Info silaturahmi aspindo

Discussion in 'Pulsa All Operator' started by samscell, Dec 20, 2010.

  1. samscell

    samscell New Member

    Messages:
    1,849
    Likes Received:
    27
    Trophy Points:
    0
    Silahturahmi Aspindo dan XL
    Hari Selasa tanggal 5 Oktober 2010 jam 09:30-12:00Wib
    Lokasi: Menara Prima Lt 20, Mega Kuningan, Jakarta.

    Perwakilan Pengurus Aspindo:

    1. Dwi Lesmana Y
    2. Andry Desuardi
    3. Atto Sunarto
    4. Rudy M. Alif
    5. David
    6. Wahyu Dharmawan
    XL: Bp Joedi Wisoeda (Vice President Channel Strategy and Management)


    Agenda:

    1. Perkenalan Aspindo dan XL


    • XL sangat terbuka dan senang dengan kedatangan team aspindo
    • Utk melancarkan komunikasi maka akan dibuat milist khusus antara pengurus Aspindo dengan team XL, shg bisa saling update informasi.
    • Pada prinsipnya XL mengakui Server Pulsa sebagai bagian dari jalur distribusi pulsa mereka

    2. Penjelasan mengenai KOMIK yg dulu sempat menghebohkan


    • XL tidak ada maksud utk memusuhi server
    • Keluarnya komik tersebut bertujuan utk mengedukasi market XL bahwa kalau isi ulang dengan dompul maka complain bisa langsung ke CS XL sedangkan untuk isi ulang yang lewat All Operator/Multichip complain lewat CS all Operator/Multichip yg bersangkutan.
    • Karena berdasarkan evaluasi internal XL, complain isi ulang yang masuk ke CS XL utk isi ulang sekitar 11rb-an complain, dari 11rb-an complain tsb yg benar-benar complain krn trx langsung dompul hanya 700-an, sisanya karena lewat All Operator/Multichip.
    • Dengan kondisi tersebut team CS XL dianggap tdk bisa closing complain dan mengakibatkan KPI mereke rendah
    3. Penjelasan terhadap kebijakan Cluster


    • Pada prinsipnya stok cluster dibuat seimbang antara Demand dan Suppply
    • Demand yang dimaksud adalah BTS Revenue, semakin banyak Revenue/Demand dlm cluster maka akan semakin banyak supply stoknya
    • Setiap AD yang ditunjuk bertangggung jawab utk mengelola cluster supaya terjadi pertumbuhan Demand dalam Clusternya. Istilah pak Joedi untuk cluster adalah ladang/sawah yg harus dicangkul dan ditanami supaya menghasilkan.
    • KPI terhadap AD antara lain: Compliance (rasio canvaser/outlet, Chip mati tdk boleh diatas 5%,quota dll), Revenue performance (sales target, company target dll) dan Cluster Revenue performance
    • Supply stok sudah termasuk dengan tambahan buffer stok untuk pertumbuhan revenue, bisa sekitar 5-10% tergantung kondisi cluster.
    • Yg menjadi masalah apabila dalam satu cluster terdapat banyak server, permintaan supply stok jauh melebihi dari demand/revenue bts cluster, sehingga permintaan supply stok tdk bisa dipenuhi oleh AD.
    • Aspindo dipersilahkan menginformasikan AD mana yg distribusi stoknya dianggap tdk merata, team XL akan melakukan cross check, apabila memang terbukti kesalahan AD (misal stok utk server sendiri dll) maka AD yg bersangkutan akan dikenakan SP/Surat peringatan.
    • SP/Surat peringatan yang akan dikeluarkan oleh XL antara lain:
      - SP1 utk kategory pelanggaran ringan, dikasih kesempatan utk memperbaiki
      - SP2 pemotongan 50% komisi AD
      - SP3 terminasi AD, diganti AD yg performance bagus
    • KPI AD untuk pertumbuhan chip dompul sdh dihilangkan atau tdk jadi prioritas, sehingga diharapkan sudah tdk ada chip outlet yg fiktif lagi krn mengejar KPI tsb.

    4. Penjelasan penyamaan harga


    • Kebijakan harga jual ke RS/Server diatur oleh XL, seperti denom 5=5200. Apabila ditemukan AD yg menjual dibawah harga tsb maka akan kena SP
    • Penyamaan harga jual berlaku nasional, sehingga diharapkan tdk adanya cross selling antar cluster yang dikarenakan adanya perbedaan harga.


