Yang suka cetak ic bga tanpa plat bga,gabung sini!

Discussion in 'Elektronika Handphone' started by n8210, Jan 28, 2010.

  1. okin5510

    okin5510 Member

    Messages:
    40
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    salut buat semua,klo aku belum bisa cetak ic pakai plat bga,kemarin aja ic keypad 7610 aq jumper satu2,sukses sih,tapi setelah itu mata lang sung kabur.
     
  2. adbudi

    adbudi Member

    Messages:
    14
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    13
    aku nyoba cetak ic emif malah kaki nyoplok mang susah cetak tanpa bga gan
     
    sasake likes this.
  3. rozzy

    rozzy Active Member

    Messages:
    149
    Likes Received:
    80
    Trophy Points:
    38
    aku kira 1001 kalau kena,buang2 waktu aja kan...
     
    usri and sasake like this.
  4. rozzy

    rozzy Active Member

    Messages:
    149
    Likes Received:
    80
    Trophy Points:
    38
    ya 1001 kang kalau bisa,buang2 waktu aja aku kira..:peace:
     
    sasake and Monas Art like this.
  5. Monas Art

    Monas Art New Member

    Messages:
    1
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    0
    mantap !!!
     
    sasake likes this.
  6. tonnywae

    tonnywae Member

    Messages:
    65
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Ga juga bos, tergantung orgnya kale, kalau soal kecepatan boleh dites.
     
    sasake likes this.
  7. depit

    depit Active Member

    Messages:
    154
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    38
    agan2 lebih praktis dan hemat waktu boz saya dah sering cra bgni ic jarang short dngn kaki yg lain malah dr awal bs lewat forum2 ja saya gak smpt belajar dengan cetak ic dngn bga jadi lngsng manual ja boz...
     
  8. benicahyadi

    benicahyadi New Member

    Messages:
    69
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    0
    salut buat bos........................................... :):):):):):):):):):):):thumb::thumb::thumb::thumb::thumb::thumb:
     
    sasake likes this.
  9. lady18

    lady18 Active Member

    Messages:
    110
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    28
    salut benar gua cetak kaki ic pake solder pen, butuh waktu lama gak gen cetak ic pake solder pen,
    gua pake plat vga cetaj]k ic aja rasa bulum puas ampe kaki icnya di ratain lagi pake kertas pasir
     
    sasake likes this.
  10. feick

    feick Well-Known Member Super Member

    Messages:
    1,655
    Likes Received:
    622
    Trophy Points:
    123

    Dr pd pk kertas pasir mending pake pisau b0z,. Tp yg bnr2 tajem pisau nya biar pas ngeratain kaki ic nya cepet rata n ga susah.. :pound:
     
  11. ednietoz

    ednietoz New Member

    Messages:
    270
    Likes Received:
    86
    Trophy Points:
    0
    tak cobain nambah pengalaman saya bos.........moga berguna....

    untuk saat ini untuk reball kaki emif saya gak pernah pake plat bga.........kuncinya adalah mata solder yang bagus...tetap putih tidak berjelaga...saya biasa pake mata solder goot...harganya sekitar 12rb sampe 17rb...caranya adalah ic bekas yang akan dipasang kita beri fluk ato siongka, lalu langsung seret atau geser pake solder, bila solder kondisi bagus timah akan langsung menempel di mata solder, timah yang nempel di mata solder kita kepretin biar timah di mata solder ilang. proses geser cukup 1x, kalo kurang yakin bisa 2x..hasilnya timah di IC akan habis tapi akan bersisa sedikit tapi sangat rata...begitu juga pada pcb..jangan bersihkan menggunakan solder wick, tapi langsung pake solder yang sebelumnya pada pcb diberi fluk....caranya sama seperti pada proses bersihin IC emif tadi....hasilnya akan tipis tapi rata...lalu tinggal pasang emif tadi pake blower...prose ini sangat efektif dan hemat waktu....kalo boleh dibandingkan ibaratnya pake plat bga sampe pasang butuh 10 menit tapi dengan cara saya cukup 1 menit....perlu diingat juga, solder milik saya biasanya pada ujung mata lancipnya saya bengkokkan yang gunanya dapat mencapai tempat sempit pada proses pembersihan pcb.....dan juga untuk pemasangan IC yang lain yang proses pembersihan pcb yang membutuhkan solder wick juga menggunakan mata solder andalan saya yang udah dibengkokkan karena mudah menjangkau tempat sempit dan permukaan mata solder banyak menempel di solder wick.....
     
    rivalrenaldy8248 and sasake like this.
  12. wakhid

    wakhid Member

    Messages:
    23
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    13
    bener2 mangstab master2 di sini ................mohon bimbingannya yah:):):):)
     
  13. multiponsel

    multiponsel New Member

    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    wahhhh......sungguh luar biasa
     
  14. bocahgalek

    bocahgalek Member

    Messages:
    87
    Likes Received:
    20
    Trophy Points:
    18
    sopo tlaten bakel panen :thumb: :thumb:
     
    sasake likes this.
  15. astina76pav

    astina76pav New Member

    Messages:
    245
    Likes Received:
    191
    Trophy Points:
    0
    Makasih buat sharingnya Boss....

    Jangan sungkan untuk berbagi pengalaman, walaupun ada komentar yang pro ataupun kontra...

    masing-masing punya cara tersendiri dalam pencetakan kaki IC BGA...

    Saya sendiri masih pake cara standar (pake alat cetak), asalkan timah cairnya masih bagus, langsung jadi...

    Kecuali kalo suatu saat harus mencetak kaki IC BGA tapi ga ada plat yang cocok, cara bos akan saya coba...



    bravo...
     
  16. akhzain

    akhzain Member

    Messages:
    29
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    13
    Emang bisa? Salut buat master
     
  17. geant

    geant New Member

    Messages:
    84
    Likes Received:
    45
    Trophy Points:
    0
  18. rouduofloe

    rouduofloe New Member

    Messages:
    27
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    0
    btul btul btul..... aku sndri dr dulu juga gtu gan.. diajarin sama master@margoono
     
  19. on pulsa

    on pulsa New Member

    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    saya setuju dgn pendapat ini semua punya gaya sendiri-sendiri yg pada intinya kasus handphone kelar dan yg terpenting jadi duit
     
  20. sholihin_

    sholihin_ New Member

    Messages:
    10
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    master master ane minta tips aman cabut IC dong, ane sempet manasin ic tapi malah mati,
    idealnya seperti apa ya kalo pengen manasin doang?
     

Share This Page