SHARP WONDER gmbr gelap saat start (ckp lama)

Discussion in 'Televisi' started by sylox, Jan 1, 2010.

  1. sylox

    sylox New Member

    Messages:
    45
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Buat para REKAN2 semua......
    Saya ada TV SHARP WONDER 21" punya masalah begini......
    TV bisa di hidupkan dg normal,biasanya stanby lampu indikator menyala merah,setelah Tv start berubah menjadi hijau....itu semua berjalan normal......Nahhh,setelah lampu menjadi hijau...gambar tak kunjung muncul alias gelap dlm waktu cukup lama....gambar akan terlihat bilamana SCREEN Flyback di perbesar,akhirnya gambar bisa terlihat tetapi dg terang yg berlebihan........Bila tv di matikan terus di hidupkan kembali hal ini terjadi kembali....
    Mohon solusinya buat REKAN2 maupun para SUHU di sini.....

    Salam.
     
  2. ricky1790

    ricky1790 Well-Known Member

    Messages:
    342
    Likes Received:
    208
    Trophy Points:
    53
    Coba resolder RGB nya. Kalo nggak bisa juga, bisa jadi flybacknya bermasalah. Tabungnya juga ada kemungkinan udah lemah (walaupun kecil.) Semoga membantu.
     
  3. Lampardi

    Lampardi New Member

    Messages:
    50
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    0
    Coba socket di pcb RGB-nya diganti bos..!
     
    sylox likes this.
  4. sylox

    sylox New Member

    Messages:
    45
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    @Bro Ricky
    @Bro Lampardi....thanks banget atas saran `n infonya semua :thumb::thumb: semoga bisa bermanfaat untuk saya khususnya dan Rekan2 lainnya....Aplaud buat Bro berdua :clap::clap:
    Salam.
     
  5. Lampardi

    Lampardi New Member

    Messages:
    50
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    0
    sama2 bos..!
    Kita juga msh belajar. Ditunggu perkembanganya?
     
  6. sylox

    sylox New Member

    Messages:
    45
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    @Bro Lampardi......Saran dari Rekan2 tadi sudah tak coba......
    Saya solder ulang tuh rangk RGB......saya ganti sekalian Flyback+soket RGB tetep saja g`berubah,masih seperti semula....
    Anehnya gini....Pada waktu start awal suara keluar normal,tp gambar g`muncul sampai Screen Flyback diperbesar atau...
    Tv di matiin sebentar lalu dihidupkan lagi...nahh baru tuh gmbr keluar dg normal.Kalau g`dipancing ama screen atau dimatikan sbntar,gambar g`bakalan muncul.Thanks u/Rekan2 Semua................salam.
     
  7. sanggarjuga

    sanggarjuga Active Member

    Messages:
    129
    Likes Received:
    16
    Trophy Points:
    28
    Coba Pak, tegangannya diukur pada saat gambar belum muncul, B+ berapa? Teg G2 berapa? Teg Heaternya?
    Saya curiga ada elco tegangan tinggi yg sudah agak kering cairan elektrolitnya...... Tetap semangat, pantang menyerah.
     
  8. sylox

    sylox New Member

    Messages:
    45
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    @Bro Sanggarjuga Thanks atas sarannya mudah2an bermanfaat buat saya....:thumb::thumb:untuk perkembangan selanjutnya tetep saya kasih infonya buat saudara2 saya disini.
    Panggilnya Bro Sylox aja g`papa.....ntar kita seumuran lagi he...he...
     
  9. sanggarjuga

    sanggarjuga Active Member

    Messages:
    129
    Likes Received:
    16
    Trophy Points:
    28
    Ok deh ditunggu infonya
     
  10. sylox

    sylox New Member

    Messages:
    45
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Wahhh...:sorry:.Sory banget buat Rekan2....kemarin g`kasih info perkembangannya karena Listrik padam....
    Nah ini info terbaru dari saya.......setelah saya ganti semua elco tegangan tinggi hasilnya.......
    B+ 110V.....Catu RGB 180V......Heater 7v.......kayaknya semua normal2 saja tapi tetep tv belum bisa menyala dg NORMAL
    Terus pas tv dalam keadaan nyala(dilakukan dg cara sreen Flyback diperbesar)Gambar bisa normal,tetapi ketika gambar pada layar dalam keadaan terang suara desis(cukup keras)terdengar lewat speaker.....tetapi bila gmbr dilayar dalam keadaan gelap(misal warna hitam/biru)suara itu hilang.......kayak kurang tegangan.:confused::confused:
    Apa mungkin trafo Switchingnya yg rusak ya?Mohon saudara2 saya disini bisa memberi saran.....
    salam.
     
  11. sanggarjuga

    sanggarjuga Active Member

    Messages:
    129
    Likes Received:
    16
    Trophy Points:
    28
    Wah, kalau trafo switching jarang rusak Bro. Tegangan G2 (screen) terukur berapa volt pada saat gambar
    belum muncul? (bukan teg RGB).
     
  12. sylox

    sylox New Member

    Messages:
    45
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Nggak tau bro,soalnya baru mau saya colokin itu Multitester(hitam ke Ground),nahh pas colokan yg merah ke G2 gambar langsung keluar normal.Tapi bila TV dimatikan kumat lagi deh tuh TV......:frusty:
    Berarti pancingan Start sekarang ada tiga selain screen diperbesar,dimatikan sebentar lalu dihidupkan kembali,dan yg terakhir diColokin tuh Multitester ke teg G2.......pokoknya Thanks banget atas infonya semua.:thumb::thumb:
    Salam.
     
  13. sanggarjuga

    sanggarjuga Active Member

    Messages:
    129
    Likes Received:
    16
    Trophy Points:
    28
    Iseng-iseng coba ganti C filter G2 biasanya tegangan sampai 2KV, itu jg kalau belum diganti.
     
  14. sylox

    sylox New Member

    Messages:
    45
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Wahh..thanks banget bro atas semua sarannya biar saya coba ganti C filternya.......untuk info selanjutnya bro tunggu aja
    sambil menikmati Kopi hangat,mari bro ntar keburu dingin:tea: he...he...
    Salam.
     
  15. sylox

    sylox New Member

    Messages:
    45
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Buat Rekan2,masih ditunggu saran dan tipsnya lho.......
    Masih seperti yg dulu....TV belum Normal juga....
     
  16. ricky1790

    ricky1790 Well-Known Member

    Messages:
    342
    Likes Received:
    208
    Trophy Points:
    53
    Kalo ada TV yg lain sama besar, coba2 test dulu mesin TV SHARPnya ke tabung TV lain, Mungkin tabungnya udah lemah.
    Namanya juga usaha, nggak salah dicoba.
    Semoga membantu. :):):)
     
  17. sylox

    sylox New Member

    Messages:
    45
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Thanks Bro......atas semuanya......:tea:untuk saudara saya..
     
  18. trustsolder02

    trustsolder02 New Member

    Messages:
    17
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    ro kalau nda salah kerusakannya pada sirkit ablnya
     

Share This Page