Dapet pasien sekaligus 3 N70,2700c sm Nexian semua problem sinyal minta bimbinganya master

Discussion in 'BB5' started by PipinkCell, Sep 20, 2012.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. PipinkCell

    PipinkCell Active Member

    Messages:
    238
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    28
    Master minta bantuanya ane ada pasien sinyal bermasalh semua,,kira2 dari ketiga hp itu siapa yg twu solusinya???bantuin ane yaaa
     
  2. lolen

    lolen Active Member

    Messages:
    98
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
    tolong diperjelas boss, problem nya gmn ? sinyal nya ngga mo kluar sm skali pa gmn gt hehehe :peace:
    biar tmn2 mudah kasih solusinya boss :peace:
     
  3. unyilkecil

    unyilkecil Active Member

    Messages:
    64
    Likes Received:
    60
    Trophy Points:
    28
    bawa kesini log hasil self tests menggunakan mxkey atau hwk khusus buat nokia....biar master2 disini bisa bantu ...dan buat hp china problem signal paling banyak disebabkan pada IC PA........ NYA
     
  4. shobikh

    shobikh New Member

    Messages:
    101
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    0
    Kerusakan Signal tidak dapat keseluruhan rangkaiannya dapat terditeksi oleh Selftest, bukan berarti Selftest ini tidak akurat, akan tetapi jangkauan pengecekan Selftest ini terbatas.

    Terdapat 2 blok rangkaian yang tidak dapat terditeksi oleh Selftest,
    1. Bagian Front End, terdiri dari: Antenna, Antenna Switch, PA GSM, SAW Filter, Ballun.
    2. Bagian AFC (Automatic Frequency Control), komponen yang mendukung AFC diantaranya: VCTCXO (Oscilator 38.4mHz), dan Retu/Avilma.

    Lantas bagaimana kita dapat mengetahui permasalahannya, Apakah ponsel bermasalah pada bagian Front end atau AFCnya?. Untuk memastikannya Anda perlu mengukur dulu AFCnya. Apabila AFC tidak bermasalah, Anda dapat melanjutkan pada permasalahan Front End. Akan tetapi dari pengalaman saya, AFC ini jarang sekali bermasalah. Apabila terdapat kejanggalan pada area Front End, sebaiknya Anda acuhkan saja AFC ini, Anda konsentrasikan saja pada penganalisaan bagian Front End.

    Apa fungsi AFC?
    AFC singkatan dari Automatic Frequency Control, signal AFC dihasilkan oleh RETU/Avilma untuk VCTCXO (Oscilator 38.4mHz). AFC sangat dibutuhkan oleh Sistem PLL (Phase Lock Loop) untuk pemilihan jaringan operator.

    Fungsi utama VCTCXO sebagai penghasil denyut (Clock) untuk kebutuhan Baseband, terutama RAP3G. Tanpa adanya Clock, ponsel akan mati Total. Sekalipun AFC tidak masuk ke dalam VCTCXO, kondisi ini tidak akan mempengaruhi nilai oscilasinya, tetap saja menghasilkan denyut sebesar 38.4mHz.
    AFC akan berpengaruh terhadap Peak to Peak (puncak denyut). Puncak denyut ini sangat diperlukan sebagai signal referensi untuk pemilihan jaringan. (pembahasan ini akan saya jelaskan pada permasalahan PLL).
    Pengukuran AFC seharusnya menggunakan Osciloscope, akan tetapi apabila Anda belum mempunyai Osciloscope, Anda dapat menggunakan AVO-Meter untuk mengetahui detakan tegangannya, Pengukuran menggunakan AVO-Meter, tegangan akan berdetak pada 1 –sampai1,4 Volt.


    Apa yang perlu dieksekusi apabila AFC bermasalah?
    Apabila telah Anda lakukan pengukuran AFC dan tegangannya tidak normal (tegangannya kurang dari 1,4Volt), maka permasalahan bisa disebabkan karena RETU/Avilma yang bermasalah. Namun apabila AFC ini normal, permasalahan bisa disebabkan karena VCTCXO-nya yang sudah lemah.

    Selain permasalan pada AFC, permasalahan signal bisa disebabkan karena Software dan RTC Clock, pada kerusakan ini Selftest tidak dapat menditeksinya. Jadi sebaiknya, sebelum Anda mengganti komponen pada area FEM, lakukan Write PM dari hasil Backup Type Ponsel yang sama (pastikan PM pada Sector 120 & 308 tidak diikut sertakan). Apabila masih bermasalah, Anda lanjutkan kepada pengecekan RTC Clock. RTC Clock ini adalah Oscilator yang akan menghasilkan denyut Sleep Clock, nilainya harus 32.768kHz, apabila nilainya kurang maka dipastikan RTC Clocknya bermasalah.Gejala pada permasalahan RTC Clock ini, pada umumnya ponsel masih bisa mendapatkan jaringan, namun disaat melakukan panggilan selalu gagal.
     
    nampes likes this.
  5. PipinkCell

    PipinkCell Active Member

    Messages:
    238
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    28

    makasih master teorinya,,,skrng ane tinggal prakteinnya,,,!mudah2an aja ane bisa,,,newbi bnget
    masalhnya master,,,masih perlu bimbinganya.
     
  6. dj.orion

    dj.orion Super Moderators Super Moderator

    Messages:
    3,109
    Likes Received:
    5,147
    Trophy Points:
    123
    Maaf, bro.!!! Thread diclose
    Buat thread baru utk masing2 pembahasan, jgn dicampur2
    BB5 tersendiri atau 2700c n N70 tersendiri dan Nexian tersendiri disub-forum yg sdh disediakan
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page