Review: Smartfren ZTE WIDE

Discussion in 'ZTE CDMA' started by ys09, Jul 15, 2011.

  1. ys09

    ys09 New Member

    Messages:
    18
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    0
    Smartphone android ini dibundling oleh Smartfren dengan nama Smartfren Wide, hp ini bisa dijadikan sebagai hp modem dan mobile wifi hotspot. Beli Android Wide. ini dapet layanan internet gratis sebanyak 700MB salama 1 bulan juga gratis facebook dan gratis twitter seumur hidup.


    [​IMG]


    Perkenalan


    Setelah mengeluarkan tablet Androidnya beberapa bulan lalu, kini ZTE kembali lagi dengan produk ber-OS Android terbarunya. Namun kali ini bukanlah tablet melainkan sebuah handphone Android, yaitu ZTE WIDE atau dikenal juga dengan nama ZTE Blade diluar negeri. Dibawah ini adalah spesifikasi resmi ZTE WIDE yang menggunakan OS Android Froyo.




    Spesifikasi resmi :


    Jaringan CDMA/EVDO 800/1.900 Mhz
    Layar sentuh LCD kapasitif 3.5 inci dengan kedalaman 256K warna beresolusi 480 x 800 piksel
    Kamera beresolusi 3.2 megapiksel autofokus
    Android Froyo 2.2
    Sensor akselerometer dan sensor proximity
    Jack audio standar 3.5mm
    Prosesor ARMv6 600 MHz dengan dukungan GPU Adreno 200 dan RAM sebesar 256 MB
    Memori internal sebesar 150 MB dan slot memori eksternal microSD (up to 32 GB)
    GPS dengan dukungan A-GPS dan kompas digital
    Konektivitas Wi-Fi 802.11 b/g dan Bluetooth versi 2.1 dengan dukungan A2DP
    Port microUSB




    Hardware


    Desain ZTE WIDE sekilas mirip dengan desain Google Nexus One. Pada keempat sisinya terlihat desain membulat alias tidak lancip seperti desain Android kebanyakan akhir-akhir ini. Hadir dengan balutan warna abu-abu gelap dan corak silver krome pada kedua sisinya yang menyerupai pedang (Blade) menegaskan bahwa handphone ini siap bersaing untuk mengghancurkan kompetitornya dipasar Indonesia.



    Tampilan Antar-Muka ZTE WIDE


    Pada home screen terdapat 7 buah layar home screen yang dapat anda kustomisasi dengan widget, wallpaper, atau live wallpaper. Terdapat pilihan widget seperti jam analog, kalendar, facebook, google search, latitude, android market, pemutar musik, news and wheater, galeri foto, twitter, youtube, dan widget konektivitas.




    Phonebook Pintar


    Untuk phonebook terdapat kapasitas tanpa batas pada phonebook milik WIDE. Sebagai handphone pimtar, phonebook WIDE juga pintar, phonebook dapat disinkronasikan dengan jaringan sosial seperti twitter, facebook, dan Gmail.

    Input Teks dan Fitur Pesan

    Untuk input teks, terdapat dua pilihan cara untuk input teks seperti keyboard QWERTY mode portrait dan landscape. Tidak terdapat pilihan input dengan metode keypad alfanumerik dan handwriting recognize.


    Multimedia


    Pemutar Musik



    Pemutar musik akan mengelompokan lagu berdasarkan penyanyi, album, dan jenis lagu. Anda juga dapat membuat playlist sendiri pada pemutar musik. Saat kami ujicoba speaker, kualitas suara WIDE terdengar kurang baik, suara terdengar agak sember dan mendem . Absennya pilihan EQ membuat tidak terdapat pilihan suara musik.


    Galeri Foto dan Video



    Galeri foto dan video tergabung menjadi satu, khas Android. Saat loading thumbnail, prosesor terasa lemot, diperlukan beberapa saat untuk dapat menampilkan keseluruhan thumbnail. Tidak hanya saat meload thumbnail, saat kami ujicoba untuk melakukan zoom-in, rendering fotopun terasa lama. Zoom-in/out dapat anda lakukan dengan beberapa langkah seperti mengetuk layar sebanyak dua kali secara cepat, menggunakan tombol zoom virtual, dan menggunakan gerakan mencubit (pinch and zoom). Foto dapat anda kirimkan menggunakan picasa, bluetooth, MMS, email, facebook, dan twitter.



    Radio FM


    Untuk mendengarkan radio anda harus mencolokan headset terlebih dahulu, setelah itu barulah anda dapat mendengarkan siaran radio menggunakan headset ataupun loudspeaker.


