• This site uses cookies. By continuing to use this site, you are agreeing to our use of cookies. Learn more.

Persiapan Sebelum Instal Ulang Laptop Berbagai Tipe Lengkap Dengan Cara Instalnya

#1
Instal ulang laptop perlu dilakukan setidaknya sekali setelah pembelian. Selain dapat digunakan untuk memperbarui Windows yang digunakan, instal ulang juga dapat meningkatkan performa laptop. Semakin lama usia laptop tak jarang performanya mulai menurun.

Hal ini bisa diakibatkan oleh banyak hal, mulai dari virus, kerusakan pada harddisk, dan sistem yang error. Meskipun beberapa masalah dapat diatasi tanpa instal ulang, tak jarang melakukan instal ulang laptop dapat mengatasi berbagai masalah laptop secara instan.

Selain itu, instal ulang juga dapat merefresh ulang laptop. Saat melakukan instal ulang laptop banyak file sampah yang menumpuk akan terhapus begitu pula dengan virus yang menurunkan performa.

Persiapan Sebelum Instal Ulang

Instal ulang merupakan proses pembersihan komputer yang terbilang instan. Meski demikian melakukan instal ulang laptop juga memiliki risiko yang besar. Untuk terdapat beberapa persiapan yang perlu dilakukan sebelum melakukan instal ulang. Berikut adalah tahapannya:

1. Melakukan Back-up Data Sebelumnya
Saat proses instal ulang dilakukan, maka secara otomatis seluruh file di dalam perangkat juga akan terhapus. Oleh karena itu melakukan backup pada data penting sebaiknya dilakukan sebelum melakukan instal ulang pada laptop.

Backup bisa dilakukan dengan cara memindahkan file-file penting ke harddisk eksternal maupun keping CD. Namun, apabila tidak memiliki harddisk, backup bisa dilakukan dengan menyimpan file pada media penyimpanan cloud. Setelah intall ulang selesai dilakukan makan file bisa diunduh kembali.

2. Memeriksa Daya Listrik
Hal lain yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan intall ulang adalah memastikan bahwa sambungan listrik tidak mati. Hal itu bertujuan untuk antisipasi jika di tengah proses instal ulang, daya baterai habis. Sebab proses instal ulang pada laptop bisa memakan waktu yang lama.

3. Menyimpan Serial Number
Setiap program yang diinstal pada laptop memiliki serial number tertentu. Terutama software berbayar. Serial number penting untuk melakukan aktivasi pada program setelah melakukan instal ulang.

Karena beberapa software yang bisa diunduh secara gratis tak jarang tidak memiliki serial number slot joker123. Sehingga software tidak bisa dijalankan secara penuh. Oleh sebab itu, keberadaan serial number sama pentingnya dengan file dalam laptop.

4. Mempersiapkan OS Baru
Langkah terakhir yang perlu diperhatikan sebelum melakukan instal ulang laptop adalah mempersiapkan file instalan OS. File instalan OS ini bisa didapatkan dalam bentuk CD master instalasi maupun dalam flashdisk. Flashdisk dapat digunakan jika laptop yang dimiliki tidak memiliki CD Room.

Menyiapkan softfile instalan pada flashdisk berbeda dengan mengunakan CD. Pertama, cara untuk menyiapkan softfile OS pada flashdisk adalah dengan menyediakan flashdisk berukuran minimal 8 GB. Selanjutnya buat file master dalam format iso yang berasal dari software burning.