Bagai mana proses call bisa terjadi??? (TELEKOMUNIKASI)

Discussion in 'Out of Topic' started by slonongboy, Aug 27, 2011.

  1. slonongboy

    slonongboy Member

    Messages:
    70
    Likes Received:
    17
    Trophy Points:
    18
    Selama ini yang kita ketahui hanyalah terima dan melakukan panggilan saja pada sebuah handphone. Saya akan berbagi sedikit pengalaman yang saya ketahui, bagai mana hal tersebut bisa terjadi, sample handphone GSM.


    pada saat kita melakukan panggilan kenapa tidak langsung terhubung, masih ada jeda beberapa detik???
    Hal itu terjadi di karenakan handphone mengalami suatu proses yang cukup panjang. Pada saat kita melakukan panggilan handphone terhubung langsung dengan BTS (Base Transceiver station) yang kemudian di teruskan ke BSC (Base station controller). Di BSC inilah terdapat kumpulan-kumpulan database BTS. Setelah di terima BSC lalu di teruskan ke TRAU (Transcoding Rate Adaption). Didalam TRAU di lakukan kompresi, karena di dalam TRAU terdapat banyak BSC dan puluhan BTS yang harus melaluinya sebelum masuk ke MSC (Mobile switching centre) dan sebagian lagi ada yang masuk ke MGW (Media Gateway) yang bertugas mencari data base nomor tujuan kita, posisi nomor yang kita tuju, dan mengantarkan kita untuk bisa langsung tersambung ke nomor yang kita tuju. Di dalam MSC juga di atur biling system, recording, HLR dan masih banyak lagi. Yah sesuai namanya lah Mobile switching centre. Pusat segala proses telekomunikasi.

    Kenapa ya, setiap kali mau lebaran pasti susah nelpon???
    Itu di sebabkan banyak faktor, bisa jadi BTS yang memiliki kapasitas kecil. Mungkin hanya memiliki 2 sektor antena+CU yang meng-cover area tersebut. Bisa juga dari TRAU yang hanya memiliki kapasitas tampung begitu kecil, sehingga proses call dari BTS dan BSC di tolak karena TRAU sudah padat.

    Saya suka jengkel kalo pas nelpon, eh tahu-tahu salah sambung???
    Ini disebab kan terjadinya cross connection pada MSC, yang disebabkan oleh human error. Bisa jadi salah crossconnect pada hardware dan sytemnya.

    Saya aneh, sinyalnya kenceng tapi kq, kualitas suaranya jelek...???
    Ada banyak faktor penyebabnya, bisa jadi handphone anda yang rusak (datang aja ke tempat ane bos...pokoke beres dah :peace:). Dapat juga disebabkan media transmisi yang kurang bagus. Saat ini, media terbaik dalam dunia transmisi telekomunikasi adalah fiber optik. Karena, noise/redaman yang terjadi sangat kecil, sehingga bit-bit yang dikirim tidak banyak terbuang. Sedangkan untuk radio Microwave sangat kurang kualitasnya, hal ini di sebabkan faktor alam. Begitu juga dengan V-SAT.


    Mudah-mudahan cerita sederhana ini berguna bagi kita semua.


    wass
    SaniaCell
     
  2. mamuk

    mamuk Well-Known Member Super Member

    Messages:
    995
    Likes Received:
    1,384
    Trophy Points:
    103
    siip.....[​IMG]
     
  3. rudifast

    rudifast TALK LESS DO MORE Product Supporter

    Messages:
    1,484
    Likes Received:
    6,025
    Trophy Points:
    0
    hahahaha..............artikel include iklan neh
    oke deh.......

    ya ya ya...:)
     
  4. slonongboy

    slonongboy Member

    Messages:
    70
    Likes Received:
    17
    Trophy Points:
    18
    Hadoohh....si oom jadi malu ane :eek: :eek:
     

Share This Page