• This site uses cookies. By continuing to use this site, you are agreeing to our use of cookies. Learn more.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Telepon Satelit

#1
Telepon satelit sangat dibutuhkan untuk akses komunikasi di daerah terpencil atau remote area. Jangkauan telepon satelit yang lebih luas dibandingkan dengan telepon biasa membuat telepon satelit mampu menjawab kebutuhan dan mengatasi berbagai masalah yang tidak bisa dilakukan telepon biasa.

Namun, sebelum memutuskan membeli telepon satelit, ada banyak hal yang harus Anda perhatikan terutam anda saat memesan secara online dan perlu di ketahui pengirimyang akan ada gunakan untuk mengirimkan telepon anda. Maka jasa pengiriman barang yang telah terpercaya itu hanya ada di DMX cargo dan perlu anda gunakan juga jasa sewa container.

Network coverage
Ada banyak faktor yang harus Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli telepon satelit. Salah satunya yang terpenting adalah network coverage.

Pasalnya, tidak semua telepon satelit punya jangkauan area yang sama. Misalnya, operator telepon satelt asal London bernama Inmarsat yang bisa mencakup seluruh dunia kecuali daerah kutub.

Ada pula Terrestar asal Virginia, Amerika yang dapat digunakan di Amerika Utara. Berbeda lagi dengan Thuraya yang memiliki tiga satelit dengan jangkauan wilayah Eropa, Asia, Afrika, Timur Tengah, dan Australia.

Anda bisa mendapatkan produk telepon satelit Thuraya melalui MSS. Pastikan saja Anda memilih telepon satelit dengan network coverage yang sesuai dengan kebutuhan dan lokasi Anda.

Biaya panggilan
Sebelum memilih layanan telekomunikasi berupa telepon tanpa kabel yang memiliki jangkauan lebih luas dari telepon biasa ini, Anda perlu memperhatikan biaya yang akan dibutuhkan untuk operasional.

Telepon satelit saat ini tarifnya relatif lebih terjangkau. Jaringan telepon satelit Iridium dikenakan tarif 1.45 USD per menit dan bisa dibeli dengan paket pre- paid yang dipotong pulsa dengan masa tenggang satu tahun.

Harga telepon satelit
Hal lainnya yang harus Anda pertimbangkan sebelum membeli telepon satelit adalah bujet. Sesuaikan harga telepon satelit dengan anggaran keuangan yang Anda miliki.

Harga telepon satelit saat ini hampir sama dengan harga smartphone kelas menengah, mulai 400-1000 USD.

Misalnya, Inmarsat Isat Phone Pro dibanderol dengan harga 600 USD untuk tiap unit telepon satelitnya.

Sementara telepon satelit yang ukurannya lebih besar seperti Iridium 9555 mematok harga 1000 USD. Sedangkan yang paling besar, yaitu Iridum extreme, harganya mencapai USD 1240.

Fitur yang dimiliki
Fitur yang dimiliki telepon satelit bisa Anda jadikan bahan pertimbangan sebelum membeli. Beberapa telepon satelit saat ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur menarik yang dapat mendukung kebutuhan berkomunikasi lebih lengkap.

Selain dapat melakukan panggilan suara, telepon satelit juga menawarkan berbagai fitur tambahan seperti email, layanan SMS, hingga fax.

Tentu saja semakin canggih fiturnya, semakin dalam Anda harus merogoh kocek untuk membelinya. Biasanya harga yang dibutuhkan sesuai dengan performa yang ditawarkan telepon satelit tersebut.