Yang suka cetak ic bga tanpa plat bga,gabung sini!

Discussion in 'Elektronika Handphone' started by n8210, Jan 28, 2010.

  1. n8210

    n8210 Active Member

    Messages:
    111
    Likes Received:
    37
    Trophy Points:
    38
    Share pengalamannya,
    Yang suka nitik kaki bga pakai timah dan solder manual.
    kalau aq jujur,lebih suka nitik ic pakai solder manual.
    kecuali cetak ic flash dan RAM!
     
  2. Karismahejo

    Karismahejo Active Member

    Messages:
    399
    Likes Received:
    95
    Trophy Points:
    38
    emgny bs ?crny gmn gan?
     
    Farid Radiansyah likes this.
  3. n8210

    n8210 Active Member

    Messages:
    111
    Likes Received:
    37
    Trophy Points:
    38
    Seperti biasane bos,timah dilelehkan dulu!
    trus timah di ambil pakai solder biasa.
    baru di titik kan ke masing2 kaki ic.
    kalau udah semuanya,baru di pasangkan seperti biasa!
     
  4. n8210

    n8210 Active Member

    Messages:
    111
    Likes Received:
    37
    Trophy Points:
    38
    Kelebihan sistem ini,
    1.ic tidak mudah mati,karena kena panas blower cuma 2x aja.waktu ngambil dan pemasangan aja.
    2.kaki ic jadi lebih pendek,sehingga waktu ic di goyang gak ada resiko kaki ic saling nempel.
     
  5. n8210

    n8210 Active Member

    Messages:
    111
    Likes Received:
    37
    Trophy Points:
    38
    Misalkan ada resiko terburuk,spt hape jatuh.
    ic sangat jarang geser karena kaki ic pendek,atau hampir menempel pada pwb
     
    cairoo, Farid Radiansyah and chapunk like this.
  6. n8210

    n8210 Active Member

    Messages:
    111
    Likes Received:
    37
    Trophy Points:
    38
    Ini cuma faktor ketelitian nitik kaki ic aj kok bos,
    kalaupun udah biasa pakai plat bga,pasti bingung banget dgn cara ini.
     
    cairoo and Farid Radiansyah like this.
  7. DiJewer

    DiJewer New Member

    Messages:
    114
    Likes Received:
    87
    Trophy Points:
    0
    bagus juga triknya, kalo saya malah cabut/pasang ic gak pake cetak syaratnya cabutnya bener n kaki rata semua....
     
    c4psul and Farid Radiansyah like this.
  8. n8210

    n8210 Active Member

    Messages:
    111
    Likes Received:
    37
    Trophy Points:
    38
    Oke Oom dijewer!
     
    Farid Radiansyah likes this.
  9. error32

    error32 Well-Known Member

    Messages:
    501
    Likes Received:
    191
    Trophy Points:
    53
    salute saya ma n8210,bisa kayak gitu ya?.
    satu ic berapa lama nyetaknya ?.misalkan ic power soner ato upp wd2 ?.
    saya nyetak upp dari tadi sore ga kelar-kelar tuh.lagi nyari cetakan yang agak bagusan dikit.
    kalo lebih cepat saya mau belajar juga nyetak ga pake papan bga.
     
    Farid Radiansyah likes this.
  10. sadermo

    sadermo Super Moderators Super Moderator

    Messages:
    2,086
    Likes Received:
    2,110
    Trophy Points:
    123
    yup bro 8210...gw juga sering gunain cara ini...jika kaki ic gak terlalu banyak yg rusak

    tinggal tambal ulang ama timah boll yg ukuran 0,3 ama 0,5...mantep tu...ya kalo rusaknya kaki timah pada ic udah terlalu banyak..mending cetak pakek bga(buat ngirit waktu)hixixixi:D:D
     
    Farid Radiansyah likes this.
  11. Karismahejo

    Karismahejo Active Member

    Messages:
    399
    Likes Received:
    95
    Trophy Points:
    38
    wah susah ratany dong boz..harus teliti bgt
     
    Farid Radiansyah likes this.
  12. noe

    noe New Member

    Messages:
    111
    Likes Received:
    73
    Trophy Points:
    0
    Betul bos,saya juga sering seperti itu dan kelebihannya juga sama seperti apa yang di lakukan oleh om n8210
     
    Farid Radiansyah likes this.
  13. n8210

    n8210 Active Member

    Messages:
    111
    Likes Received:
    37
    Trophy Points:
    38
    Kalau saya yg udah terbiasa tanpa plat bga ya merasa nyaman aja!
    kecuali beberapa jenis ic yg harus dicetak dengan plat bga,ya harus pakai plat bga bos!
    misal,untuk ic power k700 masih bisa tanpa plat bga!
    semua kembali pada pribadi masing2,yg penting garapan kelar & hasil memuaskan.
    bravo djawir..;-);-);-)
     
    Farid Radiansyah likes this.
  14. REDorion

    REDorion New Member

    Messages:
    267
    Likes Received:
    248
    Trophy Points:
    0
    waduh! susah bget tuh solder tambal 1/1 ball2 ke ic :eek:. makan waktu lagi. :D.
    Bisa2 ganti UPP 6600 dari bangkai makan waktu lebih dari 1 jam :eek:.

    Nah.! menurut gw, teknik ini yg paling cepat.
    Pas sekali diterapkan utk IC power, RF, EMIF, dll.. kecuali CPU yg berpinggiran sisir emas :eek:.. susah bget mau rapi diangkat :flame:.


    Gimana pun, Nice share teknik'e, bos.! :thumb:.
     
    Farid Radiansyah likes this.
  15. shewonk

    shewonk Well-Known Member

    Messages:
    107
    Likes Received:
    302
    Trophy Points:
    73
    pengen nyoba... tapi susah banget .. ada triknya gak? .. pakai solder yang lancip, pa tumpul, ..
     
    Farid Radiansyah likes this.
  16. dwinuxx

    dwinuxx New Member

    Messages:
    186
    Likes Received:
    48
    Trophy Points:
    0
    Dicoba aja bos,pakai solder yg tumpul aja!
    aq biasa pakai pen solder kristal yg buat servis elektro itu,trus dibengkokkan ujungnya 45derajat!
    keep try..
     
  17. poetra555

    poetra555 New Member

    Messages:
    10
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    0
    Mas mas yang berpengalaman saya kurang mengerti tentang cetak IC kalau bisa sya request donk VIdeo nya Tutorial pencetakan IC,,
    :))

    yah saya sih berminat sangat ama pengalaman mas2X sekalian..
    gitu ajah sih..:)
     
    Farid Radiansyah likes this.
  18. eksan

    eksan New Member

    Messages:
    64
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    0
    salut.................:clap::clap::clap::rock::rock:
     
    Farid Radiansyah likes this.
  19. xxxgodgod

    xxxgodgod Member

    Messages:
    17
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    13
    saya juga setuju .klo ada jurus bru buat nyetak ic .makin mantap dah plat bga gak laku hehehehehehehehe:pound::pound::pound::pound::pound::pound::pound:
     
    Farid Radiansyah likes this.
  20. herush

    herush Member

    Messages:
    22
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    13
    wah salut...............tapi kayaknya klamaan ya....mending pake bga
     
    Farid Radiansyah likes this.

Share This Page