(ask)Memanfaatkan SIMCARDEXPIRED/Gak kepakai

Discussion in 'Elektronika Handphone' started by Ali hariyanto, Feb 28, 2010.

  1. Ali hariyanto

    Ali hariyanto Active Member

    Messages:
    338
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    28
    Bos2, agan2 se-djawir semua, Simcard Expired/gak kepakai/angus asal bukan gosong bisa dimanfaatkan buat apa ya? Daripada cuma jadi sampah yg gak berguna gitu..! Itung2 turut menggalakkan indonesia hijau...
     
  2. ariesjava

    ariesjava Active Member

    Messages:
    321
    Likes Received:
    74
    Trophy Points:
    38
    Ngejunk dikit

    dipotong agak memanjang bwt ganjel batrei yg g' ori.
     
  3. Ali hariyanto

    Ali hariyanto Active Member

    Messages:
    338
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    28
    Tul, lainnya boz...
     
  4. kamaluddin

    kamaluddin New Member

    Messages:
    36
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    0
    dilobangin di pojok, buat gantungan kunci, klo bnyak kan keren
     
  5. sanwa

    sanwa Active Member

    Messages:
    113
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    28
    Di potong agak segitiga untuk cliper main gitar,,:d
     
  6. Ali hariyanto

    Ali hariyanto Active Member

    Messages:
    338
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    28
    Boleh..Boleh..Boleh..Buat mozaik bisa kayaknya ya...
     
  7. alandraz

    alandraz Member

    Messages:
    27
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    13
    di potong bulat buat anting anting........:blah::blah::blah::blah:
     
  8. widodo cell

    widodo cell Member

    Messages:
    17
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    13
    kumpulin aja taruh dompet, klo ada operasi polisi tanya SIM dan STNK, keluarin dech tu STNK dan "SIM"nya banyak2....... biar bingung tu polisi pilih "SIM" mana yang masih berlaku......:rock:
     
  9. trans8

    trans8 New Member

    Messages:
    30
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    0
    ide2 nya kreatif juga nie.....:clap:
     
  10. TeguhCentre

    TeguhCentre Member

    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    11
    Kalo saya buat hiasan..ditaruh di akuarium meja(yang kayak toples itu)..Semakin banyak semakin menarik..warna-warni.. Entar Kalo tamunya belum disuguhi makanan..suruh aja tuh simcard dikunyah..hehehe:D:D:D:D:D:D
     
  11. deasy69

    deasy69 Active Member

    Messages:
    662
    Likes Received:
    81
    Trophy Points:
    38
    Anda pengguna ponsel yang suka gonta-ganti kartu SIM untuk mencari yang murah lalu begitu pulsa habis membuang kartu tersebut? Coba pikir-pikir lagi. Di dalam kartu itu ternyata ada emasnya! Ponsel bekas yang karena tua dan tidak laku dijual lalu acap dibuang begitu saja pun mengandung emas, tembaga dan perak.
    Percaya tidak, sebuah perusahaan di Singapura dan Jepang sudah mulai menjadi anggota Lasykar Mandiri (julukan keren untuk pemulung), khusus ponsel tua dan kartu SIM yang dibuang orang. Proses para pemulung ponsel dan kartu SIM bekas ini sama saja dengan juragan pemulung biasa: menyerahkan hasil kumpulannya ke pengolah atau mengolahnya sendiri untuk memisahkan komponen-komponen yang ada dalam kartu SIM atau ponsel. Dari jutaan kartu dan ribuan ponsel yang dikumpulkan, mereka bisa mendulang kiloan emas murni dan puluhan bahkan ratusan kilo tembaga, perak, timah dan beberapa macam lagi.
    Dari mana emas atau logam-logam itu datang? Dalam sirkit di ponsel atau chip di kartu SIM (GSM) atau RUIM (CDMA), memang ada emasnya. Emas digunakan karena terbukti mampu menyalurkan arus elektronik lebih baik dibandingkan tembaga. Produsen ponsel atau kartu SIM/RUIM tidak pernah mengurangi atau meniadakan kandungan logam mulia itu, walaupun dalam setiap unit jumlahnya mungkin cuma seperseribu gram.
    Nah, jika berhasil mengumpulkan satu juta kartu SIM bekas, kita bisa berharap mendapatkan 1.000 gram atau satu kilogram emas murni. Dan jika kita bisa mengurai ponsel bekas, akan lebih banyak lagi emas, perak dan tembaga yang bisa kita peroleh.
    Yokohama Metal Co Ltd, sebuah perusahaan pemulung mendapati kenyataan bahwa ponsel dan kartu SIM merupakan tambang emas yang benar-benar hebat. Jika dari satu ton material yang diambil di tambang emas konvensional hanya didapat sekitar 5 gram emas, dari satu ton ponsel bekas yang dilebur bisa didapat 30kali lipat, alias 150 gram emas.
    Bisa Rp 45 Juta Sebulan
    Lasykar Mandiri emas dari Singapura, dan juga Jepang, akan masuk Indonesia dan menawarkan pembelian kartu SIM bekas dengan harga sekitar Rp 100, atau Rp 1000 per ponsel. Mereka akan membangun pabrik untuk melebur alat komunikasi tadi, menjaring emas, tembaga dan perak yang ada.
    Mari kita hitung peluang mendulang emas dari kartu SIM dari beberapa operator telekomunikasi yang ada di tanah air. Kita mulai dengan Telkomsel. Tahun ini pelanggannya sudah 52juta. Dengan pertumbuhan pelanggan yang rata-rata 30% setahun, Telkomsel membutuhkan 200%, bahkan 300% kartu SIM dari jumlah pelanggan aktualnya.
    Menurut seorang petinggi Telkomsel, persaingan bisnis yang ketat membuat tingkat churn - banyaknya pelanggan yang pindah operator - sangat tinggi. Untuk mendapat pertumbuhan pelanggan 1,5 juta sebulan seperti saat ini, Telkomsel harus menjual 12 juta kartu perdana (starter pack -SP).
    Ini berarti, dari Telkomsel saja ada 10,5 juta kartu SIM yang dibuang begitu pulsanya habis. Belum lagi dari PT Indosat, Excelcomindo (XL), dan delapan operator komunikasi nirkabel lain.
    Total satu bulan bisa terkumpul sampai 25juta "kartu mati". Kalau per kartu beratnya 2gram, maka jumlah totalnya sekitar 50 ton. Jika semua itu berhasil dikumpulkan dan diambil logamnya, akan didapat sekitar 25kilogram emas sebulan, dan sekitar 100 kg tembaga.
    Dengan melumatkan 10.000 ponsel bekas atau seberat satu ton (diasumsikan rata-rata per ponsel beratnya 100gram), berarti akan didapat 150 gram emas, 100 kg tembaga dan 3 kg perak. Ini di luar plastik, atau timahnya yang juga didapat.
    Logam-logam tadi bisa dijual dalam bentuk ingot (logam bahan baku) yang harganya sudah cukup lumayan, karena berkadar 99,99% atau kalau emas 24karat. Kalau mengikuti harga emas dunia yang Rp 300.000 per gram, setiap bulan dari kartu SIM dan RUIM bekas saja bisa didulang harta sedikitnya Rp 7,5 miliar. Padahal modalnya hanya 25 juta kali Rp 100, alias Rp 2,5 miliar.
    Angka pendapatan ini akan bertambah dengan penjualan tembaga yang bisa mencapai Rp 1 miliar, juga dari karton yang dilebur jadi bubur kertas. Sepuluh ribu ponsel bekas yang dibeli sekitar Rp 10 juta akan menghasilkan emas senilai Rp 45 juta, dan tembaga senilai Rp 1 miliar. Ini di luar penjualan perak dan timah.
    Namun di negeri kita, tak banyak ponsel yang dibuang. Pertumbuhan pelanggan seluler atau nirkabel masih tetap sebanding dengan jumlah masuknya ponsel baru. Pasar ponsel bekas pun lebih ramai dibanding pasar ponsel baru, karena banyak anggota masyarakat dari lapisan tertentu cenderung gonti-ganti ponsel, menukar-tambah ponsel yang baru 3 bulan dimilikinya dengan yang lebih baru.
    (sumber: Sinyal). Ok!
     
