Ciri/Tanda jika akan terjadi gempa bumi

Discussion in 'Out of Topic' started by jimmyas, Oct 6, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. jimmyas

    jimmyas New Member

    Messages:
    118
    Likes Received:
    17
    Trophy Points:
    0
    datangnya gempa bumi memang tidak dapat diprediksi, bahkan BMG sebagai lembaga yang berkompeten tdk dapat menduga atau mengira kapan akan terjadinya gempa dan dimana. meskipun demikian, perlu disadari bahwa gempa bumi merupakan suatu peristiwa alam yang biasa. Peristiwa alam ini tentunya akan memberi efek atau pengaruh terhadap peristiwa alam yang lain. berikut ini adalah beberapa ciri/tanda alam yang menunjukkan kemungkinan terjadi gempa bumi:

    Lihat ke langit
    kalau di langit ada awan yang berbentuk seperti angin tornado/seperti pohon/seperti batang, bentuknya berdiri, itu adalah awan gempa yang biasanya muncul sebelum gempa terjadi. Awan yang berbentuk aneh itu terjadi karena adanya gelombang elektromagnetis berkekuatan hebat dari dasar bumi, sehingga gelombang elektromagnetis tersebut 'menghisap' daya listrik di awan, oleh karena itu bentuk awannya jadi seperti tersedot ke bawah. Gelombang elektromagnetis berkekuatan besar itu sendiri terjadi akibat adanya patahan atau pergeseran lempeng bumi. Tapi kemunculan awan gempa seperti itu di langit tidak selalu berarti akan ada gempa. Bisa saja memang bentuknya seperti itu.

    Coba diuji medan elektromagnetis di dalam rumah
    - Cek siaran TV, apakah ada suara brebet-brebet ataukah tidak
    - Jika terdapat mesin fax, cek apakah lampunya blinking biarpun lagi tidak transmit data
    - Coba minta orang lain mengirim fax ke kita, cek apakah teksnya yang diterima berantakan atau tidak
    - Coba matikan aliran listrik. Cek apakah lampu neon tetap menyala redup/remang- remang biarpun tak ada arus listrik
    Kalo tiba-tiba TV brebet-brebet, lampu fax blinking, padahal sedang tidak transmitting, teks yang kita terima berantakan dan neon tetap menyala biarpun tidak ada arus listrik, itu berarti memang sedang ada gelombang elektromagnetis luar biasa yang sedang terjadi tapi kasat mata dan tidak dapat dirasakan oleh manusia.

    Perhatikan hewan-hewan
    Cek apakah hewan-hewan seperti "menghilang" , lari atau bertingkah laku aneh/gelisah. Insting hewan biasanya tajam dan hewan bisa merasakan gelombang elektromagnetis.

    Air tanah
    Lihat juga apakah air tanah tiba-tiba menjadi surut tidak seperti biasanya.

    Jika empat tanda ini ada atau terlihat dalam waktu bersamaan, segeralah bersiap-siap untuk evakuasi. Empat tanda tersebut kemungkinan besar menunjukkan memang akan ada gempa berkekuatan besar.

    Walaupun demikian, adanya awan gempa yang bentuknya aneh itu, tetap tidak bisa memastikan kapan gempa terjadi.

    Oleh karena itu jangan tunggu-tunggu lagi, sebisa mungkin langsung melakukan tindakan penyelamatan diri untuk menghindari hal-hal yang paling buruk.....

    Kalau skala gempanya besar dan episentrumnya terletak di laut, kita harus selalu aware akan datangnya gelombang tsunami. Tingginya gelombang bisa puluhan meter, bisa juga hanya dua meter. Tapi biarpun hanya dua meter, gelombangnya tidak main-main. Kekuatannya dahsyat (seperti tidak ada habisnya) dan tekanannya bisa mencapai 190 kilogram.

    Beberapa tanda akan terjadi gelombang tsunami adalah laut tiba-tiba menyurut dan burung-burung laut terbang dengan kecepatan tinggi ke arah daratan.

    Dapet dari milis, semoga tidak repost dan berguna buat semua.
     
    .::BLACKLIST::. and beni_joss like this.
  2. re98

    re98 Active Member

    Messages:
    444
    Likes Received:
    89
    Trophy Points:
    38
    Nice share bro...
     
  3. cacha

    cacha New Member

    Messages:
    93
    Likes Received:
    34
    Trophy Points:
    0
    ngeri deh kl ttg gempa....jd takut....:cry::cry:
     
  4. chikacell

    chikacell Member

    Messages:
    90
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    sesungguhnya tak ada tempat tersembunyi di dunia ini dari pandangan ALLAH S.W.T apapun bentuk mahkluk / benda semua
    terlihat olehNYA,apapun bencana yang terjadi di bumi ini adalah kehendakNYA ,tinggal kita mahkluknya bersiap siap untuk hari esok yang tidak terduga.dengan lebih mendekatkan diri pada ALLAH S.W.T. tidak kita pungkiri dan siapa duga hari ini kita sehat besok sakit ,hari ini kita bercengkrama besok berpulang kerahmatullah.garis besarnya tak ada yg abadi di dunia ini.
    dari secara logika kita bisa menjabarkan kehidupan ini berpasangan : laki-laki / perempuan ,kaya / miskin,atas / bawah ,tua / muda,sehat / sakit,hidup / mati ,dunia / akhirat,sudah pasti ada surga / neraka itu adalah ketentuan.kita termasuk yang mana? maka dari itu kita harus perbanyak amal baik /ibadah.
    wawllahu alam bisoab

    maaf klo ada kesalahan semata2 dari saya .yang benar dari ALLAH
     
  5. .::BLACKLIST::.

