Huawei Penjarakan Pelaku Unlock Ponsel Esia

Discussion in 'Huawei CDMA' started by drcom™, Jul 17, 2009.

  1. drcom™

    drcom™ Moderator Moderator

    Messages:
    699
    Likes Received:
    3,757
    Trophy Points:
    103
    Huawei Penjarakan Pelaku Unlock Ponsel Esia

    Jakarta
    - Huawei geram. Perangkat ponsel miliknya yang di-bundling dan dipasarkan satu paket bersama kartu perdana Esia milik operator Bakrie Telecom, banyak ditemukan telah menjadi korban unlocking.

    Alhasil, lewat kuasa hukumnya, produsen ponsel asal China ini melaporkan kasus unlocking yang dideritanya ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

    Supriyadi, konsultan hukum Huawei dari Kantor Hukum Supriyadi Devianty & Rekan, menuturkan, kliennya telah mengambil upaya hukum pidana terhadap pelaku unlock dan pengedar barang yang melanggar hak cipta tersebut.

    Meski tak mau menyebutkan pelaku pelanggar hak cipta tersebut, ia menegaskan, pelaku telah dijatuhkan hukuman yang cukup berat. "Dengan adanya praktik unlocking, jelas menimbulkan kerugian bagi klien kami," ujarnya lewat surat elektronik yang diterima detikINET, Selasa (3/2/2009).

    Disebutkan, dalam Putusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Nomor 814/Pid.B/2008/PN.JKT.PST, terdakwa dinyatakan bersalah oleh pengadilan karena melakukan tindak pidana hak cipta. Dan oleh karenanya, terdakwa dijatuhi hukuman pidana penjara selama satu tahun enam bulan, serta hukuman membayar denda sebanyak Rp 1,5 juta.

    Putusan tersebut kemudian diperkuat oleh Putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta No. 210/PID/2008/PT.DKI pada 21 Agustus 2008. "Putusan tersebut telah mempunyai kekuatan hukum tetap," tegas Supriyadi.

    Unlock ponsel mungkin bisa didefinisikan sebagai praktik rekayasa software ataupun firmware suatu ponsel agar bisa digunakan untuk layanan operator lain, meski sejatinya ponsel tersebut sudah dikunci untuk digunakan oleh layanan operator tertentu.

    Huawei mengklaim telah menemukan kasus unlocking ini sejak beberapa waktu lalu. Meski demikian, langkah persuasif untuk pencegahan yang dilakukan vendor ponsel ini jua tak berhasil mencegah praktik unlock tersebut.

    "Klien kami melihat maraknya praktik unlocking terhadap produk ponsel Huawei di sentra-sentra penjualan ponsel di Indonesia. Ini merupakan tindakan pelanggaran hak cipta," keluh Supriyadi.

    Kasus unlocking yang diderita Huawei dan Bakrie Telecom, bukan kali ini saja terjadi di Indonesia. Mobile-8 Telecom, selaku operator pertama yang menawarkan program bundling ponsel murah, sekitar lima tahun lalu, juga mengalami hal serupa.

    Namun, sayangnya, upaya hukum operator seluler Fren yang waktu itu kesohor dengan tagline pemasaran "Hari gini gak punya handphone", gagal menghentikan laju praktik unlocking. Alasannya, karena dianggap menyalahi dan membatasi hak konsumen.

    sumber : detikInet : situs warta era digital | Huawei Penjarakan Pelaku Unlock Ponsel Esia
     
    Hsiang likes this.
  2. drcom™

    drcom™ Moderator Moderator

    Messages:
    699
    Likes Received:
    3,757
    Trophy Points:
    103
    aduh.. salah kamar nih.. harusnya berada di out of topic
    maap pak momod... pindahin dong bos.. plz


    salam,teknisibandung.
     
