Bagaimana caranya mengganti ic yg di lem tanpa putus jalur pcb?

Discussion in 'DCT-4' started by rozibachtiar, Sep 3, 2009.

  1. rozibachtiar

    rozibachtiar New Member

    Messages:
    4
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    0
    Bagaimana caranya mengganti ic yg di lem tanpa putus jalur pcb?
     
  2. raracell

    raracell New Member

    Messages:
    179
    Likes Received:
    150
    Trophy Points:
    0
    1.kase fluk yg banyak jangan sampe kering
    2. sabar
    3. sabar
    4. sabar
     
  3. apollos

    apollos Well-Known Member Super Member

    Messages:
    904
    Likes Received:
    1,064
    Trophy Points:
    103
    Tergantung kesabaran, keuletan, skil, dukungan alat juga sangat berpengaruh.
    kayanya di forum ini ada video nya, coba cari-cari aja dulu bro :thumb:
     
  4. kimung

    kimung New Member

    Messages:
    55
    Likes Received:
    20
    Trophy Points:
    0
    waduh itu ic yg dlem hrs xtra sabar, dikit masukan klo ic dah copot lemny dbersihin jgn pk solder ntar jalurny ambrol cukup dpanasin 'n korek pk pinset jgn lp fluk banyakan...selamat berjuang, sabar.....
     
  5. ma_hendra_ok

    ma_hendra_ok New Member

    Messages:
    71
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    0
    coba pakai siongka (nama lain nya flux cair x ya..!)
    siongka ada 2 macem warna kuning n putih kemaren cobanya pakai yang warna kuning wal hasil IC yang di lem lepas tanpa ada paksaan... tested 1000%
     
  6. tansill

    tansill Active Member

    Messages:
    357
    Likes Received:
    99
    Trophy Points:
    38
    tergantung amal dan perbuatannya yang punya hp, kalo baik pasti sukses, kalo gak yah di lembiru deh tuh hp :D:D:D

    pake 2 pemanas sekaligus, 1 yang panasin dari bawah, yang kedua yah seperti biasa dari atas, jangan lupa flux
     
  7. dyan

    dyan Active Member

    Messages:
    128
    Likes Received:
    78
    Trophy Points:
    38
    :flame: yang pasti harus sabar BRO !!!!:flame:
     
  8. sadermo

    sadermo Super Moderators Super Moderator

    Messages:
    2,086
    Likes Received:
    2,110
    Trophy Points:
    123
    yap se7,,dalam dunia servis hp,,harus SABAR,,ULET,,JELI,,karna dunia hadwere penuh misteri juga trik,,wekeke
    :D:D:D:D
     
  9. rozibachtiar

    rozibachtiar New Member

    Messages:
    4
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    0
    Bos Orion tolong dong bagi trik nya "Bagaimana caranya mengganti ic yg di lem tanpa putus jalur pcb?"Dan terima kasih banyak untuk kawan2 yg sudah memberi saran :thumb:
     
  10. dj.orion

    dj.orion Super Moderators Super Moderator

    Messages:
    3,109
    Likes Received:
    5,147
    Trophy Points:
    123
    Masing2 teknisi memakai cara'e tersendiri xg menurut pribadi itu xg terbaik n teraman :D..
    Gx perlu byk alat2 canggih juga bisa :D..

    Maaf.!!! Gx ada preview video :sorry:..

    Siapin pisau bedah :D.. xg tipis buat congkel
    Blower dg suhu diatas rata2 xg kita pke sehari2 buat angkat/pasang IC, misal'e standart pemakaian'e 375*,.. bisa dinaikin menjadi 425-450*.

    Lapisin permukaan board termasuk IC lain2 dg tissu basah utk mencegah board mengelembung akibat suhu dlm waktu xg berlebihan.
    Mulai blowing IC sambil diputar2 dg jarak xg serendah mungkin (-+ 1/2cm), setelah terasa cukup panas gunakan solder runcing utk mengikis keempat sisi tepi2 IC xg dilem sampai keliatan sedikit menjorok ke dalam.
    Usahakan pengikisan'e jgn sampai ke cat or jalur2 pcb.

    Tetesin cairan siongka kuning pd pinggiran xg dikikis, ini xg menurut Gw terbaik, sama hal'e dg bro ma_hendra_ok :)..
    Bagian atas biarkan tetap kering.
    Blowing lagi pd permukaan atas IC sampai merasa (feeling :p..) ball2 timah sdh mencair, gunakan pisau bedah iris sambil dicongkel pelan2 sambil ditetesin kembali bbrp kali siongka ke celah xg terangkat tsb.
    Ulangi terus sampai IC terangkat dr board.
    Selama proses di atas, diharuskan kontinu blowing.. utk menjaga kondisi ball2 timah tetap mencair.
    Bersihkan sisa2 lem di board dg menggunakan solder + siongka beralaskan solder wick, kikis dg satu arah dr bagian tengah ke luar.
    Dg alas solder wick akan lebih mengurangi resiko cat terkelupas, pin xg terangkat dan membuat permukaan sisa lem lebih rata n bersih.

    Sesabar2'e kita mengangkat, kadang2 tetap aja ada pin xg hilang :p.. umum'e xg hilang tuh pin xg gx kepake jika diliat dr schematis.
    Wajar lah... pin xg kepake tsb gx ada dasar or jalur lapisan board xg bisa menahan :)..
     
    Inti_Cell, ahmed nawai and capolista like this.
  11. skylies

    skylies New Member

    Messages:
    6
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    0
    TOP PENJELASANNYA...:clap:
     
  12. wind geminy

    wind geminy Member

    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    11
    mantap boss
     
  13. Setia_One

    Setia_One Jalmi Alit tea Super Moderator

    Messages:
    2,149
    Likes Received:
    11,232
    Trophy Points:
    123
  14. hermanto gama putra

    hermanto gama putra New Member

    Messages:
    27
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    0
    trims atas share nya.....sangat membantu.....:thumb::thumb::thumb::thumb::thumb::tea::tea::tea::tea::tea::tea:
     
  15. ednietoz

    ednietoz New Member

    Messages:
    274
    Likes Received:
    86
    Trophy Points:
    0
    Saya tambahin dikit boleh gak bapake bos?!..saya biasa pake lobang blower yg paling besar,tangan harus mantap dan stabil dalam proses pengkikisan lem,pisau dipegang pake dua tangan,jadi saat pengikisan bisa mantep dan penuh perhitungan,lha blowes siapa yg megangin? Blower saya cantolin pake holder mik buat halo2 tes 1 2 3...yg dimodif pake leher bekas lampu duduk,jadi blower bisa diposisikan sesuka hati,bawah pcb kasih kapas pake air,dan yg terakhir tambahin satu prinsip "masih lebih baik ic jebol daripada jalur pcb rontok" kalo ic masih bisa beli,kalo pcb rontok? Bisa2 gantiin ntu hp...he he he
     
    ahmed nawai likes this.
  16. Inti_Cell

    Inti_Cell New Member

    Messages:
    398
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    0
    mantaf banget bos...thank bos orion
     
  17. Jaka_kentir

    Jaka_kentir Moderator Moderator

    Messages:
    375
    Likes Received:
    25
    Trophy Points:
    0
    Wah bs nambah pengalaman nich, ané pernah gagal dgn se w200. Yg punya masukan laen ,nambah donk.
     

Share This Page