Software Pulsa Tiger Engine
Kiswara

cara menyolder

Discussion in 'Elektronika Handphone' started by qiqihadiansyah, Jan 13, 2012.

  1. qiqihadiansyah

    qiqihadiansyah New Member

    Messages:
    111
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    0
    om mhon bantuannya ,bagaimana cara menyolder yang jarak soldernya berdekatan misalnya plexible atau ic laba2?jenis soldernya apa dan timahnya tipe apa?mhon bantuanya
     

    Mobile Connection
  2. koeya_blink182

    koeya_blink182 New Member

    Messages:
    166
    Likes Received:
    31
    Trophy Points:
    0

    Asisten VRE
    Kiswara Modem
  3. dj.orion

    dj.orion Super Moderators Super Moderator

    Messages:
    3,109
    Likes Received:
    5,130
    Trophy Points:
    123
    Gw pribadi lbh memilih solder good original dg pegangan yg lbh panjang n dilapisi karet. Enak dipegang n panas'y stabil
    Sedangkan mata solder, utk skrg susah sekali nyari yg berkwalitas awet. Tp.. yg biasa2 aja sudah cukup bagus koq.!!! Yg penting runcing :peace:.. meski awet'y paling lama juga 5-6hari hrs ganti lagi

    Utk penggunaan seharian kita sbg teknisi ponsel dimana rata2 bidang solderan yg ada rata2 kecil n halus, lbh baik memilih timah dg tingkat weeting (kelancaran timah cair) yg tinggi.
    Perbandingan'e 63/37 (54MPa n 37MPa). Komposisi n perbandingan campuran timah ada tercetak pd gulungan timah.
    Dg timah jenis ini, bisa meghindari hasil solderan yg mengumpalan putih2 di bidang2 yg kecil spt kaki2 bga, jumperan kawat kecil n socket2.
    Tp jenis timah ini kurang cocok utk solderan dg bidang luas yg butuh ketahanan kuat, spt konektor batt n socket charger.
    Solusi bagus'e gunakan timah dg perbandingan 60/40 (52MPa dan 39MPa). Meski ntar akan terasa lebih susah nyolder, terasa keras, terutama pd bidang bergrounding luas.
    Biar lancar n bagus hasil'y dg timah ini, bisa dibantu dg preheater dr blower :peace:..

    Jadi.. ada 2 jenis timah dg beda penggunaan.!

    Sedangkan al cara2 solder, gw rasa tidak perlu trick2 n teknik2 khusus :d.. yg penting tangan stabil
     
    mamuk likes this.
  4. qiqihadiansyah

    qiqihadiansyah New Member

    Messages:
    111
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    0
    om merek timah 54mpa n 37 mpa apa?dan merek 52mpa n 39 mpa apa? om mata soldernya sama tidak dengan mata solder untuk solder tv,radio dll? mhon maaf newby baru belajar
     
  5. koeya_blink182

    koeya_blink182 New Member

    Messages:
    166
    Likes Received:
    31
    Trophy Points:
    0
    klo merek c om bisa minta recomend sama toko sparepart nya om..kl untuk mata solder jelas beda..klo jauh beda sm mata solder buat tv..tp klo solder nya c om bisa pke yg buat tv..ganti mata nya z om sma mata solder yg buat hp..
     

    aa-pulsajaya
  6. qiqihadiansyah

    qiqihadiansyah New Member

    Messages:
    111
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    0
    bos kalau nyolder plexible touchren gmana caranya soalnya susah goyang2 terus apa harus di lem dulu sebelum disolder atau ada tehnik lain mhon bantuanya?jarak solder nya berdekatan?
     
  7. koeya_blink182

    koeya_blink182 New Member

    Messages:
    166
    Likes Received:
    31
    Trophy Points:
    0
    nah itu dia yg d maksud bos orion kestabilan tngan..c om pke flux ga klo nyolder nya...
     
