INAICTA 2010: Bangun Kreativitas Digital

Discussion in 'Out of Topic' started by nafiri, Mar 5, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. nafiri

    nafiri New Member

    Messages:
    39
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    0
    INAICTA 2010: Bangun Kreativitas Digital


    INAICTA 2010 Angkat Tema ‘Membangun Kreativitas Digital Untuk Kemakmuran Bangsa’

    Acara Penganugerahan Apresiasi Bidang Telematika Diharapkan Pacu Pertumbuhan Industri Kreatif Berbasis TIK Sekaligus Memacu Denyut Perekonomian Indonesia
    Jakarta, Maret 2010.
    [​IMG]


    Indonesia Information and Communication Technology Award (INAICTA) 2010 secara resmi di luncurkan oleh segenap Tim Panitia yang terdiri dari berbagai kalangan pemangku kepentingan di bidang teknologi informasi dan telekomunikasi, pemerintah, kalangan usaha, serta komunitas TIK di Indonesia.

    Kegiatan yang mendapat dukungan penuh dari Kementerian Komunikasi dan Informatika. Dengan mengangkat tema “Membangun Kreativitas Digital Untuk Kemakmuran BangsaR23;, INAICTA 2010 memiliki visi untuk memposisikan ICT (information and communication technology) sebagai faktor pendorong (driver) yang harus dimanfaatkan oleh bangsa Indonesia untuk meningkatkan tumbuh kembangnya industri kreatif berbasis TIK (ICT).

    Unsur kreatifitas dalam bidang TIK yang dapat dibangun pada semua komponen bangsa, diarahkan untuk berperan dalam memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan perekonomian Indonesia sehingga secara aktif dapat memberikan sumbangan dalam menciptakan kemakmuran bangsa.

    Acara berskala nasional ini adalah milik seluruh komponen bangsa sehingga seluruh pihak yang berkepentingan selayaknya mengambil peran dalam keseluruhan rangkaian proses pemberdayaan dan pemanfaatan TIK di seluruh mata rantai industri dan merasuk dalam menjadi bagian dari gaya hidup.

    TUJUAN

    Tujuan utama diselenggarakannya INAICTA 2010 ini adalah untuk mendorong kreativitas para pengembang di bidang ICT, meningkatkan pemanfaatan dan pertumbuhan TIK di semua lini industri, dan juga mempersiapkan pelaku TIK lokal untuk menghadapi kompetisi global. Dan yang terpenting lagi adalah karya kreatif yang sudah diciptakan dapat mempengaruhi denyut perekonomian secara positif, sehingga bisa dirasakan bahwa salah satu cara pencapaian tujuan kemakmuran bangsa dapat diciptakan melalui industri TIK, sebagaimana telah dibuktikan di berbagai negara yang telah lebih dahulu memanfaatkannya. Sesuai dengan tema yang diusung tahun 2010 ini, diharapkan bahwa pembangunan kreativitas digital yang diikuti oleh seluruh komponen bangsa, dapat diselaraskan untuk mendorong terwujudnya kesejahteraan bangsa.
    [​IMG]


    Melalui serangkaian kegiatan menuju acara puncak INAICTA 2010, diharapkan adanya sorotan dan liputan (exposure) mengenai karya-karya terbaik anak bangsa di bidang TIK, agar dapat dikenal luas oleh industri calon pengguna yang membutuhkannya, baik lokal maupun internasional. Acara yang terangkai dalam INAICTA 2010 adalah perlombaan karya cipta kreativitas dan inovasi di bidang TIK, seminar, workshop dan eksibisi, serta Business Matchmaking Program (BMP). Puncak acaranya akan ditutup dengan penganugerahan penghargaan yang dijadwalkan akan dilangsungkan pada 24 Juli 2010.

    Perlombaan karya cipta kreativitas dan Inovasi di bidang TIK ini dibagi dalam 3 (tiga) kelompok peserta dari 20 (dua puluh) kategori penghargaan. Kelompok peserta tersebut dibagi menjadi kelompok pelajar, terdiri dari siswa Sekolah Dasar hingga mahasiswa perguruan tinggi di Indonesia; perorangan (umum); dan kelompok peserta dari institusi atau organisasi berbadan hukum. Peluncuran INAICTA 2010 hari ini juga menandakan dibukanya pendaftaran untuk keikutsertaan dalam lomba karya cipta TIK ini.

    Para peserta dapat mulai mendaftar secara online di situs resmi INAICTA 2010 (Indonesia ICT Award 2010) mulai tanggal 20 April 2010 sampai dengan proses penutupan pendaftaran pada tanggal 20 Mei 2010 mendatang. Selanjutnya, pemenang dari INAICTA 2010 juga akan mewakili Indonesia dalam ajang serupa di lingkup regional dan internasional, seperti Asia Pacific ICT Award (APICTA), dan World Summit Award (WSA). “INAICTA adalah ajang lomba karya cipta kreatifitas dan inovasi berskala nasional, dengan menerapkan aturan dan kriteria dengan standar internasional, untuk mempersiapkan pelaku TIK di Indonesia bersaing di kompetisi internasional,” kata Taufik Hasan, Ketua Komite INAICTA 2010.
    [​IMG]


    Selain itu, dalam rangkaian kegiatan acara puncak INAICTA 2010 ini, pengunjung dan komunitas TIK tanah air dapat mengikuti berbagai seminar mengenai animasi, e-business, juga game dan mobile Content. Serangkaian kegiatan workshop yang akan diselenggarkan juga dapat menambah pengetahuan insan TIK dalam animasi dan pengembangan game, Robot for Kids, Blog dan Wikipedia. Potensi pemanfaatan Free/Open Source Software (FOSS) dalam berkreasi di dunia digital, juga akan ditampilkan sebagai bagian dari kegiatan Workshop.

    Ajang ini juga memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk melihat showcase dari talenta TIK nasional, produk dan layanan dari sponsor, kompetisi game lokal, dan kompetisi robot yang selalu ditunggu-tunggu oleh para pengunjung INAICTA.

    Untuk keterangan lebih lanjut mengenai INAICTA 2010, silahkan kunjungi situs resminya di Indonesia ICT Award 2010.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page