cara cek tegangan nokia

Discussion in 'Nokia Hardware' started by acka, Jan 29, 2010.

  1. acka

    acka Active Member

    Messages:
    121
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    28
    master mohon bimbinganya,bagai mana cara cek tegangan berikut:pray::pray::pray::pray::pray:
    [FONT=&quot]
    PURX
    VIO = 1.8V, hasil ->
    VANA = 2.8v, -->
    VFLASH= 2.8v, -->
    VR1 = 2.8v -->
    VR2 = 2.8v -->
    VR3 = 2.8v -->
    VR4 = 2.8v -->
    VR5 = 2.8v -->
    VR6 = 2,8V -->
    VR8 = 2,8 V -->[/FONT]
    mana yang teganganya keluar pd waktu baterai di pasang?
    mana yang teganganya keluar pd waktu swit on di tekan?dan yang pengaruh di siknal?
     
  2. dj.orion

    dj.orion Super Moderators Super Moderator

    Messages:
    3,109
    Likes Received:
    5,147
    Trophy Points:
    123
    Keliatan'y xg ditanya di sini DCT4 ya.???

    Sebelum switch-on, hny tegangan Vbatt aja xg wujud :)..
    Ssdh switch-on, tegangan xg aktif (syarat kerja CPU):

    [FONT=&quot]PURX
    VIO = 1.8V, hasil ->
    VANA = 2.8v, -->
    VFLASH= 2.8v, -->

    VR1 = 2.8v -->
    VR2 = 2.8v -->
    VR3 = 2.8v -->
    VR4 = 2.8v -->
    VR5 = 2.8v -->
    VR6 = 2,8V -->
    VR8 = 2,8 V -->[/FONT]

    Xg mempengaruhi signal..
    [FONT=&quot]PURX
    VIO = 1.8V, hasil ->
    VANA = 2.8v, -->
    VFLASH= 2.8v, -->
    VR1 = 2.8v -->
    VR2 = 2.8v -->
    VR3 = 2.8v -->
    VR4 = 2.8v -->
    VR5 = 2.8v -->
    VR6 = 2,8V -->
    VR8 = 2,8 V -->
    [/FONT]
    Temasuk Vbatt :rolleyes:..

    Cara ukur'y ya.. pke voltester n diukur pd saat/phase mana.???
    Spt pemicu apa xg bos tanyakan di atas.

    Saat sblm switch-on, xg diukur tegangan Vbatt
    Ssdh switch-on, -> xg diukur list biru
    System RF diaktifkan,->
    xg diukur list merah
     
  3. mfauzi

    mfauzi Member

    Messages:
    34
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    mo tanya bos apakah hasil pengukuran tegangan hasilx harus sama dg nilai2 diatas klo kurang ato lebih dikit gmana,apakah untuk semua hp nilai v harus segitu. trims atas ilmux
     
  4. tesi

    tesi Moderator Moderator

    Messages:
    611
    Likes Received:
    1,315
    Trophy Points:
    103
    Keliatan'y xg ditanya di sini DCT4 ya.???

    Sebelum switch-on, hny tegangan Vbatt aja xg wujud ..
    Ssdh switch-on, tegangan xg aktif (syarat kerja CPU):

    kalo untuk BB5, gmn boss ... thx :thumb:
     
  5. acka

    acka Active Member

    Messages:
    121
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    28
    ya dct 4bozz,apa maksutnya pada saat RF aktif apa harus pakai SIM KART\pada saat melakukan panggilan?trim master atas penjelasanya:thumb::thumb::thumb:
     
  6. shahnaz nabila

    shahnaz nabila New Member

    Messages:
    4
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    0
    mohon petunjuk Bos "xg"artinya apa?,VIO,VANA,Vflah&VR1,VR2dst artinya apa Bos.mohon bimbingan.newbie
     
  7. dj.orion

    dj.orion Super Moderators Super Moderator

    Messages:
    3,109
    Likes Received:
    5,147
    Trophy Points:
    123
    Kurang n lebih sedikit gx apa2 koq, asal kurang n lebih masih dlm toleransi hidup :p..
    Spt hasil ukuran dlm praktek kerja, sering didapati VANA 2,77V (beda 0,03V)


    Kurang lebih sama, bos.!!! :)..
    Hny beda bbrp nama dr tegangan kerja xg dihasilkan, tergantung fungsi n penggunaan dr tegangan tsb
    Contoh, ada'y Vcore n VcoreA xg masing2 dihasilkan oleh IC/regulator power xg berbeda n dipisahkan utk fungsi'y.


