trick sederhana buat buang shot Full....!!!

Discussion in 'BlackBerry' started by NANANK SAMUDRA, Apr 4, 2012.

  1. NANANK SAMUDRA

    NANANK SAMUDRA Well-Known Member

    Messages:
    301
    Likes Received:
    1,064
    Trophy Points:
    103
    sediakan batre full yg sudah di cabut componennya, cek pake avo meter mana positif (+) dan negatifnya (-) truz sambung positif batre ke posisi positif hapenya, dan negaif di sambung juga ke posisi negatifnya lalu tunggu beberapa detik keluar asap biasa asapnya keluar dari capasitor, cabut capasitor yg keluar asapnya lalu bikin nota....!!!


    Ingat jangan sampai terbalik
    positif dan negatifnya....!!!!
    sekedar berbagi pengalaman mohon di koreksi jika ada kesalahan
     

    Attached Files:

    • bb.JPG
      bb.JPG
      File size:
      95.8 KB
      Views:
      535
    t900, n8210, BENOZ and 8 others like this.
  2. efrosi

    efrosi New Member

    Messages:
    9
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    0



    maaf gan maksudnya yang ini gmn yah "sediakan batre full yg sudah di cabut componennya" belum ngerti
     
    n8210 likes this.
  3. efrosi

    efrosi New Member

    Messages:
    9
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    0



    maaf gan maksudnya yang ini gmn yah "sediakan batre full yg sudah di cabut componennya" belum ngerti dan kalo sampe terbalik akibatnya apa ya............ ke HP
     
  4. jolinsky99

    jolinsky99 Member

    Messages:
    20
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    13
    itu cara nyambungnya ke bbnya pake kabel yah? atau bagaimana..? apa gak ada efek sampingnya ..?
     
  5. NANANK SAMUDRA

    NANANK SAMUDRA Well-Known Member

    Messages:
    301
    Likes Received:
    1,064
    Trophy Points:
    103
    Pake elmen batre nya ajja gan, yg penting gak terbalik (-) dan (+) nya ajja....!!!
     
    n8210 and Albie Hape like this.
  6. mus_03

    mus_03 New Member

    Messages:
    3
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    0
    Hp konslet tidak selalu karena kapasitornya, mungkin sebelum sampe keluar asap coba sambil raba panas aja dulu. Untuk sambungan gunakan power supply juga lebih aman...
     
    n8210 and ruth lyziq like this.
  7. ruth lyziq

    ruth lyziq New Member

    Messages:
    38
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    0
    nah maksud ane jg gini gan,berarti lebih praktis pake DCPS kan,bwt ipload makasih tipsx
     
    n8210 likes this.
  8. NANANK SAMUDRA

    NANANK SAMUDRA Well-Known Member

    Messages:
    301
    Likes Received:
    1,064
    Trophy Points:
    103
    Sy dh hampir 3thn pakai trick ney gan....!!!
    awalnya sich malu ta share takutnya dh banyak yg tau.
    emang sich langkah awalnya sy cek pakai power suplay
    at mungkin mas boz juga dh banyak yg tau, caranya colok kabel + dan - nya ke hape dngan voltase mulai dri 0 lalu di naikin voltase nya sedikit-demi sedikit jika ampernya juga ikut naik berarti short nya kecil jika power suplay nya langsung nolak berarti shortnya full
    mohon di koreksi jika ada kesalahan...!!!
    sekedar berbagi pengalaman
     
    n8210, Albie Hape and bushcellmoxar like this.
  9. t900

    t900 New Member

    Messages:
    17
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    0
    nice tips.....sangat berguna hehehehe
     
    n8210 likes this.
  10. naavsaa

    naavsaa New Member

    Messages:
    22
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    0
    maaf gan ane newbi
    ini maksud nya buang full shot apa ya gan?
     
  11. ichal makassar 79

    ichal makassar 79 New Member

    Messages:
    49
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    0
    mf gan,.. mau tanya nih.. jadi sekiranya yang short itu bukan capasitornya melainkan salah satu komponen IC, apa IC tersebut di biarkan sampai berasap juga,...???????? dan apa trik ini berlaku untuk semua jenis Hp posisi kerusakan yang sama,.....
     