  3. kaban

    kaban New Member

    Messages:
    9
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    :crazy: kayak'y ngga ada hubungan lagi boss
     
  4. day2x

    day2x New Member

    Messages:
    16
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    0
    warga sidoarjo belum unlock huawei aja dah tertangkap lumpur.:focus:
     
  5. Namakoe

    Namakoe New Member

    Messages:
    9
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    0
    biza aja :tape:
     
  6. thatha

    thatha New Member

    Messages:
    30
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    0
    kalo yang unlock d tangkap n kena denda...lumayan buat nalangin korban lumpur LAPINDO x ya??? xixixixixixixi...
     
  7. fhe

    fhe New Member

    Messages:
    41
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    0
    barang yg sudah di beli adalah hak kebebasan pemilik kira2 benar ga yah...
     
    sanipz likes this.
  8. otet5351

    otet5351 New Member

    Messages:
    46
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    0
    tul...?:rock::rock::rock::rock:
     
  9. samnawi

    samnawi Moderator Moderator

    Messages:
    1,148
    Likes Received:
    2,164
    Trophy Points:
    123
    Ada terkecualiannya, "Selaian karyawan dilarang Unlock"
    Wkwkwkwkwkwkwkwk :cell:
     
  10. diduts

    diduts New Member

    Messages:
    71
    Likes Received:
    31
    Trophy Points:
    0
    Salahnya pake dilock segala coba kalo gak dilock mesti gk ada tuh UNLOCK² lagi... :flame::flame::flame:
     
    sanipz likes this.
  11. fhe

    fhe New Member

    Messages:
    41
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    0
    coba ga di unlock ga bakal di colok2.. Hi,hi,hi...
     
  12. NurJaya

    NurJaya New Member

    Messages:
    215
    Likes Received:
    439
    Trophy Points:
    0
    masih mendingan huawei yang kita unlock' coba kalo istri / rumah orang yang di unlok.


    sedangkan huawei yang unlock mutlak sudah di beli

    mau di unlock, mau di martil, mau di lempar, apalagi mau ganti kartu

    urusan pemilik, kalo begitu caranya pihak bakrie jangan di jual tuh hp

    inpentariskan saja sama masyarakat indonesia, jadi kalo sudah tidak pake

    di kembalikan ke bakrie.

    Kalo kita melihat dari segi hak cipta, didunia ini tidak ada yg sempurna

    buktinya huawei allaaaahhhhhhhh.... Namanya juga software ada softwarenya.

    Yang di tangkap oleh bakrie itu mustinya bukan pelaku unlock, pabrik huawei

    harusnya, kenapa lock nya bisa di unlock, payaaaahhhhhhhhh.......

    Aaahhhhhh dunia ini memang sandiwara polisi ko nangkap koruptor susah

    yang ngambil buah kakao 3 biji ko di penjara binun.....binun.......binun.......

    Haa........ Haa........
     
    sanipz likes this.
  13. dodok timoritel

    dodok timoritel New Member

    Messages:
    9
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    0
  14. rosadtea

    rosadtea New Member

    Messages:
    177
    Likes Received:
    81
    Trophy Points:
    0
    tp memang kayanya hp Esia memang mantep buat di unlock
    Battery na itu loh awettttt

    [​IMG]
     
  15. sanipz

    sanipz New Member

    Messages:
    125
    Likes Received:
    142
    Trophy Points:
    0
    yo'''iiiii setuju bangget bosss mantappppppppsssssssssss:pound::pound::pound::clap::clap::rock:
     
  16. pangeran

    pangeran New Member

    Messages:
    39
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    0
    masih mending kalau hapenya yang di unlock... kalau perusahaannya cemmana pulak...?

    heran awak undang2 hak ciptanya itu... cocoknya undang2nya itu diberlakukan bagi konsumen yang minjem hp sama bakrie...
    kalau yang beli yah terserah konsumennya... apa ada undang2 yang mengatur hak konsumen terhadap barang yang ia beli?
     
  17. NurJaya

    NurJaya New Member

    Messages:
    215
    Likes Received:
    439
    Trophy Points:
    0



    Ada boss.... ""Undang - Undang Garansi"' Tapi tetep itu ini akhir nya masuk conter juga ha....haa.....haaa....
     

Share This Page