    .::BLACKLIST::. New Member

    Messages:
    675
    Likes Received:
    731
    Trophy Points:
    0
    Hmmm.......
    Sebenernya ni bukan masalah tentang surga ato neraka, tapi bagaimana manusia melakukan antisipasi pencegahan aja.
    Ya klo mo dipikir tentu aja semua udah kehendak dr yang diatas, tp apa kita hrs diam aja tanpa melakukan sesuatu usaha (dalam arti tidak menentang kehendak yang diatas). Trus bagaimana dengan adanya alat pendeteksi gempa dll, itu kan juga suatu antisipasi pencegahan..
    Barulah jika memang benar2 terjadi itu memang kehendak dr yg diatas tanpa ada sesuatupun yg dpt menghalangi..
    Dan klo mo bicara tentang kehendak yg diatas....
    Perampok, maling dkk itu ga bakalan ada klo bukan kehendak yg diatas, tergantung usha dr diri kita sdr untuk mengendalikan diri ke yg benar :p
    CMIIW :thumb:
     
  6. beni_joss

    beni_joss New Member

    Messages:
    307
    Likes Received:
    131
    Trophy Points:
    0
    nice share bro!usaha itu malah diwajibkan lho.klu da usaha mengantisipasi dg mati-matian tp masih kena jg tu baru harus pasrah...mgkn tuhan dah menghendaki sprt itu.
     
  7. pak poz

    pak poz Well-Known Member

    Messages:
    1,122
    Likes Received:
    124
    Trophy Points:
    73


    good post...
    keep posting my man....:thumb::thumb:
     
  8. jimmyas

    jimmyas New Member

    Messages:
    118
    Likes Received:
    17
    Trophy Points:
    0
    tadi ada yg ngeblast di ym klo lampung katanya dalam waktu dekat juga bakalan kena gempa...

    Lampung diprediksi gempa mlm ini/dalam Wkt dkt ni..
    Pukul 02.00 WIB.
    8,2 SR.
    Beritahu yg laen,.
    Oleh : BMG Padang Cermin "LAMPUNG-INDONESIA" sebarkan

    tuh beritanya...
    padahal kan BMG sendiri bilang klo mereka gak bisa memprediksi gempa...
    kok ya ada2 aja yg bikin isu kayak gitu (semoga memang hanya isu)
    terlepas dari isu atau bukan, waspadalah... waspadalah...
    perhatikan sekitarmu... sambil :tea: boleh... udud2... :peace::peace:
     
  9. sadermo

    sadermo Super Moderators Super Moderator

    Messages:
    2,086
    Likes Received:
    2,110
    Trophy Points:
    123
    sama bos,,tadi jam 1 siang daerah jawatimur juga di isukan gempa,,gw juga ngeri sih,,,masih kurang amal gw bwt pengen masuk surga...alhamdulillah gak ada apa apa"""

    ya smoga isu isu dari BMG sendiri cuman isu isu ja...

    sebenernya ada hikahnya juga sih...biar manusia gak lupa ama siapa yg menciptakan seluruh isi bumi ini
    biar kagak sombong,,klo orng jawa bilang biar gak adigang adigung adiguno,,,
    semua manusia disisi tuhanya sama...jd jika kita masih merasa sombong..angkuh adigang adigung adiguno,,biar pada tobat

    ALLAH MAHA BESAR,,MAHA MENGETAHUI DAN MAHA SEGALA GALANYA
     
  10. jimmyas

    jimmyas New Member

    Messages:
    118
    Likes Received:
    17
    Trophy Points:
    0
    sampeyan emang layak menyandang nama "SADERMO" :peace::peace:
    btw, artinya apa tuh sadermo, adigang, adigung, adiguno???
    falsafah jawa emang kayaknya perlu dilestarikan.
    bisa dijelasin dong mas SADERMO...
     
  11. hendrijava

    hendrijava New Member

    Messages:
    6
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    0
    Alhamdulillah mudah-mudahan pada sadar... memang hidup ini bukan untuk maen-maen.....(amieeen)
     
  12. sadermo

    sadermo Super Moderators Super Moderator

    Messages:
    2,086
    Likes Received:
    2,110
    Trophy Points:
    123

    maaf bos jims,,soalnya baru nongol nih
    sadermo berasal dari kata
    sabar dan nerimo katane temen temen gitu[​IMG]



    wixixixi[​IMG][​IMG]





    adigang adigung adiguno itu klo gak salah sama halnya sombong,,besar kepala,,,trus apa lagi ya,,gw bingung bos neranginya,,mungkin momod2 sini juga tau,,,[​IMG][​IMG]:pray::pray::pray::pray:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page