Apa bisa Battery CMOS di isi ulang?

Discussion in 'PC & Laptop' started by deblenks, Jul 29, 2010.

  1. deblenks

    deblenks New Member

    Messages:
    111
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    0
    Sebelumnx mohon maaf klo repost, d tempat aq sering mati lampu, nah.. Otomatis konsumsi Battery CMOS boros, udah pernah beli lima Battery CMOS untk stock, namun kualitas battery yg aq beli kurang memuaskan,hanya d pakai 1 bulan udah abis, posisi aq d kalteng n tugas kerja d daerah pedalaman (produksi kelapa sawit)

    Pertanyaanya:
    1.Bisa tidak Battery CMOS di isi ulang?
    2.Jika bisa di isi ulang, Jenis battery apa n merk apa (aq menggunakan motheboard ''Next'')
    3.Berapa harga n dimana aq bisa mendapatkanya?

    Sebelunya terima kasih.
     
  2. reina

    reina Active Member

    Messages:
    304
    Likes Received:
    83
    Trophy Points:
    38
    biasanya smbil d pake ngisi trus.. maaf klo salah..
     
  3. hsuheta

    hsuheta New Member

    Messages:
    1,054
    Likes Received:
    49
    Trophy Points:
    0
    setujah gan,
     
  4. netps7cho

    netps7cho New Member

    Messages:
    156
    Likes Received:
    38
    Trophy Points:
    0
    Kayaknya itu mobonya yg bermasalah dch.
    Coba di bersihin, trus flash biosnya dch.
    Maaf kalo salah mohon di koreksi
     
  5. deblenks

    deblenks New Member

    Messages:
    111
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    0
    Mati lampu d tempat aq mulai jam 7:00 s/d 12:00, biasanx kompi aq pake mulai jam 20:00-22:00 (kecuali hari minggu kompi full d pakai untk lembur), jika kompi d pakai n bisa cas sendiri, berapa lama bs bertahan? dan apa resikonx jika di biarkan battery cmos dalam kondisi kosong (tidak ada tegangan/daya)?
    Terima ksaih
     
  6. reina

    reina Active Member

    Messages:
    304
    Likes Received:
    83
    Trophy Points:
    38
    paling brtahan kurang lbih 2hari,pengaruhnya paling cm ma waktu atw jam yg ngaco tu aja.. maaf klo salah.. mungkin tmn2 ada yg lbih tau..
     
  7. kchox

    kchox New Member

    Messages:
    159
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    0
    Kalau batere cmos kayakna nggak bs diisi ulang, murah kok 5000 perak dah bs dipake setaun, kalo sering mati batere cmosnya tdk kompatible, coba gonta ganti merek, maxell, dst.
     
  8. deblenks

    deblenks New Member

    Messages:
    111
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    0
    Ini jenis battery sebelum aq ganti:

    K T S
    LITHIUM BATTERY
    JAPAN STD
    CR2032

    Dan udah aq ganti dgn jenis yg sama, tp ga tahan lama (1 bln habis)
     
  9. rosadtea

    rosadtea New Member

    Messages:
    177
    Likes Received:
    81
    Trophy Points:
    0
    betulll tuh, coba pake UPS buat dukungan powernya. emang kalo cmos klamaan mati ngerembet ke waktu dan nyasar ke RAM.
     
  10. m4d4

    m4d4 Well-Known Member

    Messages:
    374
    Likes Received:
    126
    Trophy Points:
    53
    klo kompi ane ta kasih batere HP bos.ane solderr gitu,sedikit ngaco sih,:D...cz ane sebel bli paling cuman bertahan 1bln doank...pke batere HP ud 3bln blm da tanda2 abis.he3x.......:pound:
     
  11. deblenks

    deblenks New Member

    Messages:
    111
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    0
    Wah.. Klo emang bisa, lumyan buat alternatif sementara untuk gantikan Battery Cmos, ntu jenis battery hp-nya apa gan?
     
  12. irt3k

    irt3k New Member

    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    betul gan, itu akibat dari cmos yg kehilangan sumber listrik. tapi kalo dipikir2 kekna ada masalah pada mobo'x deh, coz kompi gw dah ampir 4 tahun aman2 aja, gk pernah ganti batrey cmos, padahal ntu kompi dipake wat rental :)
     
  13. N8250

    N8250 Super Moderators Super Moderator

    Messages:
    1,435
    Likes Received:
    847
    Trophy Points:
    123
    Iya banyak kok di jual batrai nya tinggal beli trus pasang jadi deh...
     
  14. deblenks

    deblenks New Member

    Messages:
    111
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    0
    Kek nya ribet jg klo user rumahan slulu dipusingkan ama Battery Cmos mlulu, tp d tmpat aq emang masalahnx ada pd listrikx mati klo pagi hari, mulai jam 7 pagi sampek 12 siang baru hidup, maklum.. Namanx jg ikut perusahaan
     
  15. Sopandi

    Sopandi Member

    Messages:
    12
    Likes Received:
    46
    Trophy Points:
    23
    Battery cmos fungsinya untuk arus penyimpan data settingan MB CMOS yang kebutuhannya sangat
    kecil memakai arus semestinya bertahan lama, maka apabila battery cmos cepat habis bisa beberapa
    kemungkinan :
    1. Sambungan antara battery dengan dudukan di MB kotor, coba bersihkan dengan tinner lalu dengan
    alkohol benar-benar bersih.
    2. Terjadinya lembab di jalur rangkaian battery cmos, ini terjadi bila borosnya battery di ganti battery
    satu kali dan di ganti lagi kedua kalinya battery awet dengan dinyalakannya PC sehinggga lembab
    jadi hilang.
    3. Terjadinya elco (electrolit condensator) kering pada jalur rangkaian ke batterry cmos tsb, saehuingga
    tiap pertama kali PC di nyalakan memakan arus dari battery karena elco tsb tidak bisa menyimpan arus,
    ini mesti di ganti, letaknya tergantung MB (harus hati-hati atau oleh tenaga ahli).
    4. Kwalitas baterrynya yang kurang bagus, karena di pasaran sekarang banyak penjualan yang jauh
    dari standar kwalitas aslinya.
     
  16. andrilaredo

    andrilaredo Active Member

    Messages:
    224
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    28
    Cek elco nya.... udah pada hamil belum? (melendung)
     
  17. aresdinasty

    aresdinasty Moderator Moderator

    Messages:
    444
    Likes Received:
    114
    Trophy Points:
    53
    mencoba menjawab:
    1. Batt CMOS : tidak bisa di isi ulang, klo beli murah ko bang paling 5000 perak :peace:
    2. Semua merk bagus ko bang
    3. Mudah untuk mendapatkannya kalo abang kesulitan di daerah abang silahkan hubungi YM aku bang ta coba bantu kirim ke sana :thumb:

    cek MOBO dan PSU anda mungkin ada yg salah :thumb:
     
  18. pDe

    pDe New Member

    Messages:
    127
    Likes Received:
    17
    Trophy Points:
    0
    mobo ente bermasalah bro, betul kata bro yg diatas. biasanya elco di jalur cmos dah kering. cmos bs di isi ulang tp tidak bertahan lama <1 mingguan> menggunakan PSU unit
    karena ane dah berkali-kali nge-cas cmos,

    (tidak dianjurkan tp untuk keadaan darurat aja/ mentok malem2 btuh cmos tp toko dah tutup):cool:
     

Share This Page