-Ask- cara ganti joystick hp

Discussion in 'Elektronika Handphone' started by Karismahejo, Jul 3, 2009.

  1. Karismahejo

    Karismahejo Active Member

    Messages:
    399
    Likes Received:
    95
    Trophy Points:
    38
    Buat yg sdh trbiasa mungkin simpel dan ringan..tp sangat berharga buat nubi spt saya..mhn bimbinganya mazter cara ganti/lepas joystik yg benar..
     
  2. gone_bdg

    gone_bdg Super Moderators Super Moderator

    Messages:
    1,859
    Likes Received:
    3,439
    Trophy Points:
    0
    Ga beda dengan ngelepas komponen lainnya.

    Siapkan hotair pada suhu maximal dengan tiupan angin sedang
    Berikan flux secukupnya pada kaki2x komponen yg akan dilepas
    Panaskan kaki2x komponen yang akan dilepas secara merata
    Setelah -/+ 30detik lalu coba goyangkan komponen tsb perlahan dgn pinset
    Jika timah pada kaki2x komponen sudah mencair dengan merata maka komponen dapat kita cabut dgn mudah

    Apabila timah pada kaki2x komponen sulit mencair sehingga komponen sulit dicabut, gunakan dahulu solderwire dan solderwick untuk mengangkat timah di setiap kaki komponen joystick hingga timah pada setiap kaki joystick tinggal sedikit atau bahkan kakinya telah terlepas dari pad pwb

    INTINYA (UNTUK PENGGANTIAN KOMPONEN):
    LEBIH BAIK KOMPONEN YANG KITA CABUT YG RUSAK, DARIPADA PERMUKAAN PWB ATAU PAD KAKI KOMPONEN YG RUSAK !
    JANGAN MEMAKSAKAN MENCABUT KOMPONEN YANG TIMAH PADA KAKI2x-NYA BELUM MENCAIR DGN MERATA, LEBIH BAIK ISTIRAHAT SEBENTAR LALU PANASKAN ULANG (2-3x jalan) !
     
    samyukku, Mamacell, hanselian and 2 others like this.
  3. satria83

    satria83 New Member

    Messages:
    141
    Likes Received:
    64
    Trophy Points:
    0
    wah oke banget keteranganya.
    aku tinggal praktekin nih
     
  4. Karismahejo

    Karismahejo Active Member

    Messages:
    399
    Likes Received:
    95
    Trophy Points:
    38
    Weh bozgone kluar juga akhirnya...mantaf bgt boz..ak prnah ngangkt joystik j300i salahny PAKE SOLDER BIASA ples pinset wt congkel2..joystikny memang keangkat bahkan ga rusak sma skali tp PCBNYA YANG KEANGKAT dah gt pas djumper2 trnyata psisi naik+kanan ga jln..liat2 skema trnyata jalurny lgsung msuk ke ic keypad..ya dah pasrah..di hold dulu ampe skrang...hikz *jd curhat
     
  5. dranime

    dranime Active Member

    Messages:
    93
    Likes Received:
    30
    Trophy Points:
    28
    biar tambah rame nih.....

    kalo komponen susah di lepas (masih bawaan pabrik), tambain aja timah di kaki2 komponen.
    untuk memancing timah bawaan pabrik agar lebih cepat mencair dan mempercepat proses penggantian komponen.
    soalnya timah bawaan pabrik agak keras dan membutuhkan waktu lama untuk mencairkannya.

    ==== SEMOGA BERMANFAAT====
     
    samyukku, hanselian and hendra41 like this.
  6. LHOETZ

    LHOETZ New Member

    Messages:
    38
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    0
    Betul booss, lebih baik kalah komponen yg ancur ketimbang board nya tambah berabe,
     
  7. reyre.computer

    reyre.computer New Member

    Messages:
    143
    Likes Received:
    142
    Trophy Points:
    0
    Gw setuju banget bro...Dan hal itulah yang sering saya lakukan.
     
  8. dhenmas

    dhenmas Member

    Messages:
    67
    Likes Received:
    17
    Trophy Points:
    18
    pengalaman kemarin...gara gara keburu buru ngangkat,kaki PWBNYA LEPAS 3,,,kpaksa jumper sana sini.
     
