Di Amerika, Melakukan Unlock iPhone bisa di Penjara

Discussion in 'News & Article' started by djawir news, Feb 5, 2013.

  1. djawir news

    djawir news news maker Staff Member

    Messages:
    46
    Likes Received:
    98
    Trophy Points:
    28
    [​IMG]

    Melakukan unlock iPhone kini dianggap ilegal di Amerika Serikat (AS). Pelaku bisa dikenakan denda. Bahkan, orang-orang atau perusahaan yang memberikan layanan unlock bisa terancam masuk penjara.

    Hingga akhir Januari lalu, melakukan unlock masih dianggap sah di AS. Namun kini tindakan itu dilarang. Aturan baru ini dibuat oleh Library of Congress di bawah Digital Millenium Copyright Act (DMCA). Lembaga ini menetapkan bahwa melakukan unlock smartphone dianggap melanggar hak cipta. Sebelumnya, pengguna diperbolehkan meng-unlock smartphone.

    Dalam aturan baru itu disebutkan hukuman pinalti bagi mereka yang meng-unlock iPhone. Pelanggar bisa dikenakan denda sampai $500.000, bahkan dipenjara selama 5 tahun, atau keduanya. Jika melakukannya berulang, hukuman meningkat menjadi denda maksimum $1.000.000, penjara sampai 10 tahun, atau keduanya.

    Mengapa Unlock Dilakukan?
    Selain pajak, salah satu alasan kenapa harga iPhone di Indonesia dibandrol tinggi adalah karena versi iPhone yang masuk ke Indonesia merupakan versi unlock. Artinya, ponsel itu tidak di-bundling dengan satu operator khusus saja namun bisa dipakai untuk operator lain.

    Beda halnya di Amerika, iPhone yang dijual disana adalah iPhone versi lock, pengguna hanya bisa menggunakannya dengan operator tertentu saja. Apple dan pihak operator sudah membuat kontrak secara eksklusif. Itu sebabnya harga iPhone yang dijual di sana tidak mahal. Tentu saja, Anda dapat membeli iPhone versi unlock, namun Anda harus membayar ratusan dolar untuk mendapatkan hak istimewa itu. Unlock iPhone umumnya disukai oleh para pengguna yang hobi beralih layanan operator seluler.

    Sebagai perbandingan, iPhone 5 versi unlock dengan kapasitas 16GB dihargai $649 di AS. Bandingkan dengan harga subsidinya dengan operator yang hanya $199. Jika iPhone di-unlock, pengguna berarti dapat menggunakan iPhone tersebut di jaringan operator lain.

    Di Amerika, iPhone di-bundling dengan operator sehingga pengguna akan terikat kontrak dengan operator lokal. Praktek ini dilakukan agar pendapatan berlangganan seluler dari pelanggan yang membeli iPhone subsidi tetap masuk ke operator bersangkutan.

    ADVISORY
    BY DECREE OF THE LIBRARIAN OF CONGRESS
    IT SHALL HENCEFORCE BE ORDERED THAT AMERICANS SHALL NOT UNLOCK THEIR OWN SMARTPHONES.

    PENALTY: In some situations, first time offenders may be fined up to $500,000, imprisoned for five years, or both. For repeat offenders, the maximum penalty increases to a fine of $1,000,000, imprisonment for up to ten years, or both.*

    Demikian sepenggal bunyi peraturan tersebut. Disebutkan lagi, hukuman ini berlaku untuk mereka yang melakukan unlock untuk kepentingan komersial atau mencari keuntungan. Aturan ini dianggap dapat membantu melindungi investasi para operator seluler dalam hal subsidi yang diberikan untuk handset tersebut.

    Tapi jangan khawatir, peraturan tersebut hanya berlaku di Amerika, kalau dinegara kita bebassss :rock:
     
  2. satria83

    satria83 New Member

    Messages:
    141
    Likes Received:
    64
    Trophy Points:
    0
    wah negeri juga ya,,,
    kalau saja di indonesia kya gitu,,, kasihan yang punya hape gak bisa di unlock
     
  3. asmin

    asmin New Member

    Messages:
    5
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    0
    wah kalo demikian di terapin di negara kita bakal jadi gimana ya?

    Yang jelas pasti harga hpnya jadi tambah mahal kaelee ya om?
     