    Maksud dr RF aktif itu disaat processor memberikan perintah ke bagian radio (RF) utk bekerja.
    Disaat itu lah tegangan2 RF tertentu akan keluar sesuai dg perintah dr processor.

    Gw rasa gx harus menggunakan simcard dlm proses analisa, bagi Gw itu terlalu repot utk memasang simcard ke mesin tanpa casing :eek:..
    Bisa mengunakan bbrp cara:
    1. Pd ponsel normal, tegangan RF akan muncul pd awal boot. tegangan RF bagian RX akan muncul sebentar.
    Kondisi gne bisa ketangkap oleh osciloskop (RX only)
    2. Mengaktifkan RF lewat bantuan fitur selftest UFS_HWK (RX n TX)
    3. Melakukan emergency call (RX n TX)


    Hehehe.... :D.. "xg" itu hny kebiasaan mengetik Gw, bos.!!! sama dengan "yang" :D.. gx ada kaitan dg tegangan2 :pound:.. :pound:..
    Nama2 dr tegangan tsb hny singkatan dr jenis tegangan aja, sesuai dg fungsi'y
    VANA -> tegangan analog sistem
    VIO -> tegangan input n output logic
    VFlash -> tegangan interface
    VRx.... -> tegangan radio

    n "dst" xg ditanyakan disini, gx bisa dijabarkan semua'y :eek:.. masih banyak lagi
    Xg dibahas di sini, hny tegangan kerja utama aja kan :p..
     
  8. ednietoz

    ednietoz New Member

    Messages:
    274
    Likes Received:
    86
    Trophy Points:
    0
    Bisa mengunakan bbrp cara:
    1. Pd ponsel normal, tegangan RF akan muncul pd awal boot. tegangan RF bagian RX akan muncul sebentar.
    Kondisi gne bisa ketangkap oleh osciloskop (RX only)
    2. Mengaktifkan RF lewat bantuan fitur selftest UFS_HWK (RX n TX)
    3. Melakukan emergency call (RX n TX)

    lha kalo mengaktifkan pake self test, trus cara ngukurnya gimana bos...kan pcb ketutup sama kabel flash????
     
  9. goodboysz

    goodboysz New Member

    Messages:
    26
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    0
    bos semua...bisa tolong tampilin gambar atau video semua pengukurannya ga coz susah nyarinya euy....makasih
     
  10. dj.orion

    dj.orion Super Moderators Super Moderator

    Messages:
    3,109
    Likes Received:
    5,147
    Trophy Points:
    123
    Gunakan cable flash FBUS Nokia universal dg mesin (PCB) xg ditelanjangi :D..

    Masa hrs ada video or gambar dibuat utk masing2 tipe nokia :confused:.. glek...
    Cara'y tinggal bolak-balik buka halaman schematic di diagram utk nyari jenis tegangan n temukan posisi titik ukur dr halaman layout :)..
     
  11. suwarno

    suwarno New Member

    Messages:
    17
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    0
    Masa hrs ada video or gambar dibuat utk masing2 tipe nokia :confused:.. glek...
    Cara'y tinggal bolak-balik buka halaman schematic di diagram utk nyari jenis tegangan n temukan posisi titik ukur dr halaman layout :)..
    sorry boss.. sy kan orang baru d dnia hp bisa nggk kasih tau gmna cara y untuk mengawali supay sy bisa service hp.....:eek:
     
  12. wongso

    wongso Well-Known Member

    Messages:
    195
    Likes Received:
    318
    Trophy Points:
    73
    ikut sundul bos..
    masih sekitar ukur tegangan..
    7610 matot, di ukur semua tegangan ga ada.. kecuali vbat 3,7v ada
    (Hp dibalikin, ga sunggup puyeng)
    eh dateng lagi 2630 matot, di ukur tegangan ga ada semua, kecuali vbat 3,7v ada..
    dengan kondisi seperti itu, apa dapet divonis kalo uem nya KO dan harus diganti?
    makasih seblumnya..
     
