Belajar memahami MTK base di sini

Discussion in 'Chinese Phone' started by opank, Sep 25, 2010.

  1. opank

    opank Well-Known Member Super Member

    Messages:
    398
    Likes Received:
    572
    Trophy Points:
    103
    Firmware


    MediaTek merilis platform firmware dengan referensi yang mereka gunakan semua sama (setelah berbagai tingkat modifikasi). yang berarti bahwa semua Firmwares MediaTek didasarkan pada basis kode yang sama, dan dengan demikian semua telepon MTK adalah mirip, minimal kemiripan fitur dasar. Sebagai contoh: kode UI dasar, seperti bahasa penanganan, input, dan sumber daya kode penanganan akan sama. Inilah sebabnya mengapa satu MTK Firmware Editor dapat membuka hampir semua Firmwares MTK, dan berhasil mengedit sumber daya yang terkandung di dalamnya.


    Biasanya Firmware dirilis dengan seperangkat driver khusus untuk konfigurasi hardware target. masing2 model ponsel yang berbeda tidak akan memiliki tipe yang sama pada konfigurasi layar LCD, FM tuner chip, BT chip, kamera (s), dll. Tapi tidak ada jaminan bahwa ponsel model yang sama, dibuat pada tanggal yang berbeda akan memliki konfigurasi yg sama. Memang ponsel model yang sama diproduksi hanya beberapa minggu (atau hari) selain dapat memiliki hardware yang berbeda. Hal ini karena dalam 5 versi firmware yang berbeda satu Model yg sama bisa saja dirilis bukan karena perbaikan firmware / pembetulan bug, tapi karena hardware di telepon telah berubah dan driver baru yang diperlukan.

    Apa ini juga berarti bahwa sebagian besar waktu untuk "upgrade" firmware pada ponsel ini akan menghasilkan bricking, atau kehilangan atau kerusakan perangkat yang terpasang (layar, kamera (s), BT, dll)

    Sebagai contoh: layar putih, layar hitam, layar tidak, setelah berkedip, tetapi mendengar telepon berbunyi bermain startup adalah karena layar ponsel baik yang berbeda, atau terhubung secara berbeda di hardware, dan pengemudi di firmware kita sudah menyala isn ' mampu menanganinya t. Similarly, loss of camera support, or malfunctioning keys are all symptoms of this. Demikian juga, kehilangan dukungan kamera, atau tombol rusak semua gejala ini.

    Sejumlah Firmwares MUNGKIN memiliki beberapa driver kompilasi di dalamnya, dengan resource tepat yang ada di Menu Engineer, sehingga dalam beberapa kasus mungkin bekerja normal. Juga konfigurasi hardware model mungkin stagnan, karena suatu hal yg berlebihan dari suku cadang yang digunakan dalam rancangan aslinya, dalam hal ini memungkinkan, dan kemungkinan berguna. Namun Sayangnya, hal ini tidak terjadi pada sebagian besar firmware.
    karena itu adalah SANGAT dianjurkan untuk SELALU membackup file flash secara FULL, pada kondisi awal ponsel bermasalah, hal ini untuk menghindari hal2 bikin frustrasi.

    T: Dapatkah saya menggunakan Firmwares dari telepon MTK lain? Karena ponsel memiliki fitur yang saya inginkan.
    J: 90% kemungkina ponsel tidak start-up. 100% tidak akan berfungsi normal.

    T: Dapatkah saya meng-upgrade versi firmware pada ponsel saya?

    J: Anda dapat mencoba, tapi SELALU BACK-UP file flash asli, kemungkin hasilnya tidak seperti yang diinginkan.



    To be Continued..


     
  2. opank

    opank Well-Known Member Super Member

    Messages:
    398
    Likes Received:
    572
    Trophy Points:
    103
    Mengidentifikasi Firmwares oleh versi


    Firmwares MTK memiliki apa yang disebut, kode versi, bahwa ketika masuk akan menampilkan versi firmware telepon. Anda dapat menemukan satu set tersebut dalam Lampiran A, tetapi yang paling umum adalah * # 8375 #, dan * # 4853 * #

    Telepon harus segera menampilkan versi padA layar setelah Anda memasukkan code dengan benar, seharusnya tidak perlu menekan apa-apa lagi. Jika tidak, maka Anda tidak muncul, berarti kode tidak tepat untuk telepon tersebut, atau ponsel tidak mempunyai kode untuk itu, sebagai salah satu hal pertama yang tampaknya beberapa pengembang firmware lakukan adalah mengubah ini untuk value acak memasukkan kode-kode ini Anda akan mendapatkan versi string ( ex: A6V2.2.2.) dan Membangun Time (ex.: 2007/12/04 18:31)

