrika deh, abiz itu dilarutin di-FerroChlorida, dibor, pasang komponen, disolder. Jadi deh
     
  8. ucupzzz

    ucupzzz New Member

    Messages:
    16
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Bos.... tiap buat pcb gw makek metode di atas... tapi berhubung gag punya laser... gw ngeprint di HVS biasa... lalu di fotokopi di mika transparan.. dan di setrika...

    tapi kali ini gw bener-bener butuh pakek positiv-20... barang itu di semarang udah gag ada stok.. udah muter sana -sini... kalau ada temen2 yg jual... pliss donk contact me.... PM.... thanks bgt....
     

Share This Page