"Ingin Pintar ? Kurangi Budaya Kopi Paste"

Discussion in 'Out of Topic' started by uchu, Jul 26, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. uchu

    uchu Super Moderators Super Moderator

    Messages:
    571
    Likes Received:
    1,783
    Trophy Points:
    103
    "Ingin Pintar ? Kurangi Budaya Kopi Paste"
    by: MeltDown(inspirasiku)

    Kopi dan Paste merupakan kegiatan yang paling mengasyikkan saat anda dituntut untuk mengerjakan sesuatu dengan cepat. Hal ini tentu sudah dialami oleh hampir kebanyakan orang. Namun, dalam kegiatan belajar, rupanya hal ini sangat rawan bagi ruang pemikiran anda. Karena anda akan mengalami berbagai rasa khawatir tentang ide original yang sebenarnya sangat mungkin untuk anda buat.

    Disisi lain, kopi paste memang dianjurkan sebagai sarana perbandingan ide. Namun, jika hal ini terus berlangsung, maka akibat terbesarnya akan menjadikan anda tidak percaya lagi pada apa yang anda fikirkan. Anda akan lebih cenderung mempercayai hasil karya orang. Anda akan cenderung membanggakan apa yang dibuat orang, dst. Kecenderungan-kecenderungan ini akan berakhir sangat tragis, yaitu anda akan menjadi manusia bodoh yang dianggap pintar.

    Misalnya saja, ketika anda harus mempelajari pemerograman. Jika anda terus melakukan kopi paste tanpa mempelajari apa yang dikopi, maka tentu yang muncul nantinya adalah karya tiruan. Sehingga, menurut saya, anda akan merasa kehilangan satu sisi kebanggan sebagai programmer. Saya pernah beberapa kali melihat cerita tentang seorang member di suatu forum yang mampu melakukan hacking dengan teknik kode-kode tertentu yang disampaikan. Namun, rupanya kode tersebut hanyalah duplikasi dari forum lain. Dan yang sangat disesalkan adalah, kode yang ia tulis diklaim (secara tidak langsung, karena tidak mencantumkan sumber) sebagai kode buatannya.

    Disini, kita tidak membahas tentang konsep Open Source yang memang sangat membolehkan anda untuk melakukan itu. Disini kita lebih membahas tentang Original Idea of Sources.
    Ide original memang cukup sulit untuk ditemukan. Namun, setidaknya anda melakukan re-code pada apa yang anda kopi, bukan mem-paste begitu saja tanpa berkeinginan memahaminya sedikitpun. Karena memang originalitas ide tidak mungkin habis. Ide tentang keterbatasan ide itu tidak layak untuk anda kagumi. Karena memang ide tidak boleh terbatas. Disitulah peran akal pada makhluk yang disebut manusia.

    Menurut saya, jika anda memang maniak kopi paste, maka setidaknya anda mampu untuk menjabarkan apa yang anda kopi, walaupun anda tidak bisa membuat kembali dari hal tersebut.

    Sebagai contoh, ketika anda berselancar di dunia Registry, pastikan mulai saat ini anda tidak hanya melakukan langkah-langkah sesuai prosedur yang diterapkan artikel. Mulailah dengan memahami perlahan dari setiap langkah. Mulailah untuk menghiraukan peringatan-peringatan eror yang muncul dari pekerjaan anda. Mulailah untuk berfikir pada langkah yang ditawarkan oleh sebuah artikel.
    Setidaknya hal ini akan melatih anda untuk melakukan sebuah trobosan original pada hasil karya anda nanti.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page