Kamus SEO: Istilah Dalam SEO dan SEM

Discussion in 'Internet & Web' started by one2cell, Jul 28, 2010.

  1. one2cell

    one2cell New Member

    Messages:
    294
    Likes Received:
    1,375
    Trophy Points:
    0
    Kamus SEO: Istilah Dalam SEO dan SEM


    Sebelum kita membuat web/blog kita harus menyiapkan strategi,supaya web/blog kita menjadi terbaca cepat oleh search engine.

    Dan inilah kamus/istilah yg harus dipelajari lebih dulu.


    Algorithm (Algoritma)

    Langkah-langkah matematis yang terbatas dan berurutan untuk memecahkan masalah.
    Setiap Search Engine memiliki algoritma masing masing untuk menentukan relevansi query yang digunakan dengan data-data website yang mereka miliki untuk menentukan daftar hasil pencarian search engine tersebut.

    Algorithmic Results

    Hasil yang disediakan oleh search engine berdasarkan algoritma tertentu atas respon terhadap query yang digunakan, dikenal sebagai Organic Listing.
    Biasanya search engine juga menampilkan Paid Listing bersamaan dengan Organic Listing. Meski demikian, daftar dari Paid Listing yang ditampilkan biasanya juga relevan dengan query yang digunakan.

    Alt Tag/Alt Text (Alternate Tag/Alternate Text)

    Teks yang ditampilkan sebagai pengganti dari gambar pada suatu halaman web site ketika gambar tidak bisa ditampilkan atau ketika mouse diletakkan di atas gambar tersebut.
    Alt Tag/Alt Text berguna dalam SEO karena dapat memuat keyword yang digunakan pada halaman tersebut.

    Analytics

    Teknik/teknologi, pemrograman dan data yang digunakan dalam Search Engine Marketing untuk menganalisa performa dari suatu website atau sukses dan tidaknya suatu website dalam hubungannya dengan Internet Marketing Campaign.

    Anchor Text

    Juga dikenal sebagai link, yang menghubungkan sebuah halaman website dengan halaman website lain atau bagian dari suatu halaman website dengan bagian lainnya dalam halaman yang sama.
    Anchor Text berguna dalam SEO karena Search Engine mempertimbangkan link yang berisi keyword sebagai link yang relevan.

    Backlinks

    Dikenal juga sebagai Backward Links atau Inbound Links, adalah semua link pada website lain yang membawa pengunjung pada website tersebut ke website Anda.
    Backlinks dapat menaikkan posisi website Anda pada SERP secara signifikan, apalagi apabila backlink tersenbut terdapat pada website dengan Page Rank yang tinggi.

    Banned

    Disebut juga sebagai Blacklisted atau Delisted, adalah URL yang telah dihapus dari indeks Search Engine, biasanya karena didapati telah melakukan Black-Hat SEO. Website yang termasuk di dalamnya akan diabaikan oleh Search Engine dan tidak dimunculkan dalam SERP.

    Banner Ad

    Gambar yang dipasang sebagai iklan. Banner Ad memiliki ukuran yang bervariasi, biasanya berukuran 125×125 pixels, 468×60 pixels, 300×250 pixels, 250×250 pixels atau 728x90pixels.

    Black Hat SEO

    Teknik SEO yang tidak wajar/tidak etis atau teknik yang dilakukan untuk menipu Search Engine dengan tujuan untuk mendapatkan posisi yang baik pada SERP. Termasuk di antaranya adalah Spam, Cloacking atau melanggar ketentuan yang ditetapkan oleh Search Engine.
    Melakukan Balck-Hat SEO dapat menyebabkan website Anda di-ban dari Search Engine.

    Broken Link

    Link yang tidak lagi mengarahkan pengunjung ke halaman website yang dituju.
    Search Engine tidak menyukai Broken Link, menjaga setiap link pada website Anda tetap aktif adalah salah satu hal yang penting dalam meningkatkan performa website Anda.

