konsultasi HIV/AIDS gratis

Discussion in 'Others Promotion' started by Lieke, Sep 15, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Lieke

    Lieke New Member

    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    “VCT (Tes HIV) Online” di www.mautau.com

    Dalam rangka Hari AIDS Sedunia (HAS), Yayasan KAPETA memperkenalkan Program VCT Online, interaktif, bernama KonTes HIV MAUTAU, yang dimaksudkan untuk mengurangi dampak negatif stigma pada upaya pecegahan HIV, sehingga lebih banyak orang bisa mengetahui status HIVnya tanpa harus menanggung rasa “malu”. Hal ini dilakukan dalam rangka upaya memutuskan mata rantai penularan HIV.

    Untuk pertama kalinya di dunia, konsultasi dalam rangka Tes HIV – dikenal dengan istilah VCT (Voluntary Counseling and Testing) - dapat dilakukan secara online melalui chatting tertutup dengan konselor yang bersertifikasi dari DepKes. Sebetulnya, istilah “VCT Online” hanya untuk mempermudah pengertian tentang ide inovatif itu karena yang bersifat “online” hanya konseling dalam rangka tes HIV, yaitu pre-tes maupun pasca-tes, sedangkan tes itu sendiri dilakukan dengan cara biasa, yaitu melalui tes darah di laboratorium.

    Seperti diketahui, stigma erat kaitannya dengan ketidaktahuan masyarakat tentang penyakit HIV/AIDS. Akibat stigma, orang yang ingin mengetahui status HIVnya seringkali malu atau takut melakukan VCT karena enggan bertatap muka dengan konselor, dan yang positif HIV sering tidak mengungkapkan statusnya kepada pasangannya, sehingga mata rantai penularan terus berlanjut. Menurut hasil “fact finding” Yayasan Kapeta, sebagian masyarakat enggan datang ke tempat-tempat VCT biasa karena “takut disangka ODHA padahal belum tentu positif”. Rasa takut akibat stigma itu rupanya jauh lebih besar daripada rasa ingin tahunya tentang status HIVnya.

    Dewasa ini, laju epidemi HIV di Indonesia merupakan yang tercepat di Asia Tenggara. Menurut Komisi Penanggulangan AIDS (KPA), walaupun telah dilakukan berbagai macam upaya pencegahan, jumlah masyarakat Indonesia yang telah terjangkau maupun yang mengetahui status HIVnya masih tergolong rendah. Kasus HIV diperkirakan bisa mencapai 400.000 di tahun 2010, tetapi kasus kumulatif yang dilaporkan sampai bulan Juni lalu oleh Depkes masih kurang dari 18.000. Apapun alasannya, tentunya stigma juga berperan besar dalam kesenjangan tersebut. Maka Program MAUTAU dilahirkan untuk melawan stigma tersebut.

    Ujicoba Program MAUTAU akan dimulai pada 8 Desember 2008 dengan membuka pendaftaran bagi peserta dari DKI Jakarta, di mana prevalensi HIV saat ini merupakan yang tertinggi kedua di Indonesia setelah Papua. Untuk keperluan ini, Yayasan Kapeta telah menjalin kerjasama dengan laboratorium melalui Yayasan Yakita, klinik CST (care, support, treatment) yang akan memberikan pelayanan pengobatan dan kelompok-kelompok pendukung sebaya (KDS) di DKI Jakarta. Yayasan Kapeta juga sedang menjajaki untuk memperluas layanan sosianya ke Jawa Barat terutama kota Bandung, seperti kita ketahui bersama kota bandung adalah kota pelajar dan kota Bandung juga ikut menyumbang data penularan Hiv/aids terbanyak di Jawa Barat.

    Program MAUTAU bersifat anonim dan rahasia – para peserta tidak perlu mengungkapkan jati dirinya ketika mendaftarkan diri di website MAUTAU untuk mengikuti program VCT Online ini. Jika ujicoba prototype Program MAUTAU banyak diminati, maka akan diperluas ke kota-kota besar lainnya di Indonesia. Dengan hadirnya Program MAUTAU untuk melengkapi pelayanan VCT “tradisional” yang sudah ada, diharapkan dapat terwujud respon nasional yang lebih efektif dalam rangka penanggulangan HIV-AIDS di Indonesia.


    Untuk informasi selanjutnya:
    Eriza Triono
    Konselor MAUTAU
    021-71473526 / 081388050768
    eriza_triono@yahoo.com


    Dear moderator dan super moderator,

    Posting di atas ini bukan beriklan, hal ini sangat berguna untuk semua member forum untuk dilayani dengan konsultasi dalam rangka Tes HIV sehingga semua member forum dapat mengetahui status HIV serta penyakit HIV bisa diatasi oleh yayasan tersebut. Untuk itu link websitenya juga sangat berguna bagi member forum dengan tujuannya untuk bisa mendapat pengetahuan yang telah diberikan oleh yayasan berupa membahas seputar HIV/AIDS, seputar kondom, seputar VCT, dsb.

    Berhubungan hal ini, tolong jangan didelete post ini karena masyarakat yang belum mengerti apa itu HIV/AIDS, sehingga membutuhkan informasi yang akurat dan tepat.

    Dan saya juga minta tolong kepada moderator untuk membuat sticky post ini agar saya mudah ingat sehingga tidak perlu melakukan posting ulang.

    Dengan demikian, saya mengucapkan terima kasih kepada moderator dan super moderator, dan harap dimaklumi.


    Dear Member Forum,
    Jika anda mau bertanya, silakan tanyakan di forum ini, saya siap membantu untuk menjawab pertanyaan anda.

    Terima Kasih,

    Lieke Alfana
    Tim MAUTAU
    liekealfana@yahoo.com / mautau_marketing@yahoo.com
     
  2. Dhillagila

    Dhillagila New Member

    Messages:
    587
    Likes Received:
    88
    Trophy Points:
    0
    Mmm...Bgs juga postingan na :thumb::thumb:
    VCT online cma tanya jwb aja via chat y?
    Jdi pngn tw gmn crax mrk bsa mendx org tsb CD4,bsa djelasin gk bro?
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page