Tips n trik mata solder semakin panas

Discussion in 'Elektronika Handphone' started by piero, Mar 16, 2011.

  1. piero

    piero New Member

    Messages:
    27
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    0
    1. Siapkan mata solder, Tang pemotong, n amplas besi
    1.
    2. Potong mata solder lebih kurang 3 mm
    2.
    3. Runcingkan kembali mata solder dgn Amplas besi
    3.
    4. selesai deh......rasakan bedanya.semoga bermanfaat bagi semuanya.

    :thumb::thumb::thumb::thumb::thumb:
     
  2. Ali hariyanto

    Ali hariyanto Active Member

    Messages:
    338
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    28
    Masuk akal ya, dipendekkan. Tapi kenapa gak pangkalnya aja yg di potong?
     
  3. nurcipto

    nurcipto Active Member

    Messages:
    154
    Likes Received:
    26
    Trophy Points:
    38
    ya cepet abis dong mata soldernya,:confused:
     
    andicellallu likes this.
  4. mamuk

    mamuk Well-Known Member Super Member

    Messages:
    995
    Likes Received:
    1,384
    Trophy Points:
    103
    apa gak cepet habis bos
    klu lapisan lurnya udah terkelupas trus klihatan tembaganya pasti cepat tumpul
     
  5. Goldo

    Goldo Active Member

    Messages:
    292
    Likes Received:
    95
    Trophy Points:
    38
    setujah ma agan up ane..... kyanya klo lapisanya dia amplas malah gak bersahabat ma timah tuh... kalo panas sih ya tetep panas... tp gak ampuh ma timah,... maaf gan yah... Btw top deh tipsnya...
     
  6. meeko1055

    meeko1055 New Member

    Messages:
    2
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    0
    Kalo boleh nambahin solder mau di amplas tau di grinda pe runcing asal bis itu di celup ke lotfet truz dkash timah lg jadi kaya baru beli lg djamin
    Koreksi kalo salah..
     
  7. jawara

    jawara Active Member

    Messages:
    212
    Likes Received:
    39
    Trophy Points:
    38
    ganti aja elemennya dengan yang merek good bos tanpa di potong pasti maknyussssss..........!
     
  8. tomblos007

    tomblos007 Active Member

    Messages:
    106
    Likes Received:
    63
    Trophy Points:
    38
    malah ngerusak mata solder tuh kalo diamplas yang paling baik sering di celup loftfet aja dan gunakan timah cap PANTJING di jamin mata solder awet seumur hidup dan untuk ngelap kotoran di mata solder gunakan tissue kering yang kualitas bagus ( halus )
     
  9. ryq

    ryq New Member

    Messages:
    96
    Likes Received:
    472
    Trophy Points:
    0
    klo trik biar timah pasta kita tetap cair bila sedang tidak di gunakan bungkus dengan plastik yng di ikat ujungnya dengan mengosongkan dulu udara yang ada di dalam plastik. Klo kita rajin timah pasta pasti awet dengan waktu cukup lama. Bahkan saya bisa merasakan timah pasta benar2x habis digunakan bukan habis karna membeku (lumayan lah ikut program pemerintah hidup hemat he..he..he..)
     
  10. ducellindo

    ducellindo Member

    Messages:
    2
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    13
    lapisan luar solder ngelupas dong bos... nanti timah gak akan bersahabat meskipun dibantu dg lotfet tapi pasti nantinya akan merepotkan sendiri saat digunakan...
     
  11. narisco69

    narisco69 Member

    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    11
    Mungkin ni yang isa enak n ngirit, agar ujung solder awet jangan sampai terkena amplas atau kikir. Karena mata solder malah akan rusak, kalau mo awet di lap aja pake kain katun atau kain jean. Ma'af klo salah newbie nich, tapi ini sudah saya lakukan kurang lebih 10 tahun, dapat trik dari temen sich sebenarnya dia kerja di perakitan elektronika.
     
  12. rofiksmartcell

    rofiksmartcell New Member

    Messages:
    22
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    0
    muanteb...broooo....dilanjut
     
  13. astina76pav

    astina76pav New Member

    Messages:
    245
    Likes Received:
    191
    Trophy Points:
    0
    Makasih infonya...

    ane ikut nambahin boleh ya...

    sebaiknya yg dipotong tuh mata solder bagian pangkalnya, bagian yg runcingnya dibiarkan aja...
    trus tidak disarankan meng ampelas mata solder, bisa-bisa lapisan teflonnya terkikis, alhasil kalo lapisan teflon udh terkikis maka timah akan lebih banyak menempel di mata solder daripada di kaki komponen yang mau di solder...
     
    fiisri likes this.
  14. rizkicellcell

    rizkicellcell Active Member

    Messages:
    185
    Likes Received:
    31
    Trophy Points:
    38
    Klo matanya tembaga,gak ngaruh gan yg penting diampelas rapi.malah ane untuk mata solder pake kabel tembaga ukuran 10mm2,di ampelas rapi.Buat nyolder mantapz bos(mata solder kalo bagus lebih mahal dari soldernya).
     

Share This Page