    Click Fraud

    Pelanggaran atau tindakan ilegal yang menyalahi aturan/kesepakatan dalam kerjasama iklan CPC atau PPC dimana pemilik website diuntungkan dalam hal meraih imbalan dari setiap pengunjung yang meng-klik iklan yang dipasang pada website mereka.

    Click-Through

    Kejadian dimana seseorang meng-klik suatu iklan atau link pada daftar website tertentu dan menuju website lainnya. Mendapatkan Click-through yang tinggi adalah salah satu tujuan utama dalam SEO.

    Click-Through Rate (CTR)

    Persentase antara pengunjung yang berasal dari meng-klik sebuah link tertentu terhadap total pengunjung yang menuju suatu website.

    Cloaking

    Usaha yang dilakukan untuk memberikan tampian yang berbeda terhadap pengunjung suatu website.
    Dalam hal tertentu, seperti membuat tampilan yang berbeda kepada pengunjung yang menggunakan browser berbeda bisa saja dilakukan. Cloacking menjadi ilegal ketika dilakukan untuk memberikan tampilan yang sama sekali berbeda terhadap pengunjung biasa dan Search Engine, hal seperti ini bisa menyebabkan website Anda dimasukkan dalam Blacklisted.

    Contextual Link Inventory (CLI)

    Data yang digunakan sebagai pembanding antara iklan yang sesuai dengan keyword tertentu terhadap konten suatu website.

    Conversion

    Istilah yang digunakan untuk menggambarkan berapa lama seorang pengunjung berada pada suatu halaman website dan pada akhirnya memutuskan untuk membeli sebuah produk yang ditawarkan, meminta informasi lebih lanjut atau mendaftarkan sebuah akun pada website tersebut.

    Conversion Rate

    Persentase perbandingan antara pengunjung yang memutuskan untuk membeli sebuah produk yang ditawarkan, meminta informasi lebih lanjut atau mendaftarkan sebuah akun pada website tersebut dengan total pengunjung yang mengunjungi website tersebut pada periode tertentu.

    Cost-Per-Acquisition (CPA)

    Disebut juga sebagai Cost-per-Action, merupakan variabel yang ditentukan dari perbandingan antara total klik yang didapat atau total biaya yang dikeluarkan dalam hal pemasangan iklan dengan conversion yang dihasilkan atau dapat dirumuskan: CPA = Cost / Conversion.

    Cost-Per-Click (CPC)

    Dikenal juga sebagai Pay-per-click atau Pay-per-performance, adalah sistem yang digunakan oleh Search Engines untuk menentukan biaya yang dikeluarkan oleh pemasang iklan untuk setiap klik yang dilakukan oleh pengunjung.

    Cost-Per-Thousand (CPM)

    Dikenal juga sebagai Cost-per-mile (mile = 1000 dalam bahasa latin) atau Cost-per-impression, adalah sistem yang digunakan oleh Search Engines untuk menentukan biaya yang dikeluarkan oleh pemasang iklan untuk setiap 1000 kali iklan dimunculkan.

    Crawler

    Dikenal juga sebagai Spider atau Robot, adalah program yang dijalankan oleh Search Engines untuk mengumpulkan data, mengikuti link yang ditemukan dan menyimpan setiap perubahan atau data baru yang ditemukan pada sebuah website dan menyimpan URL website tersebut pada indeks agar dapat menampilkan hasil pencarian yang lebih cepat dan akurat.



    lanjutannya di bawah ini............
     
    AN CELL, gogafone, blogger371 and 2 others like this.
  2. one2cell

    one2cell New Member

    Messages:
    294
    Likes Received:
    1,375
    Trophy Points:
    0
    Description Tag

    Dikenal juga sebagai Meta Description Tag, adalah kode HTML yang memberikan informasi/deskripsi kepada Search Engines yang berisi rangkuman informasi pada halaman website tersebut.

    Directory

    Daftar website yang dibuat secara manual oleh seseorang dan bukan oleh Cramwler.