    Last edited by a moderator: Apr 18, 2012
  12. NANANK SAMUDRA

    NANANK SAMUDRA Well-Known Member

    Messages:
    301
    Likes Received:
    1,064
    Trophy Points:
    103
    Tergantung ketelitian dan skil kt masing2 sich gan....!!! sekiranya shortnya di IC gk usah terlalu lama di paksa sambung ke batre toh jga seumpana IC PA nya panas/short harus diganti jga, Trik ini sy coba jika udah mudeng cari shortnya yg gk ketemu2 dan di awali pakai power suplay dulu gan....!!!
     
    n8210, Albie Hape and bushcellmoxar like this.
  13. ladiessexy

    ladiessexy New Member

    Messages:
    4
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    0
    wah trik lama ini tapi sampai saat ini tetap berguna bagi saya ^^
     
    n8210 likes this.
  14. jackotrip

    jackotrip New Member

    Messages:
    60
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    0
    owhh bru tau gan...wwkkwkw.....trims infonya gan
     
    n8210 likes this.
  15. pelangi2

    pelangi2 Active Member

    Messages:
    113
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    28
    ........ waduh extreme bnget bosssss......... ...... 1!!!!!!!..... takutttt meledak bos.........
     
    n8210 likes this.
  16. udep

    udep Member

    Messages:
    52
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    18
    cara cek pake avo meternya gmn gan

    ane newbie,,

    avo meter tuh setingnya di multi tester di mananya ??
    boleh di upload gambarnya dong gan

    smoga pertanyaan ane di mengerti,,
     
    n8210 likes this.
  17. NANANK SAMUDRA

    NANANK SAMUDRA Well-Known Member

    Messages:
    301
    Likes Received:
    1,064
    Trophy Points:
    103

    Bagaimana ciri-ciri bahwa ponsel mengalami short....?

    Bagi para pengguna ponsel terkadang mengeluhkan ponselnya misalnya dengan mengatakan....

    1. Ponsel saya kok batrainya cepat sekali habis strumnya (batrainya drop)
    2. batrai saya kok kembung ya padahal baru kemarin saya ganti yang baru
    3. ponsel saya kok cepet sekali panas ya saat melakukan panggilan..

    Demikian beberapa keluhan yang disebutkan oleh para pengguna ponsel...Mereka tidak mengetahui bahwa ponsel mereka memiliki ciri-ciri ponsel short (konslet).

    Lalu apa penyebab short itu sendiri....?

    jawabannya sederhana sekali, ponsel short bisa disebabkan karena beberapa sebab diantaranya:

    1. Bisa karena jatuh
    2. bisa karena terkena air
    3. atau karena adanya komponen yang korosi ataupun sudah rusak.

    Secara garis besar jenis-jenis short pada ponsel ada 2, yaitu:

    1. Short sebelum menekan tombol on/off dan
    2. short setelah menekan tombol on/off

    Nah sekarang, bagaimana caranya agar kita mengetahu bahwa ponsel short sebelum dan sesudah menekan tombol on/off...? dan bagaimana cara penanganan short tersebut....?

    Untuk ponsel yang short sebelum menekan tombol on/off (power) kita bisa melakukan cek dengan menggunakan MULTITESTER ANALOG...

    Perlu anda ketahui bahwa ponsel yang short sebelum menekan tombol on/off jelas ponsel masih dalam keadaan mati...Terjadi short ini karena adanya komponen-komponen yang berhubungan langusng dengan tegangan batrai (Vbat=3,7 volt). Tegangan batrai ini selalu standby atau selalu siap kalaupun ponsel dalam keadaan mati. Jadi jika suatu komponen berhubungan langsung dengan Vbat anda ukur tegangannya komponen tersebut dalam keadaan off maka tegangannya pastilah 3,7 volt. Kalau ada terjadi short pada komponen yang berhubungan dengan vbat maka akan langsung kita bisa ketahui dengan cara berikuti ini:

    1. Siapkan 1 buah multitester, kemudian set tombol skala multitester ke arah skala hambatan X1 atau X10.

    2. hubungkan kabel tes point yang positif (warna merah) pada multitester dengan konektor batrai yang negatif dan hubungkan kabel tes point yang negatif (warna hitam) dengan konektor batrai yang positif.

    Apabila jarum multitester saat kedua bagian dihubungkan dengan cara di atas bergerak ke kanan baik sedikit ataupun banyak maka sudah pasti terjadi short..

    Gambar 1: Multitester Analog
     

    Attached Files:

  18. udep

    udep Member

    Messages:
    52
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    18
    mantab dah penjelasannya gan,,maklum ane otodidak
    hehehe

    kalo kasus bb 9300 ane gmn gan,,klo di cas atau di colokin ke kompi pasti mati,,alhasil klo mo idupin lagi harus cabut + pasang batere
    apa bisa ane pake cara ini,,
    liat trit ane aja gan untuk penjelasannya

    makasih sbelumnya gan
     
    n8210 likes this.
  19. udep

    udep Member

    Messages:
    52
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    18
    sori dopost
     
  20. NANANK SAMUDRA

    NANANK SAMUDRA Well-Known Member

    Messages:
    301
    Likes Received:
    1,064
    Trophy Points:
    103
    Coba cek jalur chargernya pake avo meter analog dulu gan di posisi X1 at X10
    kalau amper avo meternya naik pas di bolak balik jarumnya stelah dicolok ke jalur chargernya
    berarti jalur charger nya konslet gan.....!!!!

    solusinya coba cek componen capasitornya dulu
     
    n8210 and Albie Hape like this.

Share This Page