help...pc mati kena bledek...

Discussion in 'PC & Laptop' started by pordjox, Feb 26, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. pordjox

    pordjox Well-Known Member

    Messages:
    471
    Likes Received:
    138
    Trophy Points:
    53
    help agan2...kompi ane mati neh gara2 kemaren pas ujan ane pake ngeplesh tau2 ada petir gede banget...si kompi mati tiba2...ane pikir psu nya yg kena neh...tp dah tak coba ganti pake psu yg normal tetep kagak bisa...apa lagi yg harus ane lakuin agan2...secara tuh kompi dah nemenin ane 4 taon...terlanjur cinta ane neh..help...help...help...cendol siap meluncur.....:welcome::welcome::welcome:
     
  2. deglenx

    deglenx Active Member

    Messages:
    194
    Likes Received:
    71
    Trophy Points:
    38
    Kabel2nya dah di cek boz?. Kompinya di pasang tv tuner,pake antena luar ya. Ini ada sedikit info,tapi cuma copas.
    Akibat Sambaran Petir Pada Perangkat Elektronik
    Perangkat elektronik yang dimaksud tentunya terutama adalah perangkat lunak yang berada pada stasiun pemancar. Seperti yang kitaketahui bahwa gangguan yang dimaksud biasa disebut noise ataupun gangguan lain yang dapat mengakibatkan interupsi pada proses pengiriman data sebagaimana kita ketahui pada umumnya memakai sistem digital.
    Tegangan dan arus induksi akibat sambaran petir dapat mengakibatkan kerusakan pada peralatan elektronika. Menurut Sowa K. ( 1985), Kadete, H. dan Omari S. ( 1990 ) dan K. T. Sirait ( 1987 ) kerusakan tersebut diakibatkan oleh:
    1. Pengaruh tegangan induksi sambaran petir
    a) Harga maksimum tegangan induksi, mengakibatkan kerusakan pada suatu MOSFET, apabila tegangan maksimum induksi tersebut melebihi tegangan lapisan batas yang diijinkan.
    b) Impuls tegangan induksi, , mengakibatkan kerusakan pada suatu transistor akibat energi impuls tegangan induksi melebihi batasenergi yang diijinkan didalam lapisan batas transistor.
    dengan Wg energi pada lapisan batas dan ug tegangan pada lapisan batas pada arah konduktif.
    c) Impuls kuadrat tegangan induksi, , menyebabkan kerusakan pada tahanan R akibat adanya energi yang memanaskan tahanan tersebutsebesar
    d) Kecuraman tegangan induksi maksimum, , mengakibatkan kerusakan MOSFET, sebab parameter ini akan menghasilkan arus yang melebihi arus gerbang yang diijinkan.
    Pengaruh Kecuraman Pulsa Pada MOSFET
    2. Pengaruh arus induksi sambaran petir
    a) Harga maksimum arus induksi i, mengakibatkan rusaknya dioda akibat besar arus yang melebihi arus balik yang diijinkan memasuki dioda.
    b) Muatan listrik dari arus induksi , mengakibatkan kerusakan pada transistor akibat energi yang diterima transistor melebihi energi yang diijinkan pada lapisan batas
    dengan Ug tegangan dioda dari lapisan batas pada arah koduktif.
    c) Impuls kuadrat arus induksi, , akan mengakibatkan kerusakan pada tahanan akibat menerima energi yang melebihi ambang batas energi tahanan.
    d) Kecuraman arus induksi maksimum , mengakibatkan rusaknya MOSFET akibat tegangan induksi yang dihasilkan melebihi ambang batastegangan titik batas sambungan
    Selain dapat merusak komponen elektronika maka tegangan tinggi terpa petir dapat pula merusak sistem isolasi dari peralatan yangtersambar.
    Dari studi yang telah dilakukan tersebut dapat disimpulkan bahwa gelombang impuls petir dapat menimbulkan kerusakan baik pada komponen elektronikanya maupun sistem isolasinya.
    Disarikan dari Artikel Ir.Syariffuddin Mahmudsyah,M.Eng (Guru Listrik-Teknik Listrik Perminyakan) Jadi kalo sumber petir terlalu dekat,kemungkinan terserang gelomban impuls dari petir sanga besar.
     
    pordjox likes this.
  3. pordjox

    pordjox Well-Known Member

    Messages:
    471
    Likes Received:
    138
    Trophy Points:
    53
    kompinya ngga pake tuner boszzz....murni cm bt kerja doang...yg ane bingung...ups ama psunya kagak masalah boszzz...soale dah takcobake ke kompi atunya bisa di pake...tp kompinya mati....kira2 apa yg rusak ya????pa mkn mobo nya ya....pusing:frusty::frusty::frusty::frusty::frusty:....tolongin ane dong....
     
  4. N8250

    N8250 Super Moderators Super Moderator

    Messages:
    1,435
    Likes Received:
    847
    Trophy Points:
    123
    Ga ada obat nya selain ganti mainboard bos...
     
    pordjox likes this.
  5. ricky1790

    ricky1790 Well-Known Member

    Messages:
    342
    Likes Received:
    208
    Trophy Points:
    53
    Sumbang saran bos.
    Tes dulu memory, procesor ke kompi lain bos. Kalo bagus berarti harus ganti mobonya.
    semoga membantu :):):)
     
    pordjox likes this.
  6. indra2121

    indra2121 New Member

    Messages:
    330
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    0
    Kalo gledek tdk bsa d pastikan bos..malah bsa smua matot..coz spt terkena kelebihan strum
     
    pordjox likes this.
  7. pordjox

    pordjox Well-Known Member

    Messages:
    471
    Likes Received:
    138
    Trophy Points:
    53
    @ALL.......thanx infonya...ternyata memang mobonya yg mati...procesor...ram...hardisk selamat....kamsiah ya :clap::clap::clap::clap::closed::closed::closed:
     
  8. N8250

    N8250 Super Moderators Super Moderator

    Messages:
    1,435
    Likes Received:
    847
    Trophy Points:
    123
    ok thread gw closed yah...


    :closed::closed::closed:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page