6230i signal

Discussion in 'DCT-4' started by mazzany, May 15, 2010.

  1. mazzany

    mazzany New Member

    Messages:
    98
    Likes Received:
    278
    Trophy Points:
    0
    master2 sy ada garapan 6230i klo dinyalain sinyalnya kira2 3detik lgsg turun drop..
    kira2 apanya y??
    p.a udh ganti,swit antena udh ganti....
     
  2. Budhen

    Budhen New Member

    Messages:
    28
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    0
    Positif Bat kePA ada ga?
     
  3. dutagsm

    dutagsm Moderator Moderator

    Messages:
    1,544
    Likes Received:
    3,065
    Trophy Points:
    123
    problem signal All nokia dct4,wd2 & bb5

    mungkin semua pada udah mengerti langkah2 apa yg harus di analisa & dan yg akan dikerjakan,bila teman2 mempunyai kasus masalah signal.


    Dan sekarang saya akan memberi tips / cara analisa & cara pengerjaannya,ini sedikit info pengalaman tentang kasus/masalah signal ;

    Kerusakan paling banyak dan paling menjengkelkan adalah masalah sinyal. Ponsel semahal apapun tanpa ada signalnya tidak ada harganya. Juga bila membawa ponsel mahal sekalipun tapi problem pada signalnya maka bisa membuat malu pembawanya.
    Sinyal merupakan problem yang gampang-gampang susah bagi semua teknisi ponsel. Signal kebanyakan identik dengan PA atau IC PA, walau sebenarnya tidak benar seratus persen. Problem signal mempunyai banyak keterkaitan antara satu IC (komponen) dengan komponen yang lain.
    Untuk bisa menyelesaikan problem signal dibutuhkan beberapa syarat mutlak bagi setiap teknisi ponsel. Diantaranya :
    Teknisi harus mempunyai pengetahuan tentang fungsi tiap komponen, kedua, teknisi harus mempunyai alat test dan alat perbaikan, serta yang ketiga, teknisi harus mempunya kemampuan lebih atau ilmu plus, maksudnya teknisi harus bisa memecahkan problem dengan tehnik yang berbeda.

    Ada bebarapa macam tentang problem signal, diantaranya :
    1. Signal lemah
    2. Signal naik turun
    3. Signal pada lokasi tertentu
    4. Signal 5 detik
    5. No signal
    6. Signal 112 only
    7. Signal drop
    8. Signal semu
    9. Signal sim tertentu

    Langkah persiapan awal :
    a. Lakukan reset atau kembali pada pengaturan awal, yang dapat anda lakukan melalui menu lalu phone setting, setelah itu masukkan 12345.
    b. Lakukan panggilan 112 only atau jaringan manual, bila bisa maka IC RF dalam keadaan masih baik.
    c. Lakukan update pada software ponsel anda. Bisa juga melakukan downgrade bila dirasa perlu dan memang versi yang sebelumnya terlalu tinggi.
    d. Lakukan pengujian tegangan pada komponen seperti IC PA, IC RF, IC AUDIO, apakah sudah mendapat tegangan yang benar.

    Bila langkah awal atau persiapan sudah kita lakukan tetapi ponsel masih bermasalah maka dapat dilakukan penggantian komponen sesuai kerusakan yang dialami oleh ponsel tersebut.
    1. Signal lemah, lakukan penggantian pada IC PA, karena komponen ini berfungsi sebagai penguat.
    2. Signal naik turun, dapat terjadi karena VCO sudah lemah, fungsi referensi nya sudah terabaikan.
    3. Signal pada lokasi tertentu, gantilah IC PA nya, karena pasti memakai IC yang tidak orisinil, atau akibat penggantian antena nya.
    4. Signal 5 detik, terjadi kerusakan pada IC CPU, bisa karena ponsel jatuh, namun bila bukan karena jatuh anda dapat melakukan flashing eeprom virgin, sehingga ponsel jadi normal kembali.
    5. No. Signal, pada ponsel jatuh lebih banyak kerusakan pada IC Audio, fungsi konverternya tidak berhasil.
    6. Signal 112 only, merupakan signal hanya dari IC RF, anda bisa mengganti IC PA karena sudah tidak fungsi lagi.
    7. Signal drop, ini diakibatkan karena IC PA, walau IC PA sendiri masih berfungsi tapi pemakian arus yang sangat tinggi sekali, bisa mencapai 600 mA.
    8. Signal semu, indikator tampak baik dan penuh, tapi tidak bisa melakukan panggilan, lebih banyak dikarenakan Antena, fungsi penghubung yang terputus.
    9. Signal sim tertentu, dikarena program atau Software bisa dilakukan clear SP Lock dan bisa juga akibat penggantian IC PA tidak presisi atau IC PA tidak ori.

