Bikin sendiri kabel EDL ....

Discussion in 'Elektronika Umum' started by antok mentawak, Feb 4, 2017.

  1. antok mentawak

    antok mentawak Member

    Messages:
    31
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    18
    EDL apan sih...?
    Yang gitu-gitu deh..pencet colok lepas....
    (harusnya namany PCL kali ya boss)
    [​IMG]

    Membeli tentu solusi mudah dan praktis...namun kadang kwalitas bahan tidak seperti yang kita inginkan...
    Dan kadang kalau pas kabel ngambek tiba2 mau beli yang jual jauh...
    user minta ditunggu...gagal nota dah....
    Kasihan....

    Ok gak usah panjang lebar...
    untuk membuat sendiri kabel ini kita butuh bahan utama tentunya kabel USB
    Pilih yang berkwalitas bagus...
    saya menggunakan bawaan smartphone...
    Ulet dan tentunya awet...

    [​IMG]


    Selanjutnya kita butuh sebuah saklar..pilih sesuai selera dan ketersediaan di meja service masingmasing...
    Tapi tolong jangan ambil saklar lampu toilet boss...kasihan nanti yang mau kebelakang gelap-gelapan...

    Saya sih lebih suka pake micro switch....yang pencetanya terasa...bawaanya cuma maksleppp doang...gak kerasa nyangkutnya.....

    Sampai disini ada yang mulai bertanya, saya udah coba bikin niru aslinya tapi tidak berhasil, ada juga yang mengira ada butuh komponen khusus.

    Padahal tidak....kita hanya butuh menshortkan jalur D+ ke Gnd...
    Namun pada kabel bawaan beli sepertinya warna kabelnya sengaja di bolak balik untuk mengecoh.
    Pada kabel standart kita hanya butuh mengakses sedikit kabel hitam dan hijau....
    Kalaupun ada PCB kecl itu hanya pemanis saja....

    [​IMG]


    Ok...
    Kupas sedikit kabel pada jarak kira-kira 25cm dari ujung atau sesuai selera...
    Setelah terlihat solder langsung aja tuh kabel hijau sama hitam ( asumsi kabel yang Anda gunakan standart )
    Langsung tempel aja saklarnya di sono
    Kira2 seperti itu...



    Tara....
    Kabel sudah selesai...
    h maksudnya tinggal bungkus saklarnya...berhubung kehabisa bahan kita lanjut besok membungkusnya.
    Bisa gunakan tubing...banyak dijual di toko kabel...




    [​IMG]




    pasangnya kira2 kayak gini..cukup angetin pake blower...

    [​IMG]
     

    Attached Files:

  2. effel

    effel Member

    Messages:
    50
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    Nambahin kira-kira begini :
     

    Attached Files:

  3. antok mentawak

    antok mentawak Member

    Messages:
    31
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    18
    yup...barusan sudah kita beli tubingnya..
    langsung diangetin...hasilnya lumayan rapi...


    [​IMG]
     

    Attached Files:

  4. thekukang

    thekukang Active Member

    Messages:
    71
    Likes Received:
    100
    Trophy Points:
    28
    melu2 tak tubing malah saklare on terus... ganti switch handsfree gak kepake malah ok
     
  5. rnbeez

    rnbeez New Member

    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    boleh diliat gan hasil akhir pake switch handsfree? thx
     
  6. Djafar87

    Djafar87 Member

    Messages:
    13
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    13
    Yang buat bungkus kabel+ saklar itu namanya apa bos? Belinya dimana?

    Sent from my Redmi Note 2 using Tapatalk
     
  7. thekukang

    thekukang Active Member

    Messages:
    71
    Likes Received:
    100
    Trophy Points:
    28
    16683352_1227642177291459_680632577_n. 16652766_1227642603958083_566227070_n.
    gelap
     
  8. rnbeez

    rnbeez New Member

    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
  9. Hardbricked_Labs

    Hardbricked_Labs New Member

    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Trimakasih pak antok

    Sent from my Redmi Note 3 using Tapatalk
     
  10. Evo Starion

    Evo Starion New Member

    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    mantap,, DIY ......(y)

    Sent from my R831 using Tapatalk
     
  11. Djafar87

    Djafar87 Member

    Messages:
    13
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    13
    [​IMG]

    Ini EDL + dlspd saya.
    Box mati sayang dianggurin.

    Ic yang gag penting dilepas.
     

Share This Page