    Mungkin terpikir bahwa pengecekan ini akan cukup untuk mengidentifikasi firmware, hal itu salah. Contoh, Kedua Firmwares di bawah ini berbeda, dan hardware dari kedua telepon tidak cocok. Jadi flash salah satu dari ini ke telepon yang memiliki satu lain
    itu awalnya, akan menghasilkan sebuah layar putih, dan telepon tidak dapat digunakan.

    Code:

    * A6V2.2.2 - [BUILD TIME: 2007/12/04 18:31] * A6V2.2.2 - BUILD [WAKTU: 2007/12/04 18:31]
    * A6V2.2.2 - [BUILD TIME: 2007/12/18 14:46] * A6V2.2.2 - BUILD [WAKTU: 2007/12/18 14:46]

    Ini bisa juga terjadi sebaliknya dengan Build Times yang identik dan string versi yang berbeda. Ini adalah pengalaman saya yang membandingkan kedua string dan waktu pembuatan cukup untuk melihat versi firmware, tapi saya biasanya membaca kembali 10kilobytes pertama dari firmware dari telepon dan membandingkannya dengan versi di file yang saya miliki, hanya untuk memastikan.


    To be Continued..
    File sistem

    File sistem terbentuk setelah firmware terinstal pada chip flash. System/User FS, etc.. solusi flashing berbeda menyebutnya berbeda termasuk FAT, FFS, NVRAM, Sistem / Pengguna FS, dll.

    Bagian ini berisi beberapa sistem file aktual (FAT12, FAT32) yg strukturnya terletak di layer bagian atas data penyimpanan. Kemungkina tidak ada software yang dapat menangani struktur layer atas ini, sehingga akses ke sistem file dalam hanya mungkin melalui telepon itu sendiri untuk sementara waktu. File sistem ini berisi semua data yang digunakan oleh firmware dari data sistem seperti pengaturan driver perangkat, untuk data pengguna seperti buku telepon, pesan, atau data account pengaturan. Ketika orang merujuk ke format telepon, mereka mengacu pada sistem file. Format seperti format sistem file pada hard disk PC biasa, atau flash drive menghapus semua data yang tersimpan dalam sistem file. Saat menggunakan telepon setelah format itu akan mengembalikan semua file yang dibutuhkan di dalam file systems, dan mengisinya dengan default hardcode. Hal ini termasuk semua data kalibrasi, dan pengaturan driver perangkat. Berlawanan dengan pendapat umumbahwa format sistem file tanpa back up adalah sesuatu namun aman. Sebagai default hardcoded dapat berbeda dari nilai-nilai yang ditetapkan pabrik, jadi ada beberapa hal yang akan mempengaruhi dengan membiarkan telepon menggunakan default hardcoded. Cara terbaik adalah selalu BACK-UP setiap ponsel yg anda sedang repair, karena mereka hanya sebagian kecil dari isi flash sehingga dibutuhkan sekitar 15-30 detik, dan sekali lagi: mungkin ini menyelamatkan dari banyak frustrasi dalam jangka panjang. Apa yang harus diingat tentang sistem file adalah bahwa IMEI, dan data pribadi juga disimpan di sini, sehingga Anda mungkin ingin berpikir dua kali untuk membagi Firmwares FAT Anda termasuk, karena masalah privasi. Jika orang lain yang akhirnya menggunakan firmware Anda tidak mengetahui fakta ini, mereka bisa berakhir membuat beberapa telepon yang menggunakan IMEI yang sama (Salam!). berdasarkan pada operator, dapat mengakibatkan melarang IMEI dari jaringan, langsung render semua ponsel yang menggunakan itu, bisa dioperasi, atau kasus lain, di mana telepon dengan kata IMEI dilaporkan dicuri.

    Misalkan Anda memiliki 10 ponsel dengan firmware yang sama, Anda men-download firmware dari Telepon # 1 memodifikasinya dengan editor, dan di tulis/flash ke Telepon # 2 - # 10. Maka Anda sekarang memiliki 10 ponsel dengan IMEI SAMA. Apa yang harus Anda lakukan adalah mengembalikan backup masing sistem file dari semua telepon dan setelah full flash, atau jika mungkin, patch-flashing telepon Anda. (Ini berarti hanya flash bagian yang ingin Anda modifikasi dan membuang file flash full, tapi hal ini tidak selalu memungkinkan.)



    Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa bias saja ada proteksi dari pabrik dalam menggunakan sistem file. Misalnya proteksiu PSN: hal itu di proteksidalam bentuk kode serial yang mengacu pada hardware ID khusus disimpan dalam file sistem.Jika Anda flash file flash fulldari salah satu ke ponsel ke ponsel lain, meskipun versi yang sama, ponsel target akan menyala dengan "Daftar Mercury" Dan akan STOP BERFUNGSI setelah beberapa minggu. Jika Anda belum membackup sistem file telepon, maka ponsel tsb memformat ulang setiap file system dalam beberapa minggu untuk start up, atau dengan kata lain, sebuah telepon yang tidak bisa dijual. Sedikit BOX yg mampu meperbaiki proteksi PSN, tapi Box tsb mahal.. Jadi sekali lagi: Yang perlu diingat adalah untuk SELALU MEMBACKUP FILE FIRMWARE. Yang terbaik adalah memiliki full backup, tetapi paling tidak, jika Anda telah memiliki salinan lengkap untuk versi firmware tertentu pada ponsel, Anda masih harus mengambil 1 menit untuk kembali ke sistem file dari semua telepon. Anda hanya dapat berterima kasih kepada diri sendiri nanti.



    T: Apa yang harus saya backup?

    J: Setidaknya 1 salinan lengkap per fw versi, dan bagian sistem file untuk setiap telepon.

    To be Contined..
     
  3. opank

    opank Well-Known Member Super Member

    Messages:
    398
    Likes Received:
    572
    Trophy Points:
    103
    lebih lengkapnya yang ini gan......
    kalo bermanfaat kirim cendol y......
     

    Attached Files:

    cakra2, heri eko, viandra and 25 others like this.
  4. nuanz

    nuanz New Member

    Messages:
    8
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    boss opank reviewnya lbh ok lg kalo ma skema..:)
     
  5. ranacell

    ranacell New Member

    Messages:
    57
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    0
    cuma bisa manggut mangut aja............
     
  6. opank

    opank Well-Known Member Super Member

    Messages:
    398
    Likes Received:
    572
    Trophy Points:
    103

    yang kaya gimana lg neh gan.... saya rasa ini dah detail ko..... coba bolak balik lgi di bacanya.......:thumb::thumb::thumb:
     
    bledhuk and vkun like this.
  7. harec el huda

    harec el huda Member

    Messages:
    86
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Mantap boss.semoga dgn pencerahan makin bertabah ilmu para ''djawirer''.thanks xxxxxx....
     
  8. dellava

    dellava Member

    Messages:
    59
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    18
    Thank's Bos Keterangan Yang Sangat Berguna
     
  9. jp cell

    jp cell New Member

    Messages:
    41
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    0
    buat tambah ilmu....... thanks 4 opank......;);););)
     
    Azie_Cell likes this.
  10. helmyhelmy

    helmyhelmy Member

    Messages:
    13
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    13
    thanks ilmunya...
     
    Azie_Cell likes this.
  11. harryzi

    harryzi New Member

    Messages:
    5
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    0
    thx ilmu gan
     
    eka saraswita likes this.
  12. herry eko

    herry eko Member

    Messages:
    11
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    13
    :peace: :thumb: ijin unduh boss...semoga bermanfaat dan nambah ilmu saya
     
  13. Agacell

    Agacell Active Member

    Messages:
    217
    Likes Received:
    30
    Trophy Points:
    38
    ijn sedot bos.. klo ada yang kurang paham boleh tanya kan....:eek:
     
  14. ferry suhaimi

    ferry suhaimi New Member

    Messages:
    14
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    0
  15. latansa cell

    latansa cell Member

    Messages:
    60
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    wah tahun baru dapat ilmu baru nih :thumb::thumb:
     
  16. Lukman hakim

    Lukman hakim New Member

    Messages:
    69
    Likes Received:
    59
    Trophy Points:
    0
    Mksh gan, tmbh ilmu lagi..
     
  17. nurcipto

    nurcipto Active Member

    Messages:
    154
    Likes Received:
    26
    Trophy Points:
    38
    o jadi gitu ya gan...:eek:
     

Share This Page