Bagaimana Virus Bekerja

Discussion in 'PC & Laptop' started by wdody33, Oct 22, 2011.

  1. wdody33

    wdody33 Well-Known Member

    Messages:
    252
    Likes Received:
    112
    Trophy Points:
    53
    [​IMG]
    How Computer Virus Works


    Virus komputer biasanya dibuat untuk tujuan merusak, atau setidaknya untuk menarik perhatian kita. Di sisi lain, virus komputer menunjukkan kepada kita bagaimana rentannya sistem komputer yang kita miliki. Sebuah virus komputer dibuat dan direkayasa agar benar-benar dapat memiliki efek yang luar biasa dengan memanfaatkan jaringan Internet yang tersebar ke seluruh penjuru dunia. Dengan kata lain, mereka mempertontonkan bagaimana manusia dapat saling berhubungan melalui transmisi data yang canggih dan menjadi tergantung terhadap sistem tersebut.
    Sebagai contoh, para ahli memperkirakan bahwa Worm Mydoom telah menginfeksi sekitar 250.000 komputer dalam satu hari pada bulan Januari 2004. Demikian juga sebelumnya pada bulan Maret 1999, virus Melissa begitu kuatnya sehingga memaksa Microsoft dan sejumlah perusahaan raksasa lainnya untuk benar-benar mematikan koneksi e-mail mereka sampai virus dapat diatasi. Virus ILOVEYOU pada tahun 2000 memiliki dampak yang sama merusaknya. Suatu hal yang cukup mengesankan ketika Anda mengetahui bahwa virus Melissa dan ILOVEYOU adalah virus yang sangat sederhana. Sangat berbeda dengan conficker virus yang menyebar akhir-akhir ini dan sulit diberantas karena bekerja dengan cara yang cukup rumit.
    Dengan pengetahuan yang sederhana ini mudah-mudahan kita dapat belajar dari bagaimana virus komputer bekerja dan mengerti bagaimana cara melindungi komputer kita dari serangan virus.
    Virus pada umumnya bekerja dengan cara yang relatif sama, tapi kadang-kadang seseorang menemukan cara-cara baru untuk membuat satu terobosan yang tidak bisa dideteksi oleh sistem anti-virus, dan bahkan tidak bisa dengan mudah dilumpuhkan. Saat itulah virus ciptaan mereka membuat berita.
    Ketika kita mendengar berita tersebut, maka biasanya telah muncul varian baru dari virus komputer, sehingga sekarang telah banyak virus yang bekerja dengan cara-cara yang berbeda untuk menerobos sistem pertahanan komputer. Oleh karena itu, kita banyak mengenal berbagai bentuk infeksi virus elektronik ini. Contoh yang paling umum adalah :

    Virus komputer
    Virus komputer adalah potongan program kecil yang menempel pada program-program komputer yang lain. Biasanya program-program yang terkena infeksi adalah program yang memiliki akhiran .exe. Akan tetapi banyak pula virus yang bisa menempelkan dirinya ke file-file lain seperti program pengolah kata atau spreadsheet, virus ini kemudian dikenal dengan virus macro. Setiap kali file spreadsheet dibuka, maka kode-kode virus secara otomatis diaktifkan dan memiliki kesempatan untuk mereplikasikan dirinya ke file-file lain atau menyusup ke program lain dan mendatangkan bencana bagi si pemilik komputer.

    Virus e-mail
    Virus e-mail bergerak di sekitar e-mail, dan biasanya mereplikasi dirinya sendiri dengan secara otomatis melalui sistem e-mail dengan cara membaca daftar alamat e-mail yang ada di komputer korban dan kemudian menyebarkan dirinya ke puluhan orang yang terdaftar dalam buku alamat e-mail korban.

    Worm
    Disebut worm karena bekerja dengan menggunakan kelemahan lubang keamanan pada sistem jaringan. Worm adalah sepotong kecil program yang menggunakan jaringan komputer dan lubang keamanan untuk mereplikasi dirinya sendiri. Sebuah salinan worm akan memindai jaringan komputer lain yang memiliki lubang keamanan tertentu. Salinan dari virus Worm akan yang berada di tempat yang baru menggunakan lubang keamanan, dan kemudian mulai mereplikasi dirinya kembali.

    Trojan Horse
    Trojan horse atau Kuda Troya juga adalah sebuah program komputer kecil. Program ini telah diberi tugas untuk melakukan satu hal dan memiliki induk program lain yang bisa saja adalah sebuah game. Program induknya tidaklah merusak bila Anda menjalankannya, akan tetapi trojan horse biasanya digunakan untuk mengaktifkan program lain yang dalam hal ini mungkin berupa virus yang mengganggu dan merusak. Trojan horse biasanya tidak memiliki cara untuk meniru secara otomatis.
    Secara harfiah Virus komputer disebut “virus” karena mereka memiliki beberapa ciri-ciri yang sangat mirip dengan virus biologis. Sebuah virus komputer dapat berpindah-pindah dari satu komputer ke komputer lain seperti halnya virus biologis yang menular dari satu orang ke orang lain.
    Sebuah virus biologis bukanlah makhluk hidup yang berdiri sendiri. Virus adalah potongan dari DNA di dalam selubung yang terlindung. Tidak seperti sel, virus tidak memiliki cara untuk melakukan sesuatu atau untuk mereproduksi dengan sendirinya – virus tidaklah hidup berdiri sendiri. Virus biologis harus menyuntikkan DNA-nya ke dalam sel lain yang hidup. DNA virus kemudian menggunakan mesin yang ada di dalam sel untuk mereproduksi dirinya sendiri. Dalam beberapa kasus sel diisi dengan partikel viral baru sampai akhirnya meledak dan melepaskan virus. Dalam kasus lain, tunas partikel baru dari satu sel pada suatu waktu, dan sel tetap hidup.
    Sebuah virus komputer diberi kemampuan untuk memiliki beberapa sifat-sifat ini. Sebuah virus komputer harus bergantung pada beberapa program atau dokumen lain agar bisa dijalankan. Setelah berjalan, maka virus komputer kemudian dapat menginfeksi program atau dokumen lain. Jelaslah, analogi antara komputer dan virus biologis memiliki sedikit kesamaan, oleh karena itu diberi nama yang sama, yakni VIRUS. ■

    sumber...
     
    bentoxz likes this.

Share This Page