    5. Penjelasan mengenai problem transaksi yg sering terjadi


    • Beberapa bulan yg lalu XL sdh menemukan temporary solution utk membuat trx lancar dengan cara merefresh secara periodik puluhan server/domain transaksi dompul.
    • Utk menemukan permanen solution atau root causednya, pihak vendor sedang gather data/log di salah satu server/domain dompul XL setiap terjadi masalah.
    • Sehingga saat ini ada beberapa transaksi chip dompul yg teregristasi di satu server/domain tersebut kadang masih bermasalah.
    • Diharapkan secepatnya sudah bisa fix solusinya.
    • Mengenai Notifikasi "Transaksi DOMPET PULSA anda sedang diproses (maksimum 10 menit)." Dari XL sudah order Change Request (CR) ke Vendor (Amdoc) untuk diganti dengan notifikasi yang lebih jelas (Berhasil/Gagal), perubahan akan dilakukan bersamaan dengan saat upgrade ke versi terbaru.
    6. Penjelasan problem dompul yang terjadi di area Lampung selama 3 minggu


    • Di XL sedang dilakukan perubahan vendor MSC dan network utk area-area tertentu
    • Kejadian di Lampung, setelah di trace oleh team XL di lokasi ternyata ada setting parameter di perangkat vendor baru yang mengakibatkan kapasitas tidak bisa terutilisasi di atas 50%.
    • Setelah dilakukan perubahan setting semua sudah berjalan normal. Semua area yg menggunakan perangkat vendor baru sdh disesuaikan settingnya.
    • XL menghimbau kepada rekan-rekan server aspindo apabila terjadi masalah silahkan diinfo lokasi detail sehingga team XL bisa langsung testing di lokasi utk mempercepat solusi.
    • Team XL yg terjun ke lokasi akan test apakah problem krn network, MSC atau termasuk kriteria yg masuk ke server/domain dompul yg bermasalah.
    7. Program untuk AD dan server


    • Tahun ini XL sedang berkonsentrasi membenahi AD.
    • Sementara tidak ada penambahan AD baru, mengingat kebijakan internal, selain daftar tunggu yang mau menjadi AD juga panjang
    • Dalam waktu dekat semua Canvaser AD/XL akan dilengkapi gps tracking, sehingga bisa dimonitor aktivitas kunjungan ke outlet yg menjadi tanggung jawabnya.
    • Tahun depan XL akan meluncurkan program-program khusus server, detailnya masih off the record.
    • Akan ada value added, sehingga server punya sumber income lain dari XL, selain yang sudah didapatkan selama ini.
    8. Kebijakan Cross Selling


    • Kebijakan cross selling belum diberlakukan, data cross seling saat ini hanya dipunyai XL dan belum di share ke AD.
    • Kebijakan Cross Selling dg mendeteksi B number rencananya diberlakukan tahun depan.
    Sbg contoh:

    Outlet di region A melakukan top up utk nomor yg terdaftar di region B, apabila nomor tsb memang sedang di region A (terdeteksi di BTS region A) maka proses top up tsb tidak dianggap cross seling.

    Cross seling dideteksi apabila nomor yang terdaftar di region A dan sedang aktif di region A tersebut tetapi di top up oleh dompul dari region lain.

    Demikian report dari kami, semoga bisa bermanfaat bagi rekan-rekan server.

    Salam,

    Rudy M. Alif
    Aspindo# JTG-100513
     
    de-ud likes this.
  2. ronisyh

    ronisyh Well-Known Member

    Messages:
    1,733
    Likes Received:
    75
    Trophy Points:
    58
    Good posting!
     
    de-ud likes this.
  3. andisandyka

    andisandyka Well-Known Member

    Messages:
    5,894
    Likes Received:
    201
    Trophy Points:
    73
    Brp persen SERVER PULSA di Indonesia yg sudah menjadi ANGGOTA ASPINDO??
     
  4. Sniper_cell

    Sniper_cell New Member

    Messages:
    114
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    0
    ini yg sangat memprihatinkan, menurut pernyataan Sekjen Aspindo Andry D Suwardi. Tgl 15july 2010 baru 1500 pengusaha Server yg terdaftar dari Total 10000,server, (sumber Okezone juli2010). Mudah2han ada data baru yg menujukan kekompakan disaat seperti ini.
     
  5. ari cell 2

    ari cell 2 New Member

    Messages:
    268
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    0
    betul betul betul
     
  6. i2adhy

    i2adhy Well-Known Member

    Messages:
    1,568
    Likes Received:
    403
    Trophy Points:
    93
    Msh bnyak yg blm trdaftar trnyata.,
     
  7. andisandyka

    andisandyka Well-Known Member

    Messages:
    5,894
    Likes Received:
    201
    Trophy Points:
    73
    Bukan TERDAFTAR,tapi MENDAFTAR.Dari 1500 yg AKTIF berapa PERSEN ya?
     

Share This Page