Tips Cerdas dalam Memilih dan Membeli Laptop Bekas

Discussion in 'PC & Laptop' started by Kangmucing, Jun 2, 2013.

  1. Kangmucing

    Kangmucing New Member

    Messages:
    9
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    0
    Di zaman modern seperti sekarang ini laptop bukan lagi menjadi barang mewah,mahal dan bahkan ada yang menganggapnya barang antik dan canggih.Namun terlebih dari itu kini laptop sudah menjadi kebutuhan wajib bagi siapa saja yang menyukai dunia digital.Laptop adalah sarana terpenting yang wajib dimiliki untuk bisa berinteraksi dengan dunia digital yang kini sedang menjadi trend dimana-mana seperti mulai adanya foto digital,print digital,internet,chatting,gamers,sosial networking dan masih banyak lagi.Harga laptop skarang juga tak semahal dulu (bagi mereka yang mampu).Namun bagi mereka yang mempunyai budget pas-pasan bisa membelanjakannya dengan memilih laptop bekas.Namun dalam memilih laptop bekas juga harus cermat supaya nantinya anda tidak merasa kecewa di belakang.Nah,tips berikut ini mungkin bisa membantu anda dalam memilih laptop bekas.
    • Perhatikan bentuk fisik laptop. Bentuk fisik laptop meliputi keadaan keyboard, layar, casing, dan touchpad. Pastikan alat-alat tersebut tidak cacat atau tergores.
    • Pastikan semua kelengkapan laptop bekas ada. Kelengkapan tersebut meliputi Charger, CD / DVD Driver, Dus, dan buku manual.
    • Pastikan semua perangkat yang ada pada laptop bekas tersebut sesuai dengan spesifikasinya. Perangkat tersebut meliputi Hard Disk, CD / DVD Writer, RAM, VGA, Processor, Bluetooth, dan lain sebagainya. Jika laptop bekas tersebut menggunakan Microsoft Operating System, Anda dapat memastikannya menggunakan perintah “dxdiag” pada aplikasi Run.
    • Pastikan baterai laptop tersebut baik-baik saja. Baterai merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah laptop. Kondisi baterai yang cepat habis alias drop pasti akan mengganggu di kala kita sedang asyik membuat dokumen penting atau mengerjakan tugas kantor.
    • Pastikan spare part laptop bekas tersebut mudah untuk dicari. Kemudahan membeli spare part merupakan faktor penting yang harus dipenuhi. Bayangkan jika spare part laptop bekas tersebut sangat sulit untuk dicari, kita pasti akan kelabakan dan kesusahan mencari spare part tersebut. Kalaupun ada, harganya sangat mahal karena jumlahnya yang terbatas dan sulit untuk dicari.
    • Pastikan bahwa toko jual beli laptop bekas tersebut memberikan garansi terhadap laptop bekas yang akan kita beli. Jadi ketika sewaktu-waktu laptop bekas tersebut mengalami masalah, kita dapat mengembalikannya pada toko tersebut untuk diperbaiki.
    • Pastikan bahwa laptop bekas yang akan kita beli memiliki processor di atas pentium 4. Mengapa? Saat ini teknologi processor semakin maju, fiturnya semakin lengkap dan canggih.
    • Yang terakhir, pastikan semua aplikasi dan program dapat bekerja baik. Jangan sungkan untuk meminta penjual laptop bekas untuk menginstall ulang kembali Operasi Sistem jika kita menemukan banyak error pada laptop bekas tersebut.
    Nah,dengan memperhatikan tips-tips tersebut semoga bisa membantu anda dalam memilih laptop bekas dengan spek bagus,kualitas oke dan tentunya dengan harga yang relatif murah.

    sumber
    aksesdunia.com
     
    Last edited by a moderator: Jun 2, 2013

Share This Page