RIM Bayar $65 Juta untuk Lisensi Paten Nokia

Discussion in 'News & Article' started by berkat cell, Jan 4, 2013.

  1. berkat cell

    berkat cell Moderator Moderator

    Messages:
    3,760
    Likes Received:
    17,120
    Trophy Points:
    123
    Tidak sampai sebulan setelah pengadilan memutuskan sebuah paten yang dipakai RIM dalam BlackBerry adalah milik Nokia, RIM segera menyelesaikan kewajibannya pekan lalu. Meski kedua pihak, baik Nokia maupun RIM, tidak menjelaskan isi kesepakatan pemakaian paten tersebut tetapi media selalu punya cara untuk mengetahuinya, terutama tentang besar angka yang harus dibayar RIM ke Nokia.

    Dalam dokumen kesepakatan antara RIM dan Nokia, disebutkan bahwa RIM akan memberikan uang senilai $65 juta kepada Nokia dalam sekali pembayaran. Kesepakatan itu juga memuat diakhirinya semua sengketa paten antara RIM dan Nokia dan ditariknya gugatan di Amerika, Inggris, Kanada dan Jerman.

    Langkah cepat RIM dalam merespon permintaan Nokia dinilai tak lepas dari rencana rilis BlackBerry 10 pada 30 Januari 2013 nanti. Karena paten yang dipermasalahkan Nokia berkaitan dengan teknologi WiFi di smartphone, jika RIM tetap menggunakannya maka Nokia memiliki hak untuk memblokir penjualan BlackBerry handset, termasuk BlackBerry 10. Selain demi mengamankan jalannya rilis BlackBerry 10, pembayaran biaya lisensi paten ini juga dinilai sangat menguntungkan Nokia yang
    kondisi keuangannya sangat buruk.
     
    erispriatno and admin like this.

Share This Page