(ask) ada yang pernah mengganti capacitor motherboard?

Discussion in 'Elektronika Umum' started by promotheus, May 5, 2011.

  1. promotheus

    promotheus New Member

    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    teman2 tanya dong... ada ayng pernah ganti capacitor motherboard?

    ini di rumah ada motherboard nganggur, berberapa capacitor udah bunting..

    nah yang jadi kendala kalau cari yang nilainya sama persis kadang sulit...

    klo ga salah ganti yang nilainya berbeda bisa ya...

    cuman gimana milih mana yang bisa??

    apakah harus yang voltnya sama atau faradnya sama??

    trims :)
     
  2. jaggerdude

    jaggerdude Well-Known Member

    Messages:
    408
    Likes Received:
    542
    Trophy Points:
    103
    Usahakan nilai kapasitasnya sama. Untuk tegangan kalo tidak ada yang sama pilih diatasnya.
    Tapi pertimbangkan ukuran fisik kondensator tsb. Semakin tinggi tegangannya, biasanya ukuran fisiknya juga tambah gede.

    Semoga Membantu:thumb:
     
  3. rajali

    rajali New Member

    Messages:
    36
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    0
    yap ,,, dan jangan terbalik masangnya .. dia ada yang punya polaritas ,,, jadi jangan terbalik positif dan negatifnya:rock:
     
  4. pri

    pri New Member

    Messages:
    382
    Likes Received:
    58
    Trophy Points:
    0
    @ Solder harus bgus.
    Jng yg abal2.
    Timah mainboard lebih keras.
    @gunakan elco dng farad yg tidak jauh beda.
     
  5. mamuk

    mamuk Well-Known Member Super Member

    Messages:
    995
    Likes Received:
    1,384
    Trophy Points:
    103
    harus telaten pilih2 elco biasanya yg jadi kendala ukuran fisiknya
    :)
     
  6. miaco

    miaco Well-Known Member Super Member

    Messages:
    761
    Likes Received:
    822
    Trophy Points:
    103
    hati-hati gan pasangnya, jangn sampai konslet biar g'tewas Mb-nya..............:cry:
     
  7. qrm

    qrm Well-Known Member

    Messages:
    1,183
    Likes Received:
    204
    Trophy Points:
    73
    Masalahnya susah cari yg ukuran yg sama baik ukuran fisik ataupun nilainya. kl nilai sih ga masalah bs pake yg lebih tinggi dikit cuma ukuran fisik pasti banayakan lebih besar
     
  8. latansa cell

    latansa cell Member

    Messages:
    60
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    hati hati nyolder nya,biasa nya nyopot yg rusak lebih sulit dari pada masang penganti nya,kalo bisa gunakan attractor/sedotan timah yg panjang biar sedotan nya kuat,
    dan timah dikaki capasitor langsung bersih,pcb jg gak rusak:thumb::rock:
     
  9. joanbz

    joanbz New Member

    Messages:
    118
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    0
    benul-benul, emg susah cari yg ukuran sama fisik maupun electric. Ane jg prnh ganti dpt faradnya beda dikit, volt diatasnya. Ukuran fisik lebih gemuk. Wkt dipasang eeh... Kakinya jg kegedean jd gak mw msk lubang d pcb mobo.
     
  10. Ali hariyanto

    Ali hariyanto Active Member

    Messages:
    338
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    28
    nambahin aja bro, ane pernah ganti karena susahnya nyari yg sama persis. Yg ane pilih ganti dgn yg faradnya sama, voltnya lebih gede boleh. Kurang gak boleh. Ampe sekarang aman aja di pake ..
     
  11. aneba cellular

    aneba cellular New Member

    Messages:
    29
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    0
    memang susah tuh cari yangsama kapasitasnya....kanibal aja dengan board yang udah ga kepake lagi......biasana sama.....kalo ga punya....yah harus ganti yang faradnya sama...tapi volt na yang 16volt aja...soalnya biasanya pake yang 10 volt..:eek::eek:
     
  12. promotheus

    promotheus New Member

    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    makasih buat teman2 yang udah jawabin ^^

    sementara kesimpulan yang di dapat:
    1. volt klo ga ada yg sama, lebih tinggi dikit gpp..
    2. ukuran yang sesuai supaya bisa masuk..

    nah klo farad klo misal ga ada yang sama persis, di gedein bole ga?
     
  13. sembrani

    sembrani Guest Super Member

    Messages:
    1,314
    Likes Received:
    701
    Trophy Points:
    123
    gak papa asal lebihnya jangan banyak2.....:p
     
  14. deddyes

    deddyes Well-Known Member

    Messages:
    309
    Likes Received:
    714
    Trophy Points:
    103
    ukuran mikro lebih besar ga apa-apa yang penting tegangannya jangan lebih rendah dari aslinya, satu lagi suhu kerja elektrolit kapasitor motherboard biasanya 105 derajat celcius.
     
  15. adbudi

    adbudi Member

    Messages:
    14
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    13
    untuk ukuran mikro lebih gede apa nggak jebol kan mobo cepet panas gan, kalau aku coba cari2 yang sama mikro nya kalau soal kaki kebesaran tinggal jumper pake kabel atau kaki bekas komponen biasanya aku pake bekas resistor aman2 aja kok
     
  16. deddyes

    deddyes Well-Known Member

    Messages:
    309
    Likes Received:
    714
    Trophy Points:
    103
    ga masalah kapasitas lebih besar, karena elco di motherboard biasanya fungsinya hanya untuk filter saja...
     
  17. rizkicellcell

    rizkicellcell Active Member

    Messages:
    185
    Likes Received:
    31
    Trophy Points:
    38
    Untuk penggantian klo yg ga ada sama persis,usahakan yg FARADnya SAMA untuk voltage beda gpp,asal jgn lebih kecil dari nilai aslinya cuma klo voltagenya lbh gede malah lebih bagus,tapi resikonya bentuknya lebih gede otomatis makan tempat.
    Ane dah testi di cpu jadul mainan anakku.mobo pake p4p800s(p4 jaduul).
     

Share This Page