  13. goodboysz

    goodboysz New Member

    Messages:
    26
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    0
    ikh kan bingung bos cara ngukur pake avometernya coz saya lum tau jalur-jalurnya....
    dan saya bingung ma sejenis Vcore,Vreff,dll....
    tolong ajarkan....:rock:
     
  14. benicahyadi

    benicahyadi New Member

    Messages:
    69
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    0
    jika tegangan vana kurang dari 2,8 hanya keluar 2,4v bisa dicuri dari mana gan, apa mesti di ganti tu Avilma neh ada kasus hp 5130
     
  15. se77en

    se77en New Member

    Messages:
    9
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    tolong bos, 1650 jalur kdl untuk led ambrol bos, bisa dijumper dari teg laen g y???
     
  16. berkat cell

    berkat cell Moderator Moderator

    Messages:
    3,760
    Likes Received:
    17,120
    Trophy Points:
    123

    Nambahin saran dari guruku Dj.Orion......????

    Syarat 1 st ok PADA NOKIA DCT-4 :
    ______________________________

    1. Vio = 1,8 v ( dari uem untuk cpu )
    2. Vana = 2,8 v ( dari uem untuk uem )
    3. Vcore = 1,4 v ( dari uem untuk cpu )
    4. Vr3 = 2,8 v ( dari uem ke ic rf atau oscillator 26 mhz )
    5. purx = 1,8 v ( dari uem untuk cpu )
    6. sleepx = 1,8 v ( dari cpu untuk uem )
    7. sleepclock = 32,768 Khz ( dari oscilator untuk uem dan cpu )
    8. rfclock = 26 Mhz ( dari oscilator 26 mhz untuk ic rf untuk cpu )

    Syarat kerja signal :
    ---------------------

    1. Vr1 = 2,8 v tegangan untuk ic rf ( charge pump supply )
    2. Vr2 = 2,8 v tegangan bagian transmitter ( tx modulation )
    3. Vr3 = 2,8 v tegangan untuk ic crystal 26 mhz ( hp matot jika tdk keluar )
    4. Vr4 =2,8 v tegangan untuk ic rf ( rx LNA,RX mljoner )
    5. Vr5 = 2,8 v tegangan untuk ic rf ( PLL supplies
    6. Vr6 = 2,8 v tegangan untuk ic rf
    7. Vr8 = 2,8 v tegangan untuk vco

    Tegangan tersebut diatas toleransi hanya sekitar 4-5%

    Mohon koreksi kalo ada yang salah......atau silahkan di tambah...???
    Klik " THANKS "
     
    arpul, titikdigital, ozycell and 3 others like this.
  17. Hafidzi92

    Hafidzi92 Active Member

    Messages:
    119
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    28
    Cara ngukur vana,,vcore dll tuh kayak apa ych gan,,,trus pake apa ngukurnya..mohon penjelasannya yah buat newbi yang blum ngerti apa2 sperti sya ini...
     
  18. berkat cell

    berkat cell Moderator Moderator

    Messages:
    3,760
    Likes Received:
    17,120
    Trophy Points:
    123
    Vana = 2,5 v tegangan ini merupakan teg internal retu..?
    Vcore =1,4 v tegangan ini bersumber dari ic tahvo yang berfungsi sebagai regulator untuk menghasilkan teg kerja 1,4v untuk cpu/rap
    Cara mengukur nya : ukur di kaki Capasitor Vcore dan Vana nya..dengan menggunakan avo meter kal 10 dc..dengan asumsi di aliri arus
    lihat jarum avo akan bergerak dan menunjukkan angka yang sesuai nilai voltage nya
    ( cara diatas untuk nokia bb5 ..pada dasar nya untuk nokia dct-3/4 kur
    ang lebih caranya sama )
     
  19. Hafidzi92

    Hafidzi92 Active Member

    Messages:
    119
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    28
    makasih banyak yach master atas pencerahannya...
     
  20. kmet

    kmet New Member

    Messages:
    125
    Likes Received:
    128
    Trophy Points:
    0
    wah ikut nyimak aj sambil nyedot ilmu:D
     
    ozycell likes this.

Share This Page