tanya tentang LCD

Discussion in 'Nokia Hardware' started by Apricilikdj, Dec 29, 2010.

  1. Apricilikdj

    Apricilikdj New Member

    Messages:
    138
    Likes Received:
    80
    Trophy Points:
    0
    mu nanya masters & seniors...
    kalo lcd gak keluar gambar/display apanya yg bermasalah/ jalur apanya yg gak konek, sebagai analogi lampu listrik gak nyala karena karena kabel yg menghubungkan ke lampu putus.
    makasih atas penjelasannya...
     
  2. berkat cell

    berkat cell Moderator Moderator

    Messages:
    3,760
    Likes Received:
    17,120
    Trophy Points:
    123
    LCD = liquid crystal display....tidak ada gambar atau tulisan dll...penyebabnya :
    1. lcd tidak boleh bocor ( masuk angin ) atau rentan terhadap goncangan/tertekan
    2. tidak terkoneksi secara benar dengan konektor
    3. konektor lcd mengalami korosi/berkarat ( tingkat korosi logam sangat besar )
    4. tidak mendapat tegangan arus listrik yang baik ( disebabkan oleh resitor,capasitor dll )
    5. ganggun dari motor/regulator lcd nya sendiri

    MOGA BERMANFAAT:rock::rock::rock:
     
  3. Apricilikdj

    Apricilikdj New Member

    Messages:
    138
    Likes Received:
    80
    Trophy Points:
    0
    Maksud saya begini boss...
    Sarat lcd bisa bekerja kan harus ada tegangan kerja pada masing2 kaki lcd, nah yang ingin saya tanyakan fungsi dari masing2 tegangan kerja dari pada kaki2 lcd, mis; Lcd data, Vlcd, Vdd, Sclk, Vss, Sdin, dll sebagai apa dan bagaimana proses kerjanya. Ibarat sakit kepala kita tdk hanya sekedar tahu obat sakit kepala sebagai solusi penyakitnya, tetapi lebih kepada cara kerja komposisi obat tsb dalam tubuh kita.
    Saya berharap penjelasan ini akan sangat bermanfaat dalam menganalisa suatu kasus bagi para pembelajar kususnya forumer tercinta ini.
    Maaf mungkin pertanyaan saya pada post #1 kurang lengkap.
    @ berkat cell makasih sudah share
    BRAVO DJAWIR...
     
  4. Apricilikdj

    Apricilikdj New Member

    Messages:
    138
    Likes Received:
    80
    Trophy Points:
    0
    Maksud saya begini boss...
    Sarat lcd bisa bekerja kan harus ada tegangan kerja pada masing2 kaki lcd, nah yang ingin saya tanyakan fungsi dari masing2 tegangan kerja dari pada kaki2 lcd, mis; Lcd data, Vlcd, Vdd, Sclk, Vss, Sdin, dll sebagai apa dan bagaimana proses kerjanya. Ibarat sakit kepala kita tdk hanya sekedar tahu obat sakit kepala sebagai solusi penyakitnya, tetapi lebih kepada cara kerja komposisi obat tsb dalam tubuh kita.
    Saya berharap penjelasan ini akan sangat bermanfaat dalam menganalisa suatu kasus bagi para pembelajar kususnya forumer tercinta ini.
    Maaf mungkin pertanyaan saya pada post #1 kurang lengkap.
    @ berkat cell makasih sudah share
    BRAVO DJAWIR...
     
  5. pri

    pri New Member

    Messages:
    382
    Likes Received:
    58
    Trophy Points:
    0
    nih teknisi elektronk.
    Ky ane nich.

    Skdr pengalaman aja bos ..
    Kemarin sy beli tiger kf-338 yg jadul.
    Lcd jd kontras dalam hitungan menit.
    Sy bongkar tampakny tdk ada perubahan suhu di smua komponen.
    Sy sharing di sini..smua rekan nyuruhny ganti.
    Sy coba ganti..
    Untungny stok kosong.
    Berhari2 q diamkan si tiger di sudut meja servis q.
    Berteman dng defleksi dan crt lemah.
    Kemarin lusa krn sdh putus asa mencari lcd samsung j200 q., si tiger smua bgian konektor lcd plus smua kutu yg ada di lcd ku solder ulang.
    Utk R ny ku cb jempar jemper.
    Ternyata...
    Abrakadabra...
    simsalabim...
    Eplekenyes2...
    Lcd terang lg dan sampai hari ini maknyos
    bisa buat lihat 3gp ny si luna.
    Mmc pun ku isi 2Gb.
    Okey...

    Cm...
    Casingny buluk.
    Ada yg jual g ya..?
     
    andi safrudin likes this.
  6. Apricilikdj

    Apricilikdj New Member

    Messages:
    138
    Likes Received:
    80
    Trophy Points:
    0
    boleh dong berbagi ilmu mazter's, wat forum tercinta ini...
    thank's...
     
  7. ObyTechno

    ObyTechno Member

    Messages:
    27
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    13
    "Apricilikdj" kayanya pengen merepro lcd yang dah blank nih.......... ngikut dong tar aku kirimin semua lcd yg dah blank deh....... lumayan buat ngerem pengeluaran.:peace::peace::peace::peace::peace::peace::peace: hik......hik....hik
     
  8. Apricilikdj

    Apricilikdj New Member

    Messages:
    138
    Likes Received:
    80
    Trophy Points:
    0
    @ObyTechno
    kalo masih bisa dimanfaatkan kenapa tidak...!?
    tapi yang jelas kalo qta tahu sebab masalahnya kan akan lebih pasti dlm memperbaiki, bukan sekedar meraba-raba dan tentunya bisa di aplikasikan buat semua lcd, apapun merk & jenisnya...
    ada pencerahan MASTA...
    :welcome::welcome::welcome:
     

Share This Page