(ask)Frek 77Mhz

Discussion in 'Elektronika Umum' started by m4d4, Sep 10, 2009.

  1. m4d4

    m4d4 Well-Known Member

    Messages:
    374
    Likes Received:
    126
    Trophy Points:
    53
    kemaren, q maen kerumah temen....lah q liat radio yang agak anaeh bwtq....di saluran FM tertera Frekuensi 77Mhz-108Mhz....berbeda dengan radio Fm biasanya yang range frek hanya di 87,5Mhz-108Mhz....nah pertanyaanq,apa di indonesia Frekuensi 77Mhz di pake???trus peraturan apa yang mengatur di indonesia????tolong bagi temen2 yang tau share....penasaran bgt nih...
     
  2. mamuk

    mamuk Well-Known Member Super Member

    Messages:
    995
    Likes Received:
    1,384
    Trophy Points:
    103
    Mungkin itu radio di bawa dari LN bos aku juga pernh nemuin radio kaya gitu malah frekuensi tertingginya 89mhz, trus aq rubah ke frek.88-108. klu soal peraturan aku tdk tau,bisanya frek di bawah 88 mhz klu di tempat saya di pakai radio amatir untuk komuikasi ilegal
     
    m4d4 likes this.
  3. beni_joss

    beni_joss New Member

    Messages:
    307
    Likes Received:
    131
    Trophy Points:
    0
    temen ku jg pernah punya car radio yg dari LN(jepang) frek tertinggi jg sktr 90MHz,
    tuk penggunaan frekuensi emg udah di atur oleh bapostel(cmiiw) jadi da di bikin kanal2 terkelompok.misal tuk gsm adalah frekuensi sekian MHz ampek sekian MHz,dll
    tp emg ada yg blum tercover oleh peraturan bapostel tsb yg biasanya di manfaatkan oleh para hacker dan orang-orang pintar yg lain tuk kepentingan bersama tanpa ijin ke pemerintah yg emg biasanya ruwet.
    coba aja googling tentang pemikiran2 dan teknologi yg dikembangkan oleh pak ONO PURBO(yth)
     
    m4d4 likes this.
  4. m4d4

    m4d4 Well-Known Member

    Messages:
    374
    Likes Received:
    126
    Trophy Points:
    53
    thx inponya....radio yang ku temuin tuh frekuensinya dari 77Mhz hingga 108Mhz.....pa radio amatir yang bekerja di frekuensi 77Mhz-87Mhz kena pasal y????tolong yang punya referensi....cz q googling agak sulit dapetinya.....penasran bwgt.....:thumb:
     
  5. beni_joss

    beni_joss New Member

    Messages:
    307
    Likes Received:
    131
    Trophy Points:
    0
    Q pernah baca link tentang pembagian frekuensi di indo tp lupa dimana..coba ntar tak bantu googling


    ====>sekedar tambahan di q copas dari OKEZ*NE

    YOGYAKARTA - Balai Monitoring (Balmon) Spektrum Frekuensi Radio dan Orbit Satelit Kelas II Yogyakarta memperingatkan semua pihak agar tidak sembarangan menggunakan frekuensi udara. Dikhawatirkan, penggunaan frekuensi secara sembarangan dapat mengganggu navigasi penerbangan.

    Kepala Balmon Mashuri Gustriyono mengaku, kesadaran masyarakat dalam menggunakan frekuensi secara legal masih rendah. Apalagi masyarakat yang secara resmi mengajukan izin penggunaan frekuensi ke Balmon juga masih rendah. "Contohnya saja penggunaan handy talky (HT)," kata Mashuri saat dihubungi, Senin (24/12/2007).

    Menurut Mashuri, sebagian besar masyarakat masih menganggap penggunaan frekuensi seperti HT tak perlu melalui izin. "Hal ini yang harus kita sadarkan dengan sosialisasi ke bawah. Sebab pengguna frekuensi yang nyelonong seperti itu bisa-bisa menduduki frekuensi tertentu, dan berpotensi mengganggu navigasi penerbangan. Itu berbahaya," jelasnya.

    Selama ini menurut Mashuri, penggunaan frekuensi terkadang dianggap sepele, kendati bisa berakibat serius. Mashuri menyoroti penggunaan HT cukup populer belakangan ini, terutama di kalangan penjual pulsa ponsel. Menurut Mashuri banyak penjual pulsa ponsel elektronik menggunakan HT upline penyedia pulsanya.

    Alasan yang sering dikemukakan penjual pulsa ponsel karena HT dinilai mudah penggunannya, murah serta lebih efisien. "Jelas dalam kasus ini penggunaan frekuensi HT tidak berizin. Takutnya jika penggunaan frekuensi nyelonong bisa mengganggu navigasi penerbangan," ulang Mashuri.

    Pria kelahiran Pajeksan Yogyakarta tersebut mengungkapkan, selain sosialisasi tentang izin penggunaan frekuensi, Balmon juga melakukan upaya penertiban dengan acuan hukum UU 36/1999 tentang Telokomunikasi, UU 32/2004 tentang Pemerintahan Daerah dan PP 38/2007 tentang Pembagian Urusan Pusat, Provinsi, Kabupaten, dan Kota.

    Menurutnya, sesuai PP 38/2007 pengaturan frekuensi menjadi kewenangan pusat. Frekuensi merupakan sumber daya yang terbatas. Dan sebagai wilayah yang masuk ranah publik, penggunaan frekuensi dikenakan ketentuan penerimaan negara bukan pajak (PNBP), berdasarkan aturan UU 20/1997.

    Seperti diketahui, baru-baru ini Balmon telah melakukan tindak penertiban dengan mematikan pancaran siaran Nusa TV yang belakangan sudah melakukan uji mengudara di wilayah DIY. Pancaran Nusa TV dimatikan oleh Balmon karena stasiun televisi swasta yang beralamat di Jalan Laksda Adisutjipto Yogyakarta tersebut menduduki kanal 44 secara illegal.

    Menurut Mashuri, jika kasus Nusa TV bakal masuk proses hukum dan berlanjut ke pengadilan dan pelakunya diancam hukuman penjara maksimal empat tahun dan denda Rp400 juta sesuai pasal 33 UU 36/1999.

    Sementara itu kalangan penjual pulsa handphone yang sering menggunakan fasilitas HT untuk berkomunikasi dengan penyedia pulsa elektroniknya mengaku tidak tahu jika penggunaan HT harus melalui izin. "Ya kami tidak tahu kalau harus begitu. Toh selama ini juga tidak apa-apa. Dan HT sendiri murah dan mudah pemakaiannya," terang Erlangga, penjual pulsa ponsel di Yogyakarta.
     
    m4d4 likes this.
  6. m4d4

    m4d4 Well-Known Member

    Messages:
    374
    Likes Received:
    126
    Trophy Points:
    53
    Thx bgt bantuanya....:thumb:
     

Share This Page