  9. lembayung pd

    lembayung pd New Member

    Messages:
    14
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    0
    Mendingan re-soldering dl kaki2 joy stick....biar timah lama jadi empuuuuk.jd pas ganti pk blower ga bth waktu lama buat manasin-nya.aman
     
  10. crown777

    crown777 New Member

    Messages:
    22
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    0
    ijin simak ya, info2 disini selalu menarik
     
  11. ahmed nawai

    ahmed nawai New Member

    Messages:
    70
    Likes Received:
    36
    Trophy Points:
    0
    ya setu sama boz gone sy dah coba ber x 2 untuk nokia n sony banyak sukses tapi sebelumnya boleh di tambain langkah ini
    Mendingan re-soldering dl kaki2 joy stick....biar timah lama jadi empuuuuk.jd pas ganti pk blower ga bth waktu lama buat manasin-nya.aman:thumb::thumb::thumb::thumb::thumb:
     
  12. iyankyasser

    iyankyasser New Member

    Messages:
    149
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    0
    wah klo untuk sony er kdg2 ada yg posisi joysticknya dibalik posisi ic2 yg rawan kdg2 agak ragu2 ngangkatnya
     
  13. cheng

    cheng Moderator Moderator

    Messages:
    370
    Likes Received:
    2,210
    Trophy Points:
    0
    untuk Joystick yang bandel kadang jalan kadang gak ato cuman tombol tengah aja yang berfungsi, yang kiri kanan atas bawah gak jalan.... Jangan cepat mengambil kesimpulan joystick diganti baru. Coba Trik ini :

    1. Bongkar HP terutama LCDnya harus dilepas
    2. Semprotkan Cairan Contact Cleaner Lubrican ( WD-40 dan sejenisnya )
    3. Goyangkan joysticknya kiri-kanan-atas-bawah dan tengah (masing2 10 kali)
    4. Ulangi poin 2 dan 3 sekali lagi.
    5. Bersihkan bekas cairan tersebut.
    6. Pasang kembali......

    80 persen berhasil dari cara diatas..... sisanya dikarenakan kaki yg didalam joystik rusak, tangkai joystik patah, jalur putus...

    Maaf.....Hanya berbagi pengalaman....:)
     
  14. elektiga

    elektiga New Member

    Messages:
    9
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    0
    saya baru aja pasang joystick se k510i yg dah dijumper seluruh kakinya krn lepas semua dari pad pwb nya. beneran, pusing bgt dibuatnya..
     
  15. m@stercool354

    m@stercool354 Member

    Messages:
    23
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    13
    Wooo gitu toh cara yang benar, biasanya sih saya pakai pisau hoby untuk ngikis timahnya plus solder.
    thanx ilmunya Bozz :clap::clap::clap:
     
  16. hanselian

    hanselian New Member

    Messages:
    10
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Mantafff sharing ilmunya bosss...
     
  17. andy laras

    andy laras New Member

    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    kalo kita panasin tapi ngak copot juga dai pcb ny, karena takut kena yg lainnya alias mati gitu,....biasany sih saya cabut dahulu penutup joystik (maksud saya dicongkel dulu kaleng joysticny) setelah lepas skalian sama batang joystikny....... baru saya panasin lagi alhasil ngak pake waktu lama tuh sisany copot dr PCB,........maaf......cuma bagi kebiassaan...kwkwkwkwk
     
  18. cheng

    cheng Moderator Moderator

    Messages:
    370
    Likes Received:
    2,210
    Trophy Points:
    0

    Tul...Bos...:).. cuman hati2 nyongkel kaleng penutupnya..... tekan bagian atas joystik..congkel keempat kaki kaleng yg melengkung kebawah (congkel dari sisi kiri/kanan.... jangan dari bawah). kemudian lelehkan plastiknya pake blower / solderan biasa juga bisa.
     
  19. bonic

    bonic New Member

    Messages:
    7
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    0
    mantaf, ilmu baru bt kami yang newbie
     

Share This Page