    Doorway Page

    Dikenal juga sebagai Gateway Page atau Landing Page, berupa halaman yang minimalis dan berisi konten yang spesifik berdasarkan dan di-optimisasi untuk keyword tertentu dengan tujuan mendapatkan posisi yang lebih baik pada SERP.

    Dynamic Content

    Halaman/konten website yang berubah secara dinamis berdasarkan data pada database atau aktivitas yang dilakukan pengunjung. Halaman SERP adalah salah satu contoh Dynamic Content.

    Geographical Targeting

    Mentargetkan SEO dan SEM pada wilayah geografis tertentu seperti negara dengan maksud mengutamakan target pemasaran suatu bisnis pada wilayah tersebut.

    Geographic Segmentation

    Analsa yang digunakan untuk mengkategorikan asal kunjungan yang menuju suatu website berdasar.

    Graphical Search Inventory (GSI)

    Serupa dari Contextual Link Inventory, perbedaannya adalah data yang digunakan sebagai acuan berasal dari link yang bukan berupa teks seperti Banner Ad dan lain-lain.

    Gray Hat SEO

    Teknik yang bisa saja dianggap sebagai Black-Hat SEO atau White-Hat SEO.
    Yang termasuk dalam Grey-Hat SEO antara lain, Doorway Pages, Gateway Pages, Cloaking dan duplicate content.

    Hidden Text

    Teks yang disembunyikan dari halaman website dengan cara menggunakan warna yang sama dengan warna dari background tekst tersebut dengan maksud memberikan tampilan yang berbeda terhadap crawler dan pengunjung lainnya.
    Teknik ini termasuk dalam Black-Hat SEO dan akan menyebabkan website Anda Blacklisted karena crawler biasanya akan dengan menemukan trik ini dengan mudah.

    Hit

    Satuan untuk mengukur banyaknya akses terhadap suatu file pada sebuah website. Jika pada sebuah halaman website terdapat 10 gambar, maka setiap kali hlaman tersebut diakses akan tercata pula hit untuk setiap gambar tersebut.
    Hal ini kadang membingungkan, ukuran yang lebih baik untuk menganalisa performa sebuah website adalah jumlah kunjungan per halaman.


    HTML

    Singkatan dari Hyper-Text Markup Language, yaitu bahasa yang digunakan untuk membentuk sebuah halaman website.
    Halaman web merupakan terbentuk dari kode-kode HTML yang tertata dalam struktur tertentu.

    Hyperlink

    Gambar atau kumpulan teks yang apabila di-klik akan membawa seseorang menuju bagian lain dari website tersebut atau membuka website lainnya.

    Index

    Databse yang dimiliki oleh search engine yang berupa halaman-halaman website yang didapatkan oleh crawler.

    Impression

    Dikenal juga sebagai Page View, adalah ukuran yang menunjukkan tampilan dari sebuah halaman web atau iklan (dalam hal pemasangan iklan).

    Internet Marketing

    Penggunaan internet dalam hal promosi (advertising), menjalin jaringan dan atau menjual produk atau jasa.
    Dalam hal dan level tertentu, Internet Marketing disebut Search Engine Optimization.

    Keyword

    Dikenal juga sebagai search terms atau query terms atau dalam Bahasa Indonesia disebut dengan “Kata Kunci”, adalah kumpulan kata atau kalimat yang digunakan pada halaman pencarian untuk mendapatkan informasi yang berkaitan.

    Landing Page

    Halaman website yang terbuka setelah seseorang meng-klik link yang bisa berupa iklan, hasil pencarian (SERP) dan lain-lain.
    Landing Page biasanya juga digunakan untuk memonitor performa dari pemasangan iklan dan mengukur kesuksesan dari iklan tersebut.

    Link Baiting

    Sebuah konten yang secara langsung mengajak orang lain untuk memasang backlink menuju website tersebut, biasanya juga dibarengi dengan penyajian konten yang berguna bagi pengunjung.
    Link Baiting merupakan teknik White-Hat SEO dan digunakan untuk meningkatkan popularitas suatu website dan Page Rank.

    Link Exchange

    Pertukaran link antara dua website dengan persetujuan bersama antara pengelola kedua website tersebut.