  4. partygsm

    partygsm Member

    Messages:
    70
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Kalau di berlakukan di indonesia.... yang diuntungkan P O L I S E
     
  5. nyala

    nyala Active Member

    Messages:
    113
    Likes Received:
    41
    Trophy Points:
    38
    Wah,..kaosku ga laku dong kalo dijual di Amrik,...:D

    Jailbreak H.
     
  6. cs_imcpulsa

    cs_imcpulsa IMCpulsa SUMBAGSEL Premium Member

    Messages:
    256
    Likes Received:
    661
    Trophy Points:
    103
    alhamdulillah,untungnya ane tinggal di INDONESIA tercinta :rock:
     
    new_account likes this.
  7. listya

    listya Well-Known Member

    Messages:
    407
    Likes Received:
    191
    Trophy Points:
    53
    malah sebaliknya bos...harga hp nya malah jadi lebih murah "Sebagai perbandingan, iPhone 5 versi unlock dengan kapasitas 16GB dihargai $649 di AS. Bandingkan dengan harga subsidinya dengan operator yang hanya $199"

    jadi inget kasus hp samsung fren 356 kalo ga salah...(warna hp nya hitam tipis,rada berat,kalo di pake kelamaan panas bgt wkwkwkwk)
    si unlocker tetap bebas meskipun di tuntut dari pihak operator fren, karena menurut si pengacara "beli hp bagaikan beli mobil,mau kita modifikasi sampai mobil itu ga bisa jalan lagi ya terserah yang punya dong,kan dia beli dengan sah"
     
    marcell ff and salsha cell like this.
  8. agunkin

    agunkin Member

    Messages:
    59
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    16
    yang pasti judulnya "Teknisi Ketangkul FBI" susah jadi teknisi disana ya?
     
  9. Rendi Ya Rendi

    Rendi Ya Rendi Member

    Messages:
    65
    Likes Received:
    14
    Trophy Points:
    18
    wah boleh tuh.. berapaan bang :rolleyes:
     
  10. msaddam

    msaddam New Member

    Messages:
    8
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    0
    untuk ane di indonesia wkwk
     
  11. meiky

    meiky Active Member

    Messages:
    313
    Likes Received:
    50
    Trophy Points:
    38
    tenang patokan kita cina walaupun aparat kita banyak disekolahkan di rumah paman SAM!!!!!!
     
  12. penangsang

    penangsang New Member

    Messages:
    14
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    0
    klo d amerika d penjara
    d ind malah di kasih uang m orang ny........heeeeeee;)
     
  13. addakhil

    addakhil Active Member

    Messages:
    78
    Likes Received:
    38
    Trophy Points:
    28

    Alibi yang logis dari si pengacara..
     
  14. marcell ff

    marcell ff Member

    Messages:
    18
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    13
    nice inpo bosss lanjuttkann :clap:
     
  15. amalia12

    amalia12 New Member

    Messages:
    16
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    serem ya,bagus saya mah android :D
     
  16. anyan

    anyan New Member

    Messages:
    8
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    service handphone d amerika keknya bs gulung tikar,hahaha:D

    Sent from my NEXUS X using Tapatalk 2
     
  17. sam celeng

    sam celeng New Member

    Messages:
    101
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    0
    dsana Iphone ga boleh
    dsini Iphone boleh2 aj...
    esi* yg ga boleh....
     
  18. lisarama

    lisarama New Member

    Messages:
    5
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    0
    wah kalo di terapkan di indonesia yang jualan kartu perdana bakalan amsiong dong hehe, secara pada ga ganti-ganti kartu perdana lagi, tapi sebenernya ada positif nya juga pake sistim bundling gini, orang-orang jadi lebih bertanggung jawab ama pemakaian hp nya, ga bisa untuk tipu-tipu / dipergunakan untuk hal-hal buruk.
     
  19. imranandroid

    imranandroid New Member

    Messages:
    2
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    0
    alhamdullilah untung bukan warga negara amrik
    disini newbie bisa belajar lebih bebas unlock iphone
     
  20. erwinmaya

    erwinmaya New Member

    Messages:
    6
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    0
    semua punya kelebihan dan kekurangan termasuk masalah ini kalau saja ini terjadi di Indonesia pastinya banyak yang tidak memakai handphone I Phone karena pasti banyak yang melakukan unlock
     

Share This Page