    10.kerusakan signal bisa terjadi dari kesalahan software,yg disebabkan dari

    a.FILE PM kurang bagus
    b.file tuning gak bagus [cdma]
    c.juga bisa disebabkan dari FITUR UI SETTING pada bagian fitur box,yg gak digunakan pada saat kita melangkah ke sofware.

    maka kesimpulan dari system kerja ponsel bila ada kasus signal kita harus teliti pada bagian software,yaitu;pm,tun cdma,ui setting,

    dan bila sudah di analisa oleh software dan masih tetep no signal barulah kita melangkah ke hardware,yg sudah disebutkan diatas langkah2 penanganannya.


    sekian info dari saya,

    mudah2an manfaat.

    Itu sedikit kutipan dari Master One2Cell yg share dikamar sebelah, masalah Boss Mazzany kayanya masuk kategori sinyal 5 detik.....


    :p:p:p:p:p

     
  4. ysf301282

    ysf301282 New Member

    Messages:
    37
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    0
    klo flashing eeprom virgin maksudnya apa bos?
    makasih
     
  5. tataki_ueda

    tataki_ueda Moderator Moderator

    Messages:
    688
    Likes Received:
    1,072
    Trophy Points:
    103
    PM terprogram pada EEPROM Ponsel (Electrically Erasable Programable Read Only Memory), pada Ponsel Nokia saat ini EEPROM sudah di emulasikan didalam IC Flash. Didalam PM ini akan tersimpan data-data informasi Ponsel yang telah diprogram oleh vendor pembuat seperti: parameter signal, IMEI (International Mobile Equipment Identifier), Security Code, ESN (Elektronik Serial Number), MIN (Mobile Identification Code), SID (Sistem Identification Code), dll
    Ada cara-cara khusus dalam perbaikan area EEPROM Ponsel Nokia, sebelum melakukan Flashing MCU dan PPM perlu melakukan Custom Errase terlebih dahulu, Custom Errase digunakan untuk menghapus data IC Flash pada alamat-alamat tertentu atau menghapus keseluruhan data IC Flash. Melalui Custom Errase ini kita dapat menghapus Area EEPROM Ponsel (PM). Setelah proses Erasing PM selesai Selanjutnya Flash MCU dan PPMnya. Selanjutnya kita tulis kembali EEPROMnya menggunakan File PM yang sesuai dengan type Ponselnya. Bila anda tidak mempunyai File PM Ponsel tersebut, anda dapat mem-backup dari Ponsel yang normal dengan cara ?Read PM? dari Ponsel yang sama Typenya. Sampai langkah ini Ponsel tidak akan Normal bahkan Ponsel akan menolak SIMCard, tidak akan mendapatkan signal karena status jaringan terkunci, atau Contact Service. Hal ini diakibatkan karena Ponsel dalam status terkunci, maka Ponsel yang telah dituliskan Pmnya perlu disesuaikan dengan Ponselnya dan melakukan Proses Unlock, maka anda perlu melakukan Unlock.

    sumber : dj_junkie
     
  6. pitoecell

    pitoecell New Member

    Messages:
    202
    Likes Received:
    114
    Trophy Points:
    0
    coba bos....dijalankan..amanahnya.........tp jg beresiko....yah....resolder UEM...first....coba bos....
     

Share This Page