    Link Farm

    Halaman web atau beberapa website yang dibuat semata-mata hanya untuk meningkatkan jumlah baclink website-website yang tergabung di dalamnya.
    Dalam kapasitas tertentu, praktek Link Farm dianggap spam oeh search engine dan bisa mengakibatkan website-website yang terlibat blacklisted.

    Link Popularity

    Satuan yang menunjukkan popularitas sebuah website dari jumlah backlink yang dimilikinya.

    Listings

    Daftar website yang dimunculkan oleh search engine yang diurutkan berdasarkan ranking tertentu sebagai hasil dari pencarian dengan query tertentu.

    Meta Tags

    HTML tag/Kode HTML yang ditempatkan pada sebuah halaman website yang berisi informasi yang dapat dibaca oleh search engine.
    Meta tags biasanya berupa informasi yang menunjukkan konten halaman website tersbut (Meta Description), keywordsMeta Keywords) dan lain-lain. yang relevan dengan konten (

    Natural Listings/Natural Optimization

    Atau disebut juga sebagai Organic Listing, daftar website yang dimunculkan sebagai hasil pencarian search engine yang semata-mata berdasarkan dengan relevansi antara keyword yang digunakan sebagai query dengan konten website dalam daftar tersebut.

    Natural SEO

    Optimisasi sebuah website yang semata-mata mengutamakan relevansi keywords dengan konten, desain dan struktur halaman yang tepat dan cara-cara White-Hat SEO lainnya ketimbang memasang iklan untuk dapat menempati listing pada halaman pertama SERP.

    Outbound Links

    Lawan kata dari Inbound Links, adalah link yang mengarahkan pengunjung menuju halaman lain pada website yang sama atau website lainnya.
    Jumlah Outbound Links yang terlalu banyak pada suatu website dapat mempengaruhi SEO secara negatif atau bahkan bisa saja dianggap Link Farm.

    Page Rank (PR)

    Algoritma yang dibuat oleh Google untuk menganalisa link yang dimiliki sebuah website. Website dengan Page Rankbacklink yang lebih baik. dengan nilai yang besar memiliki kualitas

    Paid Listings

    Lawan dari Natural Listing/Organic Listing, adalah layanan yang diberikan oleh search engine untuk menempatkan sebuah website pada posisi pertama SERP. Contohnya, Google AdWords.

    Pay-Per-Click (PPC)

    Sistem yang menentukan nilai yang harus dibayarkan oleh pemasang iklan dari setiap klik yang dilakukan oleh pengunjung atas iklan yang dipasang pada program Paid Listing seperti AdWords.

    Position

    Disebut juga sebagai Rank adalah posisi sebuah website pada SERP yang relatif dihitung dari posisi tertinggi (pertama) hasil pencarian tersebut.

    Query

    Pertanyaan atau keyword yang dimasukkan pada form pencarian search engine untuk mendapatkan daftar website yang relevan dengan hal tersebut.

    Registration

    Dikenal juga sebagai Search Engine Submission yaitu proses mendaftarkan URL sebuah website pada search engine agar dapat dimunculkan pada SERP.

    Robots.txt

    Dikenal sebagai Robot Exclusion Protocol, adalah sebuah file yang ditempatkan pada server sebuah website yang memberitahu crawler dari search engine bagian mana yang dapat atau tidak dapat di-indeks oleh search engine tersebut.

    Search Engine

    Website yang menyediakan layanan yang memperbolehkan pengunjung untuk mendapatkan daftar website yang seusai/relevan dengan query atau keywords yang dimasukkan sebagai input oleh pengunjung tersebut.

    Search Engine Marketing (SEM)

    Istilah yang digunakan sebagai cara untuk memasarkan sebuah website melalui teknik-teknik Search Engine Optimization.

    Search Engine Optimization (SEO)

    Modifikasi dan penyesuaian yang dilakukan pada sebuah halaman website untuk mendapatkan rank yang lebih baik pada SERP.

