Mengenal prinsip kerja inverter lcd

Discussion in 'Elektronika Umum' started by persib aing, Apr 12, 2012.

  1. persib aing

    persib aing New Member

    Messages:
    5
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    0
    Pengenalan Umum Inverter

    Definisi Inverter secara umum adalah sebuah alat yang mengubah listrik arus searah (DC) ke alternating current (AC) yang dihasilkan tegangan dan frekuensi dengan menggunakan transformator yang tepat, switching, dan kontrol sirkuit. Sedangkan inverter LCD laptop adalah sebuah papan sirkuit kecil (biasanya sebesar pena). Tanpa inverter, cahaya layar LCD akan terlalu lemah. Dengan mengendalikan output dari inverter, laptop dapat menyesuaikan kecerahan dari layar. Beberapa jenis laptop inverter dapat melakukan ini secara otomatis dengan menggunakan sensor kecil untuk mendeteksi seberapa terang ruangan, dan menyesuaikan output yang sesuai.
    inverter.
    Seperti halnya komponen elektronik, kesalahan dapat terjadi dalam laptop inverter, terutama setelah bertahun-tahun digunakan. Gejala umum termasuk layar berkedip-kedip on dan off, layar tampak terlalu lemah untuk membaca, dan bahkan kadang-kadang samar. Perlu dicatat bahwa ada kemungkinan penyebab lain untuk semua gejala ini, yang terbaik laptop didiagnosis oleh teknisi profesional. Jika ditemukan rusak, laptop inverter biasanya bisa diganti.
    Setiap model laptop akan memiliki desain inverter tertentu. Mengganti inverter rusak relatif cepat dan murah, dan biasanya lebih efektif daripada diperbaiki. Proses penggantian hanya melibatkan mengeluarkan layar panel, mencabut inverter tua, dan menggantikannya dengan yang baru. Tetapi persolannya adalah desain / model inverter untuk setiap model dan tipe berbeda-beda, terutama untuk socket penghubung dengan vga card fleksibel.
    Hampir semua laptop inverter memiliki built-in GFCI perlindungan (perlindungan kesalahan tanah), yang merupakan karakteristik yang segera mematikan inverter jika lembab atau basah. Perangkat kemudian mengatur ulang kondisi dan berubah dengan sendirinya kembali jika kesulitan telah diselesaikan. The GFCI perlindungan konsumen menghindari dari sengatan listrik dan kemungkinan resiko kebakaran.



    Bagaimana Sebuah Kerja Inverter Dalam Laptop ?
    Inverter adalah papan sirkuit listrik yang mengkonversi arus searah DC --- --- ke --- AC alternating current. Mereka biasanya ditempatkan di belakang layar LCD di laptop. sirkuit ini memberi energi pada sistem pencahayaan di layar laptop. Ada 3 komponen di layar laptop: layar LCD, bola lampu dan inverter. inverter menyediakan bola lampu dengan daya yang menyala dan meningkatkan warna pada layar LCD. Fungsi lain dari inverter adalah untuk menyimpan arus listrik untuk membuat laptop portabel. inverter ini menggunakan tenaga listrik yang disimpan dalam baterai dan memungkinkan pengguna untuk menggunakan laptop bahkan ketika tidak terhubung ke stopkontak listrik atau sumber listrik langsung.


    Metode
    Inverter mengubah arus listrik langsung dari searah ke arus bolak-balik. Arus langsung dalam kasus laptop adalah arus disimpan dan disuplai oleh baterai ke dalam osilasi daya atau arus bolak. Hal ini dilakukan oleh osilator ditempatkan dalam sebuah sirkuit listrik. Osilator drive transistor untuk membuat gelombang persegi. Gelombang listrik persegi dimasukkan melalui trafo untuk menghasilkan output yang menyala lampu untuk meningkatkan gambar dan warna pada layar laptop.


    Fungsi
    Inverter di laptop adalah inverter statis. Ini bukan inverter bergerak dan tidak memiliki bagian yang bergerak. Layar LCD laptop tergantung pada efisiensi inverter. inverter ini memberikan output daya bagi pengguna akhir untuk melakukan penyesuaian dan memodifikasi warna pada layar. Mengkonversi daya dari baterai, dan ini membantu membuat laptop perangkat portabel. Tanpa inverter, laptop akan menjadi besar dan tidak mungkin untuk dibawa. inverter memastikan bahwa pengguna akhir memiliki visibilitas yang lebih baik di layar dan bahwa konsumsi energi rendah.


    Keuntungan
    Mengisi ulang baterai pada laptop mudah, dan baterai yang terisi penuh berlangsung lama karena inverter. Baterai dapat diisi dengan daya DC ketika pengguna akhir yang bergerak. Laptop dapat diisi ulang di mobil dan di pesawat. Inverter mengubah daya DC 12-volt baterai ke listrik AC 115-volt dan dapat dengan mudah dibebankan dengan cara menghubungkannya ke sumber kekuatan mobil atau pesawat. Inverter memiliki timer shutdown yang melindungi laptop dari tegangan rendah atau kerusakan listrik tegangan tinggi dan kerusakan yang disebabkan oleh perubahan suhu. Inverter melindungi laptop dari kondisi lembab dan basah. Inverter ini menyediakan pasokan listrik yang konsisten, dan output baik untuk hampir dua jam penggunaan.


    Pentingnya
    Inverter laptop adalah bagian paling penting dari sebuah laptop. Layar LCD membutuhkan inverter untuk meningkatkan visibilitas. Foto dan gambar ditempatkan di layar dengan aksi inverter. Ini memiliki kapasitas untuk memasok tenaga listrik ke layar dari berbagai ukuran. Thinner laptop dengan layar lebih besar yang tersedia karena ini kapasitas fleksibel inverter.
    LCD laptop diterangi oleh satu atau dua lampu neon tipis yang membutuhkan tegangan yang lebih tinggi dari pada komponen komputer lainnya. Inverter biasanya ditempatkan dekat dengan lampu, untuk menjaga kekuatan kabel yang pendek. Selain menggunakan inverter beberapa laptop menggunakan dioda untuk memancarkan cahaya putih (LED). Laptop ini tidak memerlukan inverter sama sekali, karena LED dapat mengangkat cahaya LCD.
     
    yaman nurjaman and nampes like this.

Share This Page