    pura and hanselian like this.
  12. vicarm

    vicarm Active Member

    Messages:
    139
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    28
    buat congkel buka casing hp bos :D
     
  13. noe

    noe New Member

    Messages:
    111
    Likes Received:
    73
    Trophy Points:
    0
    Bagian tembaga nya bisa buat dudukan joystik sony ericsson yang udah abis jalurnya,dari pada joystik nya cm di lem langsung,cepat lepas.mendingan pake tembaga yang bekas simcard itu.lebih kuat dan stabil.

    di jamin,gw dah cb puluhan kali.
     
  14. syahril

    syahril New Member

    Messages:
    49
    Likes Received:
    16
    Trophy Points:
    0
    caranya gimana ngambil emasnya bos? kok bisa gitu, ane gak percaya!!
     
  15. hanselian

    hanselian New Member

    Messages:
    10
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Ilmu gue blom nyampe bosss...:pray:
     
  16. masghoz

    masghoz New Member

    Messages:
    11
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Bener kata si boz ini..memang setiap IC utk menghubungkan CHIP dg PIN nya memerlukan wire..nah wire inilah yg merupakan emas 99,9%. Kalo di pabrik IC biasanya tuk buka kemasannya pakai semacam larutan kimia jadi bisa bolong gitu and emasnya kelihatan trus tinggal dikorek aja. Kalo mo yg emasnya banyakan cari IC yp PIN nya banyak dan kemasan besar/luas. Just sharing..
     
  17. gebalay

    gebalay New Member

    Messages:
    70
    Likes Received:
    27
    Trophy Points:
    0
    yang jadi masalah lain tu jalur yang dari emas cuma 0.05mm bahkan ada yang lebih kecil+++di cor langsung ama body ic
    dengan kata lain ic ga pake pcb
    itupun mnurut boz gw yang pernah keja di pabrik ic
    solusinya cuma dilebur dalam suhu+600 derajat C trus smua bahan g kpakai ada di atas sedangkan logam berada di bawah karna masanya lbih brat,cuma gw blom tau cara misahin emas,perak atw logam berharga lainnya
    ada masukan???
     
  18. fiko

    fiko New Member

    Messages:
    14
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    0
    kl gw bwt ngetes hp boos
     
  19. denmase

    denmase Well-Known Member

    Messages:
    311
    Likes Received:
    260
    Trophy Points:
    73
    buat garuk2 pas kaki gatal....:)
     
  20. tansill

    tansill Active Member

    Messages:
    357
    Likes Received:
    99
    Trophy Points:
    38
    banyak sih kegunaannya asal kreatif aja, seperti yang lain sebutkan juga bisa di kumpulin trus bikin puzzle lihat warnanya khan banyak ada hijau, kuning, merah, putih, biru
    bisa juga buat bakal border frame foto, kalau mau unik lagi cetak foto yang seukuran (lebih kecil dikit) dari simcardnya trus simcardnya di kerok tempelin deh tuch foto
    just idea keep sharing bro

    kalau gw sih voucher bekas dibuat rak2 kecil buat taruh sparepart :D
     

Share This Page