• This site uses cookies. By continuing to use this site, you are agreeing to our use of cookies. Learn more.

Cara Bermain Board Game yang Baik

#1
Board game dan digital game memiliki keunikan dan perbedaan masing-masing. Termasuk dalam hal penjelasan cara bermain. Dalam digital game, cara bermain bisa disertakan sembari permainan berlangsung atau melalui opsi tutorial. Sedangkan, cara bermain board game hanya bisa dipelajari dengan dua cara : membaca buku petunjuk permainan atau diajari cara bermainnya oleh orang lain.

Sangat aneh kalau kamu punya board game tapi setiap orang yang ingin bermain, masing-masing harus membaca rulebooknya terlebih dahulu. Tentu sebagai pemilik, minimal kamulah yang harus membaca buku petunjuk permainan dan mengajarkannya kepada teman-temanmu yang ingin bermain. Mengajarkan cara bermain secara juga tidak semudah yang kamu kira.

Berikut ini ada sedikit tips bagaimana cara menjelaskan cara bermain board game yang baik agar para pemain bisa mudah mencerna dan semakin menjadi satu dengan permainan.

1. Jelaskan tema dan beri sedikit prolog.
Menjelaskan tema sangat penting agar para pemain tau betul latar permainan ini tentang apa. Lalu ceritakan juga cerita pembuka agar pemain paham di permainan tersebut dia bermain sebagai apa. Apakah menjadi seorang monster, pedagang atau identitas yang lain. Ketika pemain mengetahuinya mereka seakan benar-benar terjun kedunia permainan tersebut dan menjalani peran yang ada. Misal tema peradaban kuno di timur tengah, prolognya banyak orang yang ingin mencoba berdagang tapi hanya satu yang paling sukses yang akan menjadi sultan. Dalam kasus ini berarti setiap pemain berperan sebagai seorang pedagang yang ingin menjadi sultan.

2. Jelaskan komponen-komponen yang ada
Pemain perlu tahu nama setiap komponen yang ada agar tidak bingung. Jika ada banyak token berbeda bentuk/warna, jelaskan tiap bentuk/warnanya melambangkan apa. Misal ada beberapa sumber daya yang dilambangkan dalam warna-warna token, token coklat berarti kayu, token putih berarti gandum dan sebagainya.

3. Jelaskan tujuan permainan dan selesainya permainan
Tentu pemain juga harus tau apa yang mereka kejar, apa kondisi agar pemain bisa menang. Apakah itu harus bekerja sama, atau siapa yang paling banyak mengumpulkan poin dia yang menang. Beritahu juga kapan permainan selesai, setelah ronde kesekian atau mungkin sampai tumpukan kartu habis.

4. Jelaskan garis besar permainan.

Rulebook Mahardika | Foto: Manikmaya Games
Disini kamu mulai menjelaskan garis besar jalannya permainan, fase-fase utama dalam permainan, misal ada 3 fase dalam suatu permainan. Pertama fase lempar dadu, fase aktivasi kartu, lalu diakhiri dengan fase ambil kartu. Lalu tanyakan apakah garis besar ini sudah ditangkap oleh semua pemain, sampaikan juga detail akan dijelaskan setelah ini

5. Jelaskan detail permainan
Setelah pemain paham dengan garis besarnya, mulailah mendetailkan langkah-langkah yang ada misalkan tadi ada fase aktivasi kartu, sampaikan syarat-syarat mengaktivasi kartu. Fase ambil kartu, jelaskan berapa kartu yang harus diambil. Berikan contoh agar pemain lebih mudah menangkap peraturannya. Kamu juga perlu mengingatkan kembali kondisi menang agar pemain tidak salah fokus.

Mungkin kamu akan mengulang kembali karena pemain ada yang lupa atau memang dari awal dia kurang menyimak, disitu kamu harus sabar dan sampaikan kembali apa yang ditanyakan sampai dia paham. Jika ada pertanyaan lagi setelah permainan dimulai, lebih baik sodorkan buku petunjuk agar ia baca sendiri (agar tidak menganggu permainan yang sedang berlangsung). Permainan akan semakin seru jika waktu bermain tidak ada lagi pemain yang menanyakan tentang detil permainan dndpoker.