Teknik Dasar Pengkabelan, Untuk yang masih awam

Discussion in 'Internet & Web' started by uqi_oke, Oct 11, 2009.

  1. uqi_oke

    uqi_oke Well-Known Member

    Messages:
    256
    Likes Received:
    487
    Trophy Points:
    73
    Kadang pengkabelan dalam jaringan masih dianggap masalah sepele untuk beberapa orang; Pembedaan pengkabelan untuk koneksi PC to PC; dan PC to Hub/Switch berbeda jauh.
    Untuk yg masih awam dalam hal teknologi jaringan; hal ini tentu saja membingungkan.

    Dalam dunia networking, dikenal beberapa jenis kabel yang sering digunakan. Setiap jenis kabel mempunyai kemampuan dan spesifikasinya yang berbeda, oleh karena itu dibuatlah pengenalan tipe kabel. Ada dua jenis kabel yang dikenal secara umum, yaitu twisted pair (UTP unshielded twisted pair dan STP shielded twisted pair) dan coaxial cable.
    Gambar dibawah ini merupakan tipe kategori kabel yang digunakan dalam jaringan (cable category).

    [​IMG]
    Gambar 1. Kategori Kabel

    Pemberian kategori 1/2/3/4/5/6 merupakan kategori spesifikasi untuk masing-masing kabel tembaga dan juga untuk jack. Masing-masing merupakan seri revisi atas kualitas kabel, kualitas pembungkusan kabel (isolator) dan juga untuk kualitas “belitan” (twist) masing-masing pasang kabel. Selain itu juga untuk menentukan besaran frekuensi yang bisa lewat pada sarana kabel tersebut, dan juga kualitas isolator sehingga bisa mengurangi efek induksi antar kabel (noise bisa ditekan sedemikian rupa).

    Sedangkan untuk coaxial cable, dikenal dua jenis, yaitu thick coaxial cable (diameter lumayan besar) dan thin coaxial cable (diameter lebih kecil).
    Thick coaxial cable (Kabel Coaxial “gemuk”) dispesifikasikan berdasarkan standar IEEE 802.3 10BASE5, dimana kabel ini mempunyai diameter rata-rata 12mm, dan biasanya diberi warna kuning; kabel jenis ini biasa disebut sebagai standard ethernet atau thick Ethernet, atau hanya disingkat ThickNet, atau bahkan cuman disebut sebagai yellow cable.
    Thin coaxial cable (Kabel Coaxial “Kurus”), banyak dipergunakan di kalangan radio amatir, terutama untuk transceiver yang tidak memerlukan output daya yang besar. Untuk digunakan sebagai perangkat jaringan, kabel coaxial jenis ini harus memenuhi standar IEEE 802.3 10BASE2, dimana diameter rata-rata berkisar 5mm dan biasanya berwarna hitam atau warna gelap lainnya. Setiap perangkat (device) dihubungkan dengan BNC T-connector. Kabel jenis ini juga dikenal sebagai thin Ethernet atau ThinNet.

    Twisted Pair
    Pengkabelan Twisted Pair menggunakan sebuah modul Rregistered Jack (RJ) yang disebut RJ-45. Hal yang perlu dipahami adalah untuk memastikan bahwa, kita menghubungkan warna yang tepat pada pin RJ-45 yang tepat. Dan RJ-45 dengan arah menghadap kedepan. Terdapat beberapa konsensus yang mengatur urutan pemasangan kabel, yaitu : 568A, 568B atau 258A. Semuanya merupakan konsensus yang menjelaskan, kabel mana harus pergi ke pin yang mana.

    [​IMG]
    Gambar 2.

    Untuk urutan kabel diatas adalah standar yg digunakan secara umum; tapi kita bisa juga melakukan pengurutan kabel sesuai dengan keinginan kita; tentu saja konsekwensi-nya jika terjadi permasalahan yg terjadi pada jaringan akan menyulitkan kita, karena kita membuat standar pengkabelan tersendiri.

    Standar 568A (Standar ini juga sesuai dengan standar Northern Telecom pada ISDN.)

    [​IMG]
    Gambar 3. Kabel Standar TIA 568A
    Standar yg biasa digunakan untuk koneksi PC to Hub / Switch.

    EIA/TIA 568B
    [​IMG]
    Gambar 4. Kabel Standar TIA 568B

    Kemudian Standar untuk koneksi PC to PC dan PC to Hub, mengenal adanya Straight Cable dan Cross Cable.
    Straight Cable
    Biasanya digunakan untuk koneksi PC to PC, standar yg digunakan adalah TIA568A, dimana kedua ujungnya menggunakan model seperti gambar 3.

    Cross Cable
    Sedangkan Cross Cable digunakan untuk koneksi PC to PC. Satu ujungnya memiliki urutan standar T568A dan ujung yang satunya menggunakan standar T568B.

    [​IMG]

    Gambar dibawah ini mungkin lebih bisa menjelaskan perbedaan antara cross link dengan straight link connection
    [​IMG]


    bersambung ......:thumb:
     
  2. thesavior

    thesavior New Member

    Messages:
    124
    Likes Received:
    39
    Trophy Points:
    0
    salah ketik tuuh bro penjelasan yang CROSS CABLE.... :D
     

Share This Page