• This site uses cookies. By continuing to use this site, you are agreeing to our use of cookies. Learn more.

Cara Memulai Bisnis Tanpa Modal

#1
Cara memulai bisnis tanpa modal itu terlalu indah untuk jadi kenyataan. Namun, bukan berarti untuk membangun bisnis Anda harus selalu mengeluarkan seluruh isi tabungan. Bukan berarti juga Anda tidak bisa membangun bisnis kalau tidak memiliki banyak uang.

Mengapa? Di era digital seperti sekarang, Anda beruntung bisa memulai bisnis tanpa modal sepeserpun. Tentu ini jadi solusi karena mengumpulkan biaya investasi besar untuk modal awal memang bukanlah perkara mudah. Kalau Anda termasuk orang yang bercita-cita menjadi seorang wirausahawan tapi tak punya modal, maka berikut ini ada 5 tips yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkannya:

Mulai dari apa yang Anda miliki

Menjalankan sebuah bisnis yang sukses, tentu dimulai dari bagaimana Anda memanfaatkan sumber daya yang tersedia saat ini. Hal tersebut bisa diterapkan di awal langkah Anda, yakni dengan mencari ide bisnis. Mulailah untuk menjawab beberapa pertanyaan seperti:
  • Bidang apa yang Anda kuasai?
  • Apa saja keahlian Anda?
  • Apakah Anda memiliki minat tertentu yang kemudian bisa diubah menjadi sebuah bisnis berbasis service atau layanan?
  • Aset apa saja yang Anda punya saat ini? Dan lain-lain.
Bahkan, dengan mengandalkan berbagai kompetensi dasar (basic skill) saja sudah bisa menjadi bekal untuk cara memulai bisnis tanpa modal sepeserpun. Termasuk dengan memanfaatkan aset-aset kecil seperti laptop dan internet.

Pertahankan pekerjaan Anda saat ini

Memutuskan berhenti dari pekerjaan saat ini demi mengeksplorasi hasrat Anda untuk memulai bisnis, memang terdengar menjanjikan. Tapi nyatanya, hal ini bukanlah solusi terbaik untuk dilakukan. Pebisnis yang sukses memang tidak boleh takut mengambil resiko tapi mereka juga harus tetap realistis.

Rela bersusah payah

Jika Anda antusias untuk menemukan cara memulai usaha tanpa modal, Anda juga harus siap melakukan apapun untuk mencapainya. Karena otomatis kalau Anda tidak mempunyai modal, persaingan bisnis bisa semakin ketat. Makanya, demi menghemat biaya, Anda harus rela melakukan semuanya sendiri.

Mengandalkan platform online

Mengandalkan sistem online akan sangat berguna khususnya bagi sebuah bisnis yang baru saja merintis. Ada banyak cara memulai bisnis online tanpa modal, salah satunya ialah dengan membangun website.

Jelajahi Crowdfunding

Jika Anda merasa bahwa bisnis Anda dapat menarik sejumlah banyak orang, Anda bisa mempertimbangkan Crowdfunding. Ada berbagai macam platform Crowdfunding seperti Kickstarter, Indiegogo dan Gofundme untuk memudahkan Anda mencari bantuan modal.

Intinya, jangan biarkan kekurangan dana menghalangi impian Anda untuk memulai bisnis. Dengan kesungguhan, kerja keras, perencanaan yang matang, sikap optimis sekaligus realistis, maka Anda pun bisa mewujudkan ide bisnis Anda. Siapa tahu Anda bisa menemukan dana yang cukup untuk kemudian mengembangkan bisnis.