  8. qiqihadiansyah

    qiqihadiansyah New Member

    Messages:
    111
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    0
    saya tidak pake plux,emang pungsi plux buat apa dan bagaimana gunakannya,apa harus pake blower?tadi saya beli solder kata toko spare part soldel untuk hp tp pas di pake nyolder susah yah so jarak solder plexibel touchren berdekatan jadi saling nyambun ada tekhniknya ga?
     
  9. koeya_blink182

    koeya_blink182 New Member

    Messages:
    166
    Likes Received:
    31
    Trophy Points:
    0
    flux itu ibarat minyak goreng om...coba deh c om nyoldernya pakai flux..bisa lbh mudah,,lbih cepat dn lebih rapih..
     

  10. qiqihadiansyah

    qiqihadiansyah New Member

    Messages:
    111
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    0
    saya tidak pake plux,emang pungsi plux buat apa dan cara gunakan nya gimana?mhon bantuannya
     
  11. koeya_blink182

    koeya_blink182 New Member

    Messages:
    166
    Likes Received:
    31
    Trophy Points:
    0
    klo fungsi scara materi resmi saya tak pandai menjabarkan nya om..boss orion lah master nya..klo fungsi berdasar personal mind..dngan flux bisa membantu panas dri solder dan bdang yg d solder bisa lbh meresap cepat..jd akan mempermudah kita dlam proses penyolderan..dan timah akan menempel cpt dan rapih di bdang yg di solder..mmake nya gampang..di puter di jilat trus d celupin..heheee...canda om..make nya c om cukup olesin z dikit k bidang yg di akan d solder om..:tea:
     
  12. qiqihadiansyah

    qiqihadiansyah New Member

    Messages:
    111
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    0
    masih belum paham om bisa tambahin jelasin lg?terus kalau nyolder plexible lcd atau touchren gimana caranya agar ga goyang ada trik nya ga?
     
  13. koeya_blink182

    koeya_blink182 New Member

    Messages:
    166
    Likes Received:
    31
    Trophy Points:
    0
    yg goyang tuh apanya dulu om..board nya/mesin hp atau apa nya...klo board nya biar ga goyang c om punya alat penjepit board ga?
     
  14. qiqihadiansyah

    qiqihadiansyah New Member

    Messages:
    111
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    0
    belum punya alat penjepit om?yang goyang kabel plexi nya jika mau di solder ga bisa diem?
     
  15. koeya_blink182

    koeya_blink182 New Member

    Messages:
    166
    Likes Received:
    31
    Trophy Points:
    0
    cba deh c om beli dulu alat2 yg sederhana dan murah..tp cukup penting..macam clip board sm flux tuh om..flux murah kok cm 3-5rbuan dan penjepit board jga ga mahal cm 10-25rbuan..biar gampang coba c om solder nyakaki pinggir kanan kiri nya dulu om..:tea:
     
  16. qiqihadiansyah

    qiqihadiansyah New Member

    Messages:
    111
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    0
    om kemarin ane nyolder plexible toucskren kan kabel jalur plexi nya ada 4 yang satunya patah /putus kalau di sambung kawat jumper bisa ga so itu toucskren baru? mhon bantuanya?
     
  17. ariefio

    ariefio New Member

    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    bos....mo nanya neh...bagusan mana flux dari songka?????:peace:
     
  18. ariemahendra

    ariemahendra Well-Known Member Super Member

    Messages:
    872
    Likes Received:
    567
    Trophy Points:
    103
    klo siongka terlalu lengket.lebih bagus gunakan flux original.klo menggunakan siongka akan lebih terasa saat mengangkat ic asap yg dikeluarkan akan banyak.intinya tergantung yg menggunakan,
     
  19. qiqihadiansyah

    qiqihadiansyah New Member

    Messages:
    111
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    0
    kalau pertanyaan saya ga adg yang jawb
     
  20. koeya_blink182

    koeya_blink182 New Member

    Messages:
    166
    Likes Received:
    31
    Trophy Points:
    0
    bisa2 z om..klo mo jumper nya pke kawat yg lebih kecil..misal kbel dri bekas handsfree..
     

Share This Page