    Konektivitas


    ZTE WIDE berjalan pada jaringan CDMA/EVDO 800/1.900 Mhz. Untuk konektivitas lokal terdapat konektivitas Wi-Fi 802.11 b/g dan Bluetooth versi 2.1 dengan dukungan A2DP. Untuk menjadikan WIDE sebagai internet anda dapat menggunakan fitur Wi-Fi Tethering. Ekspansi memori dapat anda lakukan dengan cara menambah microSD pada WIDE yang dapat diekspansi hingga 32 GB. Jack audio standar 3.5mm serta GPS dengan dukungan A-GPS juga sudah tersedia pada handphone Froyo ini. Untuk pertukaran data dari handphone ke PC anda dapat menggunakan port microUSB.


    Browser, Masih Tanpa Flash


    Secara teori, handphone Froyo memang dapat memainkan file flash, namun karena keterbatasan hardware, yaitu prosesor (ARMv6), WIDE tidak dapat memainkan file flash. Total halaman web yang dapat dibuka adalah 7 buah tab. Untuk browsing anda dapat menggunakan jaringan EVDO atau menggunakan Wi-Fi.


    Aplikasi Bawaan Android


    Aplikasi YouTube


    Aplikasi YouTube dapat digunakan untuk menonton video YouTube dan mengupload video YouTube. Anda juga dapat menonton video YouTube beresolusi HD pada aplikasi YouTube.


    Places


    Aplikasi ini berguna untuk mencari tempat yang anda inginkan seperti restoran, coffe shop, bar, hotel, atm, stasiun pengisian bahan bakar, dan tempat hiburan masyarakat. Aplikasi ini akan secara otomatis mencarikan tempat yang terdekat dengan posisi anda menggunakan bantuan Google Maps dan GPS.




    News and Weather


    Aplikasi ini berguna untuk mengetahui informasi cuaca dan berita terkini yang terjadi diseluruh dunia.




    Aplikasi Bawaan ZTE WIDE


    Filer


    Filer adalah file manajer, pada ZTE WIDE disebut filer. Fungsinya sama dengan file manager yaitu dapat digunakan untuk memindahkan file, menghapus file, dan menggandakan file, serta membuat folder baru.




    Docs To Go


    Aplikasi office ini dapat digunakan untuk membuka file office seperti .doc, .ppt, .xls, dan .pdf. Aplikasi ini hanya dapat digunakan untuk membuka file office, tidak dapat digunakan untuk mengedit dan membuat file baru.




    GPS Dengan Dukungan A-GPS


    ZTE WIDE sudah menggunakan Google Maps versi 5 yang sudah mendukung tampilan 3D. Selain itu juga terdapat tampilan standar maps lainnya seperti satelite, terain, dan street view. Terdapat dukungan GPS untuk mempercepat waktu penguncian posisi satelite serta kompas digital pada maps.


    Kamera Beresolusi 3.2 Megapiksel Autofokus


    ZTE WIDE dilengkapi dengan kamera 3.2 megapiksel autofokus yang tidak dilengkapi dengan lampu flash LED. Terdapat pengaturan seperti fokus mode (auto, off), EV, geotagging, white balance (auto, incandescent, daylight, fluorescent, cloudy), zoom-in. Hasil foto ZTE Blade terlihat cukup bagus dan jernih. Dibawah ini adalah hasil foto ZTE WIDE.




    Perekam Video


    Kamera WIDE dapat digunakan untuk merekam video beresolusi QVGA dengan kecepatan 11 frame perdetik. Hasil video disimpan dalam format 3GP, dibawah ini adalah hasil rekaman video ZTE WIDE.



    Performa dan Benchmarking



    ZTE WIDE menggunkan prosesor ARMv6 600 MHz dengan dukungan GPU Adreno 200 dan RAM sebesar 256 MB. Dibawah ini adalah hasil benchmarking dari WIDE :


    Quadran Standar : 420 point
    Benchmark Pi 2968 point
    Neocore : 39 Fps
    Linpack : 7.248




    Aplikasi Pihak Ketiga Yang Harus Anda Install Dari Android Market

    Rock Player



    Tidak terdapat pemutar DivX dan XviD bawaan pada ZTE WIDE, anda harus menginstal aplikasi Rock Player pada WIDE untuk dapat memainkan file DivX dan XviD. Tidak hanya kedua format video tersebut yang dapat dimainkan menggunakan Rock Player, namun hampir semua format dapat dimainkan menggunakan Rock Player.


    Daya Tahan Batery


    ZTE WIDE menggunakan batery Li-Ion 1250 mAh yang sanggup bertahan hingga 192 jam dalam keadaan standby serta 4 jam saat digunakan untuk melakukan panggilan.




    Kata Penutup


    Jika anda membeli handphone untuk mengejar kecepatan data, ZTE WIDE adalah pilihan yang tepat. Sayang performa benchmarking WIDE tidak secepat kecepatan EVDO yang sudah tertanam pada WIDE.




    Kelebihan :


    -Kecepatan EVDO yang dapat diandalkan
    -Sinyal Wi-Fi stabil
    -Layar beresolusi tinggi dan jernih
    -Hasil kamera yang baik


    Kelemahan :


    -Performa yang kurang baik
    -Kualitas speaker tergolong standar


    sumber:Teknoup.com
     

Share This Page