    Spam

    Dalam hal ini spam adalah istilah yang digunakan untuk menyebut semua penggunaan teknik yang bertentangan dengan pedoman yang ditentukan oleh search engine atau usaha untuk mendapatkan rank yang lebih baik dengan cara-cara ilegal.

    Title Tags

    Tag HTML yang digunakan dalam struktur sebuah halaman website yang menunjukkan judul dari halaman tersebut.

    Unique Visitor

    Istilah yang digunakan sebagai satuan untuk menunjukkan jumlah kunjungan pada sebuah halaman website yang berasal dari IP Address yang sama pada periode tertentu.

    Web Analytics

    Analisa yang dilakukan untuk mengukur performa sebuah website terhadap data yang dimiliki seperti, Unique Visitors, Hits, Page Views dan lain-lain.




    Demikian sekelumit pengalaman saya tentang Kamus SEO.

    smoga berguna bagi Newbie seperti saya ini..







    salam
    one2cell

    FlasherCommunity.com Training & Service Phones
     
  3. irfanka

    irfanka New Member

    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    makasih banget gan ..mantab
     
  4. SUPLEMEN FITNESS

    SUPLEMEN FITNESS New Member

    Messages:
    7
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    0
    LAHHH SEPI MAS BRO
    PADAHAL INFONYA BAGUUUUUUUSSS BANGET,,,
    KAYAK JAMAN SEKOLAH NIH RAPI DAN MANTEP INFONYA ,,,
    NUMPANG NYIMAK LAGI AHHH,, BIAR JADI DUIT...:rock::rock::rock:
     
  5. masterMD

    masterMD Well-Known Member

    Messages:
    2,270
    Likes Received:
    62
    Trophy Points:
    58
    Pernah baca gan pasti hasil copas juga ya,hehehe...
     
  6. gudangnomor

    gudangnomor New Member

    Messages:
    5
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    0
    thanks infonya sangat membantu :)
     
  7. mas toro

    mas toro Webmaster Product Supporter

    Messages:
    516
    Likes Received:
    540
    Trophy Points:
    103
    nice info gan
    ngmg2 mau nambahin udah lengkap i gelar je:D
     
    kumala26 likes this.
  8. pulsamurahku

    pulsamurahku New Member

    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    info yang sangat menarik... makasih infonya gan... mantap deh pokoknya.
     
  9. oktoral

    oktoral Member

    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    11
    wah ikutan nyimak, skalian mau tanya ada tips and triknya nggak gan, buat belajar SEO
     
  10. blogger371

    blogger371 New Member

    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    wah lengkap banget istilah-istilahnya,,,makasih gan sharing ilmunya
     
  11. sahenk

    sahenk New Member

    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Wah mantap gan lengkap banget dari A sampe Z ada,
    makasih gan sudah mau share
     
  12. dedi_cell89

    dedi_cell89 New Member

    Messages:
    30
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    0
  13. addakhil

    addakhil Active Member

    Messages:
    78
    Likes Received:
    38
    Trophy Points:
    28
    Mantep ilmune, Bos.. Newbie ikutan nyimak..
    Yang mau nambahin, ayo segera dishare, Bos..
     
  14. Glewor

    Glewor New Member

    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Makasih gan infonya sangat membantu,..
     
  15. dedi_cell89

    dedi_cell89 New Member

    Messages:
    30
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    0
  16. komunikasys

    komunikasys New Member

    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    bagus infonya... thx dah dirangkumin.. padahal klo baca bukunya sih lebih tebel...
     
  17. Ekadwi

    Ekadwi Member

    Messages:
    14
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    13
    kurang ngerti hehhe...;)
     
  18. sebelas12

    sebelas12 Well-Known Member

    Messages:
    713
    Likes Received:
    111
    Trophy Points:
    53
    Baru tau ane ada istilah sebanyak itu. Masih ga terlalu faham jg sih
     
  19. AN CELL

    AN CELL Member

    Messages:
    42
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    tambah elmu :clap:

    #meski belum paham :confused:
     

Share This Page