Akibat setingan bensin yang boros

Discussion in 'OtoModif' started by deglenx, Oct 2, 2009.

  1. deglenx

    deglenx Active Member

    Messages:
    194
    Likes Received:
    71
    Trophy Points:
    38
    Sudah jadi pemahaman umum, kalau bensin dibikin lebih kaya akan meningkatkan performa. Lihat saja, spuyer diperbesar, seiring knalpot yang sudah diganti free flow. Memang benar, tujuannya agar pembakaran makin baik, bukan?
    Tetapi, kalau terlalu banyak bensin, bagaimana akibatnya? Sekarang, kalau mencuci peranti mesin yang akan dihilangkan olinya pakai apa? Nah, ketika kondisi mesin sudah terlalu kaya campuran bahan bakarnya, maka bensin akan terlalu banyak masuk ke dalam ruang bakar. Maksudnya?
    Jadi, dalam pengoperasiannya, mesin pun membutuhkan pelumas, pada mesin terdapat ring piston yagn terdiri dari ring kompresi danring oli. Nah ring oli ini berfungsi mengarahkan oli ke liner alias boring. Tujuannya, agar terjadi pelumasan dan gesekan pun berkurang, alhasil mesin lancar bekerja.
    Sekarang, kalau bensin terlalu kaya, tentu isi silinder seperti dicuci, bukan? Walaupun memang pada waktu terjadipembakaran bensin akan terbakar dan sisa pembakarannya akan terbuang sebagai asap.

    Tetapi apa yang terjadi pada dinding liner yang pelumasannya terganggu? Tentu akan berkurang efek pelumasannya, karena olinya sudah tercuci. Namun yang lebih berefek jelek adalah saat bensin terlalu kaya tersebut merembes melalui dinding piston danmasuk ke dalam bak oli.
    Kualitas oli akan terganggu, bukan? Karena bensinnya akan mengontaminasi ol.
    Hal lain yang sering dilakukan adalah mengganti spuyer dengan ukuran lebih besar Memang campuran kaya ini memberikan efek pembakaran lebih sempurna, tentu setelah didukung dengan sistem pengapian serta peranti lain yang mendukung.
    Jika masih dalam kondisi standar tentu akan terlalu banyak. Ada lagi kasus yang kerap terjadi, yaitu saat masih pagi, dengan settingan spuyer sudah diperbesar,Wah jelas makin banjir,
    Akibatnya ya itu tadi, kualitas oli akan berkurang, karena sudah tercemar oleh bensin yang merembes. Efeknya malah bisa bikin berabe, karena pelumasan pun akan terganggu, sehingga komponen-komponen lain akan cepat rusak.
     
  2. N8250

    N8250 Super Moderators Super Moderator

    Messages:
    1,435
    Likes Received:
    847
    Trophy Points:
    123
    Ga mudeng gw bos...

    bisa lebih gamblang lg ga..maksud nya "Bensin Kaya" itu apaan yah.? gw buta bgt di mesin..

    biar bensin motor jadi lebih hemat, misal sampai 50% gimana caranya..trus suara motor juga ga ribut.

    motor gw Jupiter MX CW, setingan masih standard..maksud gw bensin nya bisa di buat lbh hemat lg ga.
     
  3. Triple_X

    Triple_X New Member

    Messages:
    1,640
    Likes Received:
    758
    Trophy Points:
    0
    maksud ts tuh resiko dari bensin boros brur..klu mx suara mesin berisik wajar dunk...
     
  4. purwanto

    purwanto New Member Super Member

    Messages:
    1,997
    Likes Received:
    4,255
    Trophy Points:
    0
    nice info, kalo teori hemat bbm yang pake alat semacam magnetik itu gimana prosesnya bro?
     
  5. deglenx

    deglenx Active Member

    Messages:
    194
    Likes Received:
    71
    Trophy Points:
    38
    Unsur kimia bensin yaitu iso oktan (C8H18) dan n-pentana (C5H12). Medan magnet mempengaruhi kandungan karbon (C) dan hidrogen (H) dalam bensin. Hingga bisa memaksimalkan proses pembakaran dan mengurangi kadar CO2.
    Tapi,Perlu diperhatikan juga cara pasangnya. Ada beberapa syarat yang harus dilakukan supaya medan magnet berpengaruh terhadap aliran bahan bakar di slang bensin. Pertama, slang bahan bakar harus terbuat dari bahan non metal.


    Selanjutnya posisi pemasangan juga harus diperhatikan. Jangan dipasang melintang. Bisa ditempatkan di luar slang.Abaikan keduakutubnya, atur magnet secara sejajar dengan slang bahan bakar.


    Terakhir, supaya tetap bisa bekerja mempengaruhi senyawa bensin. Jauhkan dari benda lain yang juga mengandung magnet.


    kok medan magnet berpengaruh buat pembakaran mesin Dengar nih penjelasannya. ibaratkan sekumpulan orang di depan loket mau beli tiket.Bila antri secara rapi tentu pakaian tidak lusuh, badan tidak berkeringat dan cepat memperoleh layanan.


    Begitu juga dengan bahan bakar yang mengalir. Unsur karbon dan hidrogen akan tertata saat melintasi medan magnet yang kita ciptakan. Hingga kedua unsur tidak lagi tercampur.


    Dan,Secara teratur bergantian mengalami proses pembakaran.
     
  6. deglenx

    deglenx Active Member

    Messages:
    194
    Likes Received:
    71
    Trophy Points:
    38
    Bisa pake magnet bekas motor,trus slan bensinya di lingkarkan aja bro. Met coba deh
     
  7. rudifast

    rudifast TALK LESS DO MORE Product Supporter

    Messages:
    1,484
    Likes Received:
    6,025
    Trophy Points:
    0
    mio 2008 dibikin ngirit kira2 bisa gak ya..habis mau dijual sayang,habis nyaman naikinnya..tinggal gas..:D:D
     
  8. sadermo

    sadermo Super Moderators Super Moderator

    Messages:
    2,086
    Likes Received:
    2,110
    Trophy Points:
    123
    sama bos,,punyaku juga mio des 2008 buooros poll,,gmn ya cara ngirit bensinya,,,blm penah dimodif sama skali,,masih standart pabrik,,tolong dung yg bisa ngasih solusi:frusty::frusty::frusty::crazy::crazy::crazy::crazy:
     
  9. sikebonx

    sikebonx New Member

    Messages:
    333
    Likes Received:
    34
    Trophy Points:
    0
    Begitu byk macem penghemat bbm, dari magnet,hcs,hho,capasitor,dll. Semua itu tak kan berarti kalau tangan dan kaki tidak disekolahin juga. Yg plg utama adalah kebiasaan berkendara dgn baik. Gunakan gigi yg tepat,usahakan gigi yg tinggi untuk jalan lurus dan datar. Tangan jg jgn seneng mbejeg gas mulu atau mendadak krm bbm jd boros. Kalau dah ok,br pake alat bos. Untuk mobil, sisa uap bensin yg menerobos masuk ke panci oli lewat ring piston akan dialirkan lg ke intake via pcv valve. Tp kalau buat motor 4 tak ya disitu2 aja,persis kata bos deglenx.. Gas ini beracun,berbahaya bl dhsap dlm jumlah byk
     
    fypro likes this.

Share This Page