Share 11 Cara Membaca Dalam Bahasa Inggris yang Baik dan Benar

Discussion in 'Internet & Web' started by ryouta, Jan 5, 2017.

  1. ryouta

    ryouta Member

    Messages:
    92
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Dengan membaca, selain kita bisa mendapatkan informasi-informasi yang seolah membuka jendela dunia kita kepada hal-hal yang umum, pun kita juga bisa mendapatkan manfaat seperti :

    • Stress berkurang
    • Rangsangan otak meningkat
    • Pengetahuan bertambah
    • Memperkaya kosa kata
    • Daya ingat meningkat
    • Kemampuan kita dalam berpikir analitis semakin kuat
    • Fokus dan konsentrasi meningkat.
    Dan tentunya masih banyak lagi hal lainnya yang bisa kita dapatkan dari membaca.

    Kalau membaca tentang hal-hal berbau bahasa Inggris, itu banyak manfaatnya juga tidak?

    Tentu saja ada. Semua hal yang berkaitan dengan membaca itu selalu ada manfaatnya. Hanya saja, untuk konteks bahasa Inggris, kita selalu kurang bisa memahami apa dan bagaimana cara mengucapkan kata-kata bahasa Inggris ketika kita harus membacanya.

    1. Pelajari pengucapan alphabet dalam bahasa Inggris.
    Mungkin ini merupakan hal yang sangat dasar untuk memahami tentang cara membaca dalam bahasa Inggris yang baik dan benar. Memang, pengucapan alphabet untuk bahasa Inggris dengan bahasa Indonesia itu memang berbeda. Jauh berbeda mungkin.

    Sebagai contoh, untuk alphabet A pada bahasa Indonesia justru dibaca Ei dalam bahasa Inggris. Begitupun untuk alphabet B pada Bahasa Inggris justru dibaca Bi dalam bahasa Inggris. Sangat jelas berbeda sekali antara bahasa Indonesia dengan Bahasa Inggris, maka, untuk mengubah kebiasaan dan semakin terbiasa, pemahaman tentang alphabet bahasa Inggris ini memang harus benar-benar bisa dipahami sebaik mungkin. Untuk contoh, ini adalah pengucapan alphabet dalam bahasa Inggris yang lengkap :

    [​IMG]

    2. Persiapkan kosakata
    Pada dasarnya, perbendaharaan kosakata merupakan hal penting untuk menunjang kita dalam melancarkan bacaan dalam bahasa Inggris dengan baik dan benar. Semakin banyak kita menguasai kosa kata bahasa Inggris, tentu semakin cepat dan mahir pula kita mengucapkan atau membaca buku-buku dalam bahasa Inggris.

    Memang, dalam pelaksanaannya, menghafal satu atau dua kosa kata itu memang susah terlaksana. Namun sekali lagi, terkadang niat itu mengalahkan apapun. Maka, sebelum melakukannya, berniatlah terlebih dahulu agar semua hal terasa lebih mudah dan tidak membebankan.

    Dalam beberapa metode pembelajaran bahasa Inggris, perbendaharaan kosakata ini memang menjadi hal penting yang wajib untuk dimiliki.

    3. Pronunciation
    Agar cara membaca dalam bahasa inggris kamu lebih baik maka kamu harus membahami pronunciaction, dimana pronunciation merupakan sebuah teknik penting yang seolah menjadi jantungnya speaking bahasa Inggris. Hal ini dikarenakan jika seseorang salah mengucapkan sesuatu dalam bahasa Inggris, maka itu akan berdampak pada kesalahan arti dari apa yang diucapkan. Kan kadang tidak lucu kalau kita ingin mengucapkan bed (arti kata : tempat tidur) eh, ketika diucapkan malah berarti bad (arti kata : buruk).

    Pronunciation ini sangat sering digunakan dalam pembelajaran speaking, yang mana merupakan hal penting untuk dikuasai dan dipahami sehingga kelak apa yang diucapkan sesuai dengan apa yang ingin diartikan.

    4. Cari kosakata baru
    Mengacu pada point nomer tiga diatas, ketika kita sudah mempersiapkan beberapa kosakata untuk nantinya dipahami, ada kalanya mungkin kita hanya akan stuck pada kosa kata yang itu-itu saja. Maka, jelas, untuk berkembang menjadi lebih paham lagi, terkadang kita harus senantiasa mencari kosakata-kosakata baru yang memang belum pernah kita ketahui sebelumnya sehingga nantinya itu bisa dilatih agar perbendaharaan kosakata itu meningkat dan skill bahasa Inggris kita berkembang pesat.

    5. Baca Saja Dulu
    Dalam pembelajarannya, terkadang kita terlalu fokus pada faedah-faedah bahasa Inggris yang terlalu baku sehingga secara tidak langsung itu terlalu menuntut dan memberatkan kita untuk membaca bacaan dalam bahasa Inggris.

    Dampaknya?

    Tentu yang paling jelas adalah kita jadi enggan untuk membaca.

    Oleh karena itu, ada baiknya kita membaca bacaan bahasa Inggris itu ya membaca saja dulu tanpa harus mengikuti aturan-aturan atau faedah yang memang baku untuk bahasa Inggris. Pada hakekatnya, membaca itu 75% dari kebiasaan saja.

    Jadi, tidak ada yang perlu dikhawatirkan ketika salah membaca karena itu adalah salah satu dari proses. Namun yang salah apabila kita menyerah pada keadaan dan enggan berusaha untuk belajar.

    6. Skimming
    Dalam cara membaca bacaan bahasa Inggris yang baik dan benar, kita pasti mengenal istilah Skimming.

    Ya, skimming adalah salah satu metode membaca dengan cara cepat untuk mendapatkan intisari atas apa yang ada dalam suatu kalimat. Metode membaca dalam bahasa Inggris yang baik dan benar ini mungkin bukanlah hal yang mudah untuk seorang newbie. Namun, metode ini tentu merupakan metode yang sangat efektif ketika kita hendak membaca bacaan hanya untuk mencari sebuah main idea atau inti pokok dari bacaan tersebut.

    Tidak ada yang salah dari sebuah bacaan, kan?

    7. Listening
    Cara membaca dalam bahasa Inggris yang baik dan benar selanjutnya adalah dengan melakukan proses listening (mendengar) terlebih dahulu.

    Pada dasarnya, dengan mendengar terlebih dahulu, kita bisa mendapatkan pencerahan tentang bagaimana kalimat-kalimat dalam bahasa Inggris diucapkan sehingga nantinya ketika kita hendak membaca bacaan bahasa Inggris, kita sudah paham tentang mana pengucapan yang benar dan mana pengucapan yang salah.

    Sebenarnya memang listening dan reading itu saling berkaitan, oleh karena itu dua elemen dalam bahasa Inggris tersebut memang menjadi hal penting yang harus dikuasai.

    8. Jangan malu bertanya.
    ‘Malu bertanya, sesat dijalan’

    Pepatah inilah yang menjadi pengantar untuk kita dapat membaca dalam bahasa Inggris dengan baik dan benar. Namanya belajar, kita tidak perlu malu untuk mengais ilmu dari siapapun. Tanya, tanya dan tanya adalah salah satu proses untuk kita berkembang.

    Kita bisa bertanya kepada teman atau saudara yang memang lebih mahir dalam bahasa Inggris tentang bagaimana pengucapan yang benar. Biasanya, dengan bertanya seperti itu kita akan jadi lebih paham karena ketika kita praktik, otomatis jika kita salah langsung ada yang membenarkan.

    9. Baca Secara Perlahan
    Dalam membaca bahasa Inggris, semua tidak dilakukan secara instan dan cepat. Disini, kita fokus pada kebenaran dalam hal pengucapan, maka, bacalah sebuah bacaan itu secara perlahan tanpa ada rasa terburu-buru.

    Dengan membaca secara perlahan, kita akan bisa memaknai apa yang kita baca sesuai dengan arti dari apa yang kita maksudkan. Orang-orang yang membaca dengan terburu-buru pasti terkesan berbelit-belit dalam pengucapannya sehingga tak jarang, arti kata yang dimaksudkan tidak sesuai dengan apa yang diucapkan.

    Oleh karena itu, dalam tahap pembelajaran, semua sah-sah saja ketika kita membaca artikel bahasa Inggris dengan cara perlahan.

    10. Fokus
    Cara membaca dalam bahasa Inggris yang baik dan benar selanjutnya adalah dengan kita fokus pada bacaan yang kita baca. Hal ini tentu penting dalam pemahaman kita akan apa yang sedang dibaca.

    Ketika fokus, maka pemikiran kita penuh kepada kalimat yang tertulis pada sebuah bacaan dan nantinya akan kita ucapkan secara lisan sehingga ketika kalimat itu terucap, arti kata dan ucapannya terdengar benar dan sinkron.

    Coba saja kalau tidak fokus, semua pasti berantakan.

    11. Jadikan kebiasaan.
    Semua bisa karena terbiasa, termasuk juga cara membaca dalam bahasa inggris.

    Untuk membaca alam bahasa Inggris yang baik dan benar, sebernarnya semua juga tergantung pada seberapa terbiasanya kita dalam membaca artikel bahasa Inggris. Ketika kita sering membaca artikel bahasa Inggris secara keras dan dilakukan berulang-ulang, kita pun akan mengerti bagaimana kalimat-kalimat itu diucapkan dan diartikan. Sehingga nantinya, kita hanya tinggal mengasahnya saja.

    Jika semua sudah terbiasa kita lakukan, maka membaca dalam bahasa Inggris ini bukanlah menjadi hal sulit dan akan mengalir begitu saja ketika kita melafalkannya.

    Oleh karena itu, biasakanlah untuk membaca.

    Sumber : http://squline.com/cara-membaca-dalam-bahasa